Rabu, 12 April 2017

Soal Uji Coba Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTS 2017

Soal Uji Coba Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTS 2017 - Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh soal UN yang khususnya untuk adik adik yang duduk dibangku SMP dan MTS dengan mata pelajaran bahasa indonesia. Kami memberikan soal soal ujian nasional ini karena beberapa tahun ini selalu mirip dengan soal uji coba ujian nasional DKI Jakarta tahap 2 selalu terbukti mirip sekali dengan soal ujian nasional SMP/SMK yang sesungguhnya.

Nah, berkaca dari hal tersebut, kali ini demi mempersiapkan adik-adik supaya maksimal dalam menghadapi UN maka blog berbagi dan belajar akan menampilkan naskah soal dan kunci jawaban Uji Coba Ujian Nasional DKI Jakarta tahun 2017 Tahap 2 dengan harapan dapat dipelajari untuk memperkirakan bagaimana soal yang akan keluar nanti pada UN 2017.

Soal Uji Coba Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTS 2017

Langsung saja simak Kisi Kisi Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTS 2017 dibawah ini : 


UJI COBA UJIAN NASIONAL (UCUN) II  

SMP  I MTS  TAHUN PELAJARAN 2016/2017  

LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal            : Senin, 3 April 2017
Waktu                    : Pukul 07.00— 09.00 (120 menit)

PETUNJUK UMUM:  
1. Tulis nomor Anda pada lembar jawaban komputer (UK)
2. Periksalah dan bacalah soal-soal dengan teliti sebelum menjawab
3. Dahulukan menjawab soal-soal yang Anda anggap mudah
4. Kerjakan pada UK yang disediakan
5. Hitamkanlah bulatan pada hurufjawaban yang Anda anggap benar dengan menggunakan pensil 2B
6. Apabila adajawaban yang Anda anggap salah maka hapuslah jawaban yang salah tersebut sampai bersih,
kemudian hitamkan bulatan pada hurufjawaban lain yang Anda anggap benar.
Contoh:
a. sebelum dijawab   A   B   C   D

b. sesudah dijawab   A   B   C   D

c. sesudah diperbaiki   A   B   C   D


PETUNJUK KHUSUS:  
Hitamkanlah salah satu bulatan pada huruf A, B, C, atau D yang Anda anggap benar pada lembarjawaban komputer!

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal   3. Simpulan isi teks tersebut adalah
nomor 1 s.d. 3!   1   A. Pengemudi ojek  online  harus mempunyai

Pengemudi ojek berbasis aplikasi kerap mengangkut
penumpang di sembarang tempat. Mereka tanpa mengindahkan
rambu lalu lintas. Keberadaan mereka yang kerap mangkal di
tempat tak semestinya dikeluhkan masyarakat. Khususnya
pejalan kaki kalau kendaraan mereka park ir di trotoar.
Pengemudi ojek  online  sebenarnya memiliki ciri khas terus
berpindah atau mobile. Fenomena pengemudi ojek  online  yang
berkumpul di suatu tempat perlu dipertanyakan. Makanya ojek
online tidak perlu tempat mangkal.  (Republika,21 Desember 2016)

1. Makna kata  fenomena  pada teks tersebut adalah
A. komunitas masyarakat
B. kejadian yang luar biasa
C. keberadaan masyarakat
D. tern pat yang tidak resmi

2. Pertanyaan yang sesuai dengan teks tersebut adalah
A. Bagaimana memesan ojek  online?
B. Mengapa ojek  online  tidak perlu tempat mangkal?
C. Bagaimana caranya ojek  online  mencari penumpang?
D. Mengapa masyarakat sangat membutuhkan keberadaan ojek  online?

Ujicoba Ujian Nasional, Bahasa Indonesia - Tahap II

surat-surat yang lengkap.
B. Masyarakat perkotaan sangat terbantu dengan keberadaan ojek  online.
C. Keberadaan ojek  online  saat mencari penumpang perlu ditertibkan.
D. Pengelola ojek  online  harus menertibkan pengemudinya yang merugikan penumpang.

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal
nomor 4 clan 5!

11 >Fenomena bus  tololet  tengah menjadi isu hangat yang
mendunia.  121 Rupanya, hal itu menarik perhatian semua kalangan.
131 Bahkan Menteri Perhubungan, Karya Sumadi berencana
menggelar kompetensi bunyi klakson tololet.  141 Lomba  mi  akan
dikreasikan dengan musik lamnnya bagi bus-bus atau truk-truk
pengangkut barang.
111 Fenomena mi merupakan bagian clan kreativitas masyarakat.
121 1ni bisa menjadi daya tank agar masyarakat menyenangi
kembali bus angkutan umum. 3 >Pemerintah tidak melarang
terkait dengan  tololet.  141 Namun, pemerintah mengimbau agar
hal itu dilakukan secara aman.  (Media Indonesia, 23 Desember20l6)

4.  Ide pokok paragraf kedua adalah
A. tidak ada pelarangan tololet
B. tololet proses kreatif masyarakat
C. imbauan pemerintah atas tololet
D. bus angkutan umum digemari masyarakat

5. Kalimat utama paragraf pertama ditandai nomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

6.  Bacalah teks berikut!

111 Berbagai kenaikan tarif di awal tahun 2017 membuat
masyarakat semakin terbebani.  121 Pasalnya, selain banyak
komponen yang naik, ada yang kenaikannya 200% Iebih.
131 Pemerintah memandang perlu kenaikan  mi  untuk
meningkatkan kualitas layanan.  14 Bahkan beberapa tarif sudah
lama tidak mengalami kenaikan. (5)Biaya administrasi SINK
dan BPKB sudah lama tidak mengalami kenaikan.

Pendapat yang menyatakan mendukung pada
teks tersebut ditandai nomor
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

7.  Bacalah teks berikut!

Cabal ternyata dapat memperlambat pertumbuhan set kanker
payudara. ltulah hasil penelitian Universitas Ruhr, Jerman. Hash
penelitiannya diterbitkan dalam  Breast Cancer: Targets and Therapy.
Penilitian dipim pin Hans Hatt dan Lea Weber.
Dalam cabal ditemukan bahan aktif yang disebut  capsaicin-
pada kultursel SUM 149P1.  Capsaicin  bermanfaat untukmengmnduksi
kematian dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Banyak set
tumor mati dalam jumlah lebih besar dan yang tersisa tidak dapat
bergerak secepat sebelumnya.  (Koran  Sindo, 41anuan  2017)

Ringkasan teks tersebut adalah
A. Universitas Ruhr menemukan obat anti kanker pada cabai capsaicin.
B. Cabai dapat memperlambat pertumbuhan set kanker payudara karena mengandung  capsaicin.
C. Cabai mengandung bahan aktif seperti capsaicin yang dapat membunuh sel kanker payudara
yang masih tersisa.
D. Cabai dapat mengobati kanker payudara sehingga para peneliti Universitas Rohr, Jerman,
meneliti bahan aktif.

Bacalah kedua teks laporan berikut!

Teks 1
Pukul 06.00 peserta Orientasi Paskibra SMP
Angsa Biru sudah tiba di lokasi. Setelah 30
menit mereka berbenah dan mempersiapkan
diri upacara pembukaan dimulai. Pukul 08.45
upacara pembukaan selesai. Peserta diberi
waktu 30 menit untuk istirahat. Setelah itu
acara dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris
dengan berbagai formasi.

Teks 2
Kempa 18 dipilih sebagai lokasi untuk acara
Orientasi Pramuka SMP Angsa Biru. Tempatnya
cukup strategis dan mudah terlihat dari pintu
utama masuk. Jaraknya kurang Iebih 300 meter
dari pos utama. Lokasinya nyaman, bersih, dan
MCK-nya berfungsi dengan baik. Begitu pun aliran
listrik mudah dijangkau. Aksesjalannya pun baik.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut
adalah

Teksl  Teks2
A  hubungan sebab-  hubungan   akibat- -  akibat  sebab

B  urutan waktu  urutan tempat

C  dari yang umum ke  dari khusus ke hal -  hal khusus  umum

D  dari penjelasan-  dari simpulan penjelasan lalu  lalu penjelasan-
-  simpulan  I penjelasan

9.  Bacalah teks berikut!

"Buku kumpulan sajak mi memuat 102 judul puisi. Penggunaan
bahasa yang lugas, tetapi mengandung makna dalam, misalnya
Bunga-bunga Di Halaman.  Ini adalah gambaran kehidupan yang
dikemukakan nampak ringan, tetapi dalam.
121 Sapardi memang lihai mengeksploitasi alam ke dalam kertas.
Alam sekitar seolah-olah berbicara dengan segala keluguan dan
keikhlasannya.
131 Buku mi memang agak sulit dipahami bagi mereka yang
kurang mendalami seni sastra terutama puisi. Kata-kata harus
dimakanai bukan yang dibunyikan karena simbol dari kata itu
jauh lebih dalam.
4 Buku  mi  ditulis pada kertas koran tetapi  cover  cukup bagus.
Bahkan cover dengan gambar daun berjatuhan dan rinai air hujan
sudah menggambarkan isi buku tersebut.

Pernyataan yang menyatakan keunggulan buku
terdapat pada bagian
A. (1)dan(2)
B. (1)dan(3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal
nomor 10 s.d. 13!

1 "Dahulu, ada seorang kakek yang sangat tua yang matanya
telah rabun, pendengarannya hampirtuli, Iututnya gemetaran, dan
ketika dia duduk untuk makan, dia hampir tidak bisa memegang
sendok sehingga sering menumpahkan kaldu dari sendoknya.
Kadang-kadang kaldu pun menetes turun clan mulutnya.

2Anak dan menantunya menjadi muak dengan keadaan  mi,
sehingga mereka mendudukkan sang Kakek di sudut dekat dapur
sendinian. Mereka membeninya makanan dalam sebuah mangkuk
gerabah. Makanan yang diberikan pun selalu sedikit clan tidak
cukup.

3Sambil makan, sang Kakek sening melihat ke arah meja
makan dengan berlinang air mata. Suatu ketika, tangannya yang
gemetaran tidak bisa menahan mangkuk. Mangkuk itu jatuh ke
lantai dan pecah berhamburan. Anaknya beserta menantunya
menjadi marah, tetapi sang Kakek tidak bisa berkata apa-apa dan
hanya bisa menghela napas panjang.

4 Kemudian mereka membelikan sebuah mangkuk kayu yang
murah untuk sang Kakek agar mangkuk htu tidak pecah saatjatuh.
Pada saat mereka duduk di meja untuk makan, cucunya yang masih
kecil mulai mengumpulkan beberapa potongan kayu di tanah.
"Apa yang kamu lakukan di sana, anakku?"tanya sang Ayah.
"Saya akan membuat mangkuk kayu yang kecil7 jawab si
Anak7untuk ayah dan ibu, untuk nantinya kalian pakai saat makan
ketika saya telah dewasa.

151 Laki-laki dan istnya sating berpandangan selama beberapa
saat, clan akhirnya mereka pun menangis karena tersadar dan
menyesali perlakuan buruk mereka.  (www.centakecil.com )

Ujicoba Ujian Nasional, Bahasa Indonesia - Tahap 11   2

10. Bagian yang menunjukkan penurunan masalah
terdapat pada bagian
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

11. Bukti tokoh suami istri berwatak tidak
menghormati kepada orang tua terdapat pada
bagian
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

12. Amanat yang terdapat pada teks cerita tersebut
adalah
A. Membiasakan anak berlaku sopan kepada orang tua.
B. Pelajaran hidup dapat diperoleh dari siapa saja.
C. Memilih makanan untuk orang tua harus berhati-hati.
D. Orang tua harus diberi peralatan yang ringan clan tidak mudah pecah.

13. Bukti latar tempat pada teks tersebut terdapat
pada bagian
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (5)

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal
nomor 14 s.d. 17!

Anjar termenung dekat tungku. Lidah api menjilati kakinya.
Gairah hidupnya yang gagah tegap, kini luruh lunglai seperti
kiaras daun pisang basah, susah payah tegak.

"Sudah lah, An. Masih banyak jalan ke Roma. Coba nanti saya
tanya OmYansen. Beliau dosen di sana,"kata Ricko.
Sore itu masuk sebuah sms ke ponsel Anjar. lsinya
memberitakan, jika Robert, anaknya yang kuliah di Surabaya
sudah tidak kuliah lagi. Harapan tergantung kepada Robert
musnah sudah. Harapannya Robert meneruskan memimpin
perusahaannya. Namun dia Iebih tertarik kepada musik yang
menurutnya urakan clan berdekatan dengan obat-obatan
terlarang.

"Kamu tenang saja, nanti biar Om Yansen yang akan tak suruh
membujuk Robert," lanjut Ricko.

14. Makna simbol  masih banyak Ia/an ke Roma  pada
teks tersebut adalah
A. untuk menyelesaikan dengan segala cara
B. banyak cara untuk menyelesaikan persoalan
C. banyakalatyang dig unakanuntukmengerjakan masala h
D. menuju ke tempat tertentu banyakjalan yang digu naka n

15. Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah
A. selalau mengikuti nasihat orang tua
B. membantu mencari anak temannya yang hilang
C. memberi bantuan kepada orang yang sedang bermasalah
D. mengarahkan anak untuk kuliah dengan jurusan yang jelas masa depannya

16. Sebab terjadinya konflik pada teks tersebut adalah
A. Robert berhenti kuliah.
B. Robert Iebih menyukai musik.
C. Ricko menghu bung i Om Yansen.
D. Anjar menyekolahkan Robert di Surabaya.

17. Tokoh utama pada teks cerita tersebut adalah
A. Anjar
B. Ricko
C. Robert
D. OmYansen

Bacalah kedua teks berikut, kemudian kerjakan
soal nomor 18 dan 19!

Teksl  Teks2
Ada   seekor harimau  Burung-burung hering
tinggal   di   hutan.   Di  m e n d o n g a k k a n
hutan itu,   tidak ada  kepala clan   tepat   di
hewan lain   selain  depan   mata telah
hanimau clan   seekor  berdiri seekor badak.
serigala. Di   sebelah  la   memasang   wajah
hutan  mi  terdapat satu  yang seram clan
perkampungan   kecil.  menakutkan.   Cula
Suatu waktu, Ia pergi  tajam di atas kepalanya
ke   dekat   kampung  sangat menyeramkan.
untuk mencari makan.  Burung-burung itupun
Harimau itu   terus  ketakutan   sehingga
menerus   melakukan  mereka menjauhi
itu hari demi han. hap  badak.
hari   ia   memangsa  Burung - burung
hewan-hewan   ternak  hering terkejut   saat
milik   penduduk  melihat   beberapa
desa. Penduduk desa  burung kecil hinggap
berusaha   memburu  di   punggung   badak.
harimau   mi,   namun  Salah satu burung
mereka selalu gagal.  hering memberanikan
 diri bertanya.

18. Perbedaan pola pengembangan kedua teks
tersebut diawali dengan ... .

Teksl  Teks2
A  pemunculan masalah  penurunan masalah
B  konflik  perkenalan
C  penyelesaian  perkanalan
D  perkenalan  pemunculan masalah

Ujicoba Ujian Nasional, Bahasa Indonesia - Tahap II   3

19. Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks
tersebut adalah

Teksl  Teks2
A  terdapat kata tidak  tidak terdapat   kata
-  baku  tidakbaku
B  terdapat kalimat  terdapat kalimat
-  pertentangan  sebab-akibat
C  menggunakan  menggunakan
-  ungkapan kiasik  ungkapan modern
D  menggunakan kata  menggunakan kata
-  bermakna kias  bermakna lugas

20.  Bacalah teks berikut!

Anak usia sekolah membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk
untuk performa yang optimal. Anak-anak dan usia remaja secara
signifikan butuh waktu tidur lebih banyakdaripada orang dewasa.
Hal  mi  guna mendukung kesehatan mental clan perkembangan
fisiknya. Anak usia sekolah seharusnya mendapat 10 - 11 jam
waktu tidur.

Komentar terhadap isi teks tersebut adalah..

A. Tidur harus memenuhi syarat kualitas clan kuantitas.
B. Tidur merupakan hak anak yang tidak boleh diabaikan.
C. Terlalu banyak tidur tidak baik terhadap kesehatan fisik dan psikis.
D. Tidur yang menyehatkan tidur yang proposional sesuai dengan usianya.

21.  Bacalah kalimat berikutl

Fenomena alam yang luar biasa  mi  terjadi saat bulan melintas
tepat di antara bumi clan matahari.

Kata  melintas  pada kalimat tersebut sepadan
dengan kata
A. posisi
B. berada
C. keadaan
D. melewati

22.  Bacalah teks berikut!

Ada beberapa pendapat mengenai asal-usul nama Brebes. Di
antaranya Brebes berasal dari kata  Bara  clan  Basah.  Bara berarti
hamparan tanah luas yang basah, banyak mengandung air.

Variasi teks tersebut adalah
A. Kata Brebes berasal dari kata  Bara dan Basah.
Maksud kedua kata tersebut yaitu untuk
menunjukkan daerah yang luas.
B. Banyaknamayangdibenikanuntukmenamakan
Brebes. Salah satunya yang berasal dari  Bara
dan Basah  yang berarti daerah luas yang berair.
C. Menurut pendapat yang dapat dipercaya
bahwa kata Brebes berasal dari dua kata yang
antinya suatu dataran luas clan selalu dipenuhi
air atau selalu basah.
D. Nama Brebes menurut salah satu pendapat
berasal dari kata  Baradan  Basah.  Penggabungan
kata  mi  berarti daerah datar yang luas clan
berair.

Ujicoba Ujian Nasional, Bahasa Indonesia - Tahap 11

23.  Perhatikan kalimat rumpang berikut!

Para pemain clan pelatih jangan [ ... ] keputusan wasit.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
tersebut adalah
A. mengolabonasi
B. mengintervensi
C. mengeksploitasi
D. mensinkronisasi

24.  Perhatikan teks rumpang berikut!

Buku  Ada Apa dengan Otak Tengah  mengungkapkan rahasia di
balik kehebatan otak tengah. Buku karya Nia Haryanto setebal
129 halaman  mi  diterbitkan oleh Gradien Mediatama. [....] Dalam
kehidupan, manusia umumnya mendominasi penggunaan otak
kanan atau otak kiri saja. Otak tengah memberi penyeimbang
supaya kedua otak tersebut berfungsi seimbang.

Kalimat yang menyatakan keunggulan untuk
melengkapi teks tersebut adalah
A. Buku  mi  menjelaskan bagaimana cara kenja otak tengah.
B. Kenja otak tengah dalam kehidupan sangat penting.
C. Buku ml  ditulis dengan bahasa yang sederhana namun mengena.
D. Banyak menggunakan istlah kedokteran yang mengganggu pemahaman pembaca.

25.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Keduanya sama-sama memiliki kesaktian luar
biasa.
(2) Setelah sehari berperang, akhinnya Empu
Pakuwojo terdesak.
(3) Penang tanding kedua tokoh  mi  sangat lama.
(4) Empu Pakuwojo berlani clan bersembunyi di
lubang pada sebuah pohon.
(5) Mereka tidak hanya mengandalkan kekuatan,
tetapi juga menggunakan tenaga dalam yang
sangat mengagumkan.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan
yang tepat dengan urutan
A. (1), (5), (2), (4), (3)
B. (3), (1), (5), (2), (4)
C. (3), (5)1(4), (1), (2)
D. (5), (2), (4), (3), (1)

26.  Petunjuk naikTransjakarta menggunakan kartu:
(1)Tempelkan atau gesek kartu tersebut di pintu
masuk.
(2) Duduk di gerbong sesuai peruntukannya (laki-
laki/wanita).
(3) Siapkan kartu Transjakarta.
(4) Masuk ruang tunggu clan berdiri di jalur sesuai
tujua n.
(5) Ketika bus tiba masukdengan hati-hati.

Urutan yang tepat petunjuktersebut adalah
A. (1), (4), (5), (2), (3)
B. (2), (3), (1), (4), (5)
C. (3), (1), (4), (5), (2)
D. (3), (4), (5), (2), (1)

4

27.  Perhatikan kalimat rumpang berikutJ

Perilaku remaja seringkali tidak bisa [...] oleh orang tuanya
sendiri.

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah
A. dihindari
B. disegani
C. dipahami
D. dimaklumi

28.  Perhatikan teks rumpang berikut!

Email adalah layanan surat elektronik yang biasa digunakan
dalam mengirim dan menerima surat secara  online.  [... .1 Alamat
email digunakan untuk mengirim clan menerima surat secara
online.  Untuk membuat alamat email sebenarnya sangat mudah.
Saat  ml  banyak sekali tersedia layanan email gratis yang bisa

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks
tersebut adalah
A. Seperti halnya kantor pos, email juga memiliki alamat.
B. Alamat email harus ditulis dengan menggunakan hurufkecil.
C. Penerima surat secara  online  mempermudah pihak yang menerima.
D. Setelah email ditulis lengkap maka email dapat dikirim ke alamat yang dituju.

29.  Perhatikan data buku berikut!

No  Unsur  Uraian

1  Judul  Budidaya Lobster Air
Tawar

2  Penulis  Tim Karya Tani
Mandiri

3  Penerbit  CV Nuansa Aulia,
Bandung, 2010
Gambar lobster
dengan warnah
4  Perwajahan  kontras di atas
warna biru yang
menarik

Juduldan
su bj udu I
5  Tataletak  dibuat berbeda
penebalan
hurufnya.
sedikit berputar-

6  Uraian  putar, pemberian
contoh kurang
-  _  menujusasaran

7  Bahasa  E komunikatif
kup efektifdan

Teks ulasan yang sesuai dengan data buku
tersebut adalah

A. Buku berjudul  Budidaya Lobster Air Tawar,
perwajahannya cukup membantu pembaca
untuk memahami uraian di dalamnya. Bahasa
yang digunakannya kurang efektif walaupun
sangat komunikatif.
B. Tim Karya Tani Mandiri kelompok yang peduli
terhadap masalah perikanan. Karyanya sudah
banyak beredar di masyarakat. Buku yang terbit
tahun 2010  mi merupakan buku yang dinanti-
natikan masyarakat.
C. Bahasa yang digunakan buku Budidaya Lobster
Air Tawar  mi cukup efektif. Perwajahan yang
menampilkan gambar lobster menarik minat
pembaca untuk membacanya. Bahasanya
lancar clan sangat komunikatif. Sayang
pemaparannya bolak-balik
D. Pemaparan buku  mi  cukup baik, berputar-
putar pada persoalannya. Sehingga persoalan
disampaikan dengan jelas sekali. Sayang
penulisan judul clan subjudul tidak ditata
dengan baik. Judul clan subjudul menjadi
gangguan bagi pembaca.

30.  Perhatikan data berikut!
Koleksi Perpustakaan SMP Wijaya Kusuma

No  Kategori  Jumlah
Judul  Eksemplar
1  Ilmu Murni  25  84
2  Bahasa dan Sastra  38  168
3  Ilmu-ilmu Sosial  30  230
4  Ilmu-ilmu Kesehatan  27  138
5  Ensiklopedi  6  25
Jumlah  126  645

Teks laporan yang sesuai dengan data tersebut
adalah
A. Perpustakaan SMP Wijaya Kusuma mempunyai
banyak koleksi. Koleksi buku berjumlah 645
eksemplar dari 126 judul. Koleksi yang paling
banyak yaitu kategori ilmu murni. Sedangkan
judul yang paling banyak yaitu kategori Bahasa
clan sastra.

B. Setiap perpustakaan mempunyai banyak
koleksi buku. Dari kategori ilmu murni sampai
ensiklopedi. Ilmu murni diantaranya buku-
buku filsafat. Sedangkan cerpen, novel, clan
roman termasuk kategori bahasa dan sastra.
Kategori paling banyakjumlahnya.

C. SMPWijaya Kusuma mempunyai perpustakaan
yang balk. Koleksinya beragam dari ilmu
murni sampai ensiklopedi. Semua kategori
mempunyai bermacam-macamjudul.Judulnya
yang paling banyak yaitu kategori ilmu-ilmu
sosial sedang jumlah yang paling sedikit
ensiklopedi.

D. Koleksi buku Perpustakaan SMP Wijaya Kusuma
beragam. Buku-buku yang berhubungan
dengan kesehatan berjumlah 138 eksemplar.
Ensiklopedi buku yang paling banyak dibaca
hanya terdiri atas 6 judul dengan jumlah 25
buah. Koleksi yang paling banyak judulnya
yaitu kategori Bahasa clan sastra.

Ujicoba Ujian Nasional, Bahasa Indonesia - Tahap II   5

31.  Perhatikan kalimat berikut!

Eperekonomian, pendidikan, dan pemerintahan di
Brebes tetap lumpuh meskipun banjir mulai berangsur

Kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah
A. aktivitas
B. Iumpuh
C. berangsur
D. hilang

32.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Pasar automotif nasional tahun  mi diprediksi
masih stagnan.
(2)Pelatih Tim Nasional U-19 Indonesia, Indra
Sjafri, fokus mencari pemain-pemain muda
potensial.
(3) Melangsingkan tubuh dapat dilakukan dengan
berbagai cara, salah satunya dengan latihan
barre.
(4) Jerawat seringkali menjadi masalah wajah yang
paling sangat menjengelkan sekali.

Kalimat yang tidak efektifadalah
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

33.  Perhatikan paragraf berikut!

"Fungsi hutan yang pertama sebagai penghasil oksigen.  2Hutan
banyak yang terbakar pada musim kemarau.  3 Tumbuhan memeukan
karbondioksida untuk proses fotosintesis. Sedangkan bagi manusia
karbondioksida berbahaya jika terhirup teaIu banyak. (5)Dengan
adanya hutan maka karbondioksida akan terserap, sehingga udara
menjadi bersih.

Paragraf tersebut   akan padu dengan
menghilangkan kalimat
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

34.  Perhatikan kalimat rumpang berikut!

Asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan asap kebakaran
hutan [ ...  ]terbesar   penyebab polusi udara.

Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat
tersebut adalah
A. residu
B. limbah
C. polutan
D. karbondioksida

35.  Bacalah teks berikut'

Rayap adalah pekerja tangguh dan tekun.  (2)   Mereka sanggup
membuat sarang yang kokoh.  3Sarang rayap bisa mencapai tinggi
7 meter.  4Bandingkan dengan ukuran tubuh rayap yang hanya
1-2 cm. (5)lni artinya sama dengan manusia yang membangun
menara setinggi 700 meter.

Kalimat yang menyatakan hubungan penambahan
ditandai nomor
A. (1)
B. (2)
C. (4)
D. (5)

36.  Perhatikan kalimat rumpang berikut!

Pencak Silat Pesisir Iebih sulit [...] pergerakan para atlet lebih
berat dengan berlaga di pasir.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah
A. serta
B. namun
C. karena
D. daripada

37.  Perhatikan kalimat berikut!

Di Kejuaraan Asian Beach  di Vietnam tahun lalu, kontingen
Indonesia gagal membawa pulang Medali karena kurangnya
turnamen yang diselenggarakan.

Kata yang tidak tepat ejaannya pada kalimat
tersebut adalah
A. Kejuruan
B. kontingen
C. Medali
D. turnamen

38.  Bacalah teks berikut!

1 Meteor kilatan cahaya yang melintas di langit.  t2SeringkaIi
kilatan itu disebut 'bintang jatuh namun sebenarnya itu bukan
bintang jatuh.  (3)   Ini terjadi peristiwa karena adanya benda kecil
daripada ruang antarplanet jatuh yang ke bumi.  4Kecepatan
jatuhnya 15 hingga 70 kilometer per detik.

Perbaikan kalimat (3) yang tepat adalah
A. Peristiwa terjadi karena benda kecil adanya dan ruang antarplanetjatuh ke bumi.
B. Peristiwa  mi terjadi karena adanya benda kecil dari ruang antarplanet yang jatuh ke bumi.
C. Peristiwa  mi  terjadi karena adanya benda kecil daripada ruang antarplanetjatuh dari bumi.
D. Ini peristiwa terjadi karena adanya benda kecil daripada ruang antarplanet yang jatuh ke bumi.

39.  Bacalah paragraf berikut!

"Disadari atau tidak, Wit terkena berbagai terpaan setiap
harinya. 2MuIai dari sinar matahari, radikal bebas, polusi,
termasuk penggunaan kosmetik. ( ')Hal mi berpengaruh pada
kesehatan kulit.  4Walaupun, kulit merupakan salah satu bagman
tubuh yang perlu mendapatkan perawatan ekstra.

Perbaikan paragraftersebut adalah
A. Kata  disadari atau tidak  pada kalimat (1) dihilangkan.
B. Kata  mu/al  pada kalimat (2) diganti dengan kata berawal.
C. Kata berpengaruh pada kalimat (3) diganti kata berdampak.
D. Kata  walaupun  pada kalimat (4) diganti dengan kata  pada hal.

Ujicoba Ujian Nasional, Bahasa Indonesia - Tahap II

40.  Bacalah teks berikut!

Berangkat dari hobi melukis sejak kecil, Madame Yulie Nasution
Grillion tak hanya menjadi seorang pelukis, juga terjun dalam
bisnis seni. Dia bahkan mengajak anaknya untuk berkolaborasi
seni clan bisnis sekaligus. Yulie mengaku belajar melukis secara
autodidak, hanya berkonsultasi kepada pelakukis-pelukis
terkenal. Kecintaannya pada seni lukis lantas membuatnya
semakin jeli melihat peluang bisnis. Termasuk mengajak anaknya
berkolaborasi membuat lukisan di atas dinner set. Dia mengaku
sampai tahun ml sudah menghasilkan empat macam karya
bersama anaknya, Dara Setyohadi.  (Koran Sindo, 12 Oktober2015)

Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut
adalah
A. Belajar melukis sejak kecil.
B. Sudah menghasilkan empat macam karya.
C. Mengajak anaknya untuk berseni dan berbisnis.
D. Cermat dalam membaca peluang bisnis dan
hobinya.

41.  Perhatikan kalimat berikut!

Ayahnya: Mandor Sarpan, seorang kusir delman keluarga Residen
Pekalongan, tetapi dia menjadi menantu Residen Pekalongan
saatitu.

Penggunaan tanda baca yang tidak tepat pada
kalimat tersebut adalah
A. titik dua (:)
B. koma (,)setelah kata Sarpan
C. koma (,) setelah kata Pekalongan
D. titik(.)

42.  Perhatikan kalimat berikut!

Mereka membeli cinderamata di pasar gembrong, Jakarta timur.

Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat
tersebut adalah
A. Mereka membeti cenderamata di Pasar
gembrong, Jakarta Timur.
B. Mereka membeli cendera mata di Pasar
Gembrong, Jakarta Timur.
C. Mereka membeli cinderamata di Pasar
Gembrong, Jakarta timur.
D. Mereka membeli Cendera mata di Pasar
Gembrong, Jakarta Timur.

43.  Bacalah teks berikut!

Seorang pemburu yang tidak terlalu berani, sedang mencari jejak
seekor singa. Dia bertemu dengan seorang penebang kayu di
dalam hutan. Dia pun bertanya kepada penebang kayu tersebut
jika saja ia melihat tanda-tanda jejak singa atau tahu di mana
singa tersebut bersarang.
"Saya tahu7 kata penebang kayu itu, "sekaligus saya bisa
menunjukkan di mana singa itu berada sekarang."
Sang pemburu berubah menjadi pucat akibat rasa takut. la pun
menjawab,"Tidak, terima kasih, saya tidak meminta semua itu,
saya hanya mencari jejaknya, bukan singanya."  (www.ceritakecil.com )

Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut
adalah
A. Berburu singa memerlukan peralatan yang
lengkap.
B. Perburuan bmnatang-binatang langka harus
segera dihentikan.

Ujicoba Ujian Nasional, Bahasa Indonesia - Tahap II

C. Jika tidak mempunyai keberanianjangan coba-
coba mencari-cari bahaya.
D. Hutan yang sering ditebangi   akan
mendatangkan bencana alam.

44.  Bacalah teks berikut!

Dua onang kakak benadik sedang menunggu ibunya pulang kerja
Samin : (Nampakgelisah, mukanyapucat)  Kak, kok emak belum
pulang, ya.
Darto : Lagi banyak kerjaan kali, Dik. Kenapa? Lapar?
Samin : (Menganggukperlahan dengan tatapan kosong)
Darto : Tunggu ya, mi kakak yang pagi masih Ada sebungkus.
Biar kakak rebus dulu ya.  (bangkitkedapur)
Samin : Ya, Kak.

Bentuk lain dari teks tersebut adalah
A. Kedua kakak beradik menanti ibunya yang
belum pulang. Adiknya sudah kelaparan.
Dengan sabar sang kakak merebus mijatahnya
tadi pagi.
B. Seorang kakaksedih melihatadiknya kelaparan.
Dia sudah mencari mi rebus dari lemari tetapi
tidak ada. Dia bingung, adiknya Nampak
pucat clan lesu. Sedangkan ibunya belum juga
pulang.
C. Dua orang anak menanti ibunya yang sedang
bekerja. Mereka sudah kelaparan. Akhirnya
salah seorang dari mereka menemukan mi
instan. Lalu mereka merebus clan memakannya
bersama.
D. Sebuah keluarga terdini atas ibu clan kedua
anak lelakinya hidup serba kekurangan. Ibunya
seorang buruh pabrik yang bekerja hingga
larut malam. Kedua anaknya berjualan mi rebus
di pinggirjalan sambil menanti ibunya pulang.

45.  Bacalah kalimat berikut!

Cmncin yang dipakai Pak Marto terbuat daripada emas munni.

Penggunaan kata  daripada pada kalimat tersebut
tidaktepat karena
A. kata penghubung  daripada  diletakkan pada
awal kalimat.
B. kata penghubung  daripada  tidak dapat
digunakan pada kalimat tunggal.
C. kata penghubung  daripada digunakan untuk
menyatakan perbandingan
D. Kata penghubung  daripada hanya digunakan
pada kalimat majemuk bertingkat saja.

46.  Baca!ah kalimat berikut!

Guru saya Bapak Sanusi S Pd lahir di Slawi Jawa Tengah.   I  Penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut
yang tepat adalah
A. Guru saya Bapak Sanusi, S Pd. lahir di Slawi -
Jawa Tengah.
B. Guru saya, Bapak Sanusi S.Pd. lahir di Slawi,
Jawa Tengah.
C. Guru saya, Bapak Sanusi, S.Pd. lahir di Slawi,
Jawa Tengah.
D. Guru saya Bapak Sanusi S.Pd. lahir di Slawi,
Jawa -Tengah.

7

47.  Perhatikan kalimat berikut!

Banjir di depan puskesmas Rorotan setinggi lutut orang dewasa.

Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat
adalah

-  Tertulis  Perbaikan
A  di depan  didepan
B  puskesmas  Puskesmas
C  Rorotan  rorotan
D  setinggi  se-tinggi

48.  Perhatikan kalimat berikut'

Hari sudah malam: Andi masih mengomentari dan membalas
email, WA, dan  facebook yang  masuk.

Perbaikan tanda baca pada kalimat tersebut
adalah
A. titik dua (:) diganti koma (,)
B. titik (.) diganti tanda seru (!)
C. koma (,) diganti titik koma (;)
D. titik dua (:) diganti titik koma (;)  

49.  Bacalah kalimat berikut!

Setiap hari Minggu kami berjualan di Pasar Senen selama 4jam
clan pagi hingga slang.

Alasan ketidaktepatan ejaan pada kalimattersebut
adalah
A. Penulisan kata  Senen pada kalimat tersebut seharusnya  Senin.
B. Kata depan  di  yang menyatakan tempat seharusnya disatukan.
C. Penulisan angka yang dinyatakan satu atau dua kata ditulis dengan huruf.
D. Kata  hail  yang diikuti nama ditulis dengan menggunakan huruf kapital.
50.  Bacalah kalimat berikut!

Saya, adik saya, dan kakak saya masing-masing mendapat Rp.
500.000,00 dari Om Yansen.

Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
pada kalimat tersebut adalah
A. Titik (.) tidak digunakan pada singkatan mata uang.
B. Koma (,) tidak digunakan pada perincian pada awal kalimat.
C. Titik (.) tidak digunakan pada pemisahan bilangan ribuan atau kelipatannya.
D. Tanda hubung (-) tidak digunakan pada kata ulang yang bukan kata benda.

Ujicoba Ujian Nasional, Bahasa Indonesia


Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Soal Uji Coba Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTS 2017 dapat bermanfaat untuk adik adik semuanya, agar proses belajar dirumah lebih mudah untuk mempersiapkan ujian nasional yang sesungguhnya. Dan jangan lupa untuk share contoh soal ujian nasional buat temannya di facebook ataupun media social lainnya. Karena berbagi itu adalah sebuah kebaikan yang nanti akan mendatangkan kebaikan pula yang lebih besar untuk diri anda nantinya. Sumber : http://pak-anang.blogspot.com/

Related Posts

Soal Uji Coba Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTS 2017
4/ 5
Oleh