Langsung saja simak 10 Pembahasan Soal UN Matematika SMP/MTS dibawah ini :
Soal dan pembahasan naskah Ujian Nasional Matematika SMP/MTs tahun 2015. Pembahasan bertahap soal nomor 1-5.
Soal No. 1
Diketahui barisan bilangan 6, 11, 16, 21, 26,... . Suku ke-35 adalah....
A. 181
B. 176
C. 124
D. 80
Diketahui barisan bilangan 6, 11, 16, 21, 26,... . Suku ke-35 adalah....
A. 181
B. 176
C. 124
D. 80
Pembahasan
Soal tentang barisan bilangan. Data barisan aritmetika:
beda = b = 11 - 6 = 5
suku pertama a = 6
U35 =........
Un = a + (n - 1)b
U35 = 6 + (35 - 1)5
= 6 + (34)5
= 176 Jawaban: B. 176
Soal tentang barisan bilangan. Data barisan aritmetika:
beda = b = 11 - 6 = 5
suku pertama a = 6
U35 =........
Un = a + (n - 1)b
U35 = 6 + (35 - 1)5
= 6 + (34)5
= 176 Jawaban: B. 176
Soal No. 2
Noni membawa tali pramuka untuk kelompok regunya. Tali tersebut dibagi 5 bagian dengan masing-masing panjang membentuk barisan geometri. Tali yang paling pendek sepanjang 3 meter dan yang paling panjang 48 meter. Panjang tali semula yang dibawa Noni adalah....
A. 12 meter
B. 40 meter
C. 45 meter
D. 93 meter
Noni membawa tali pramuka untuk kelompok regunya. Tali tersebut dibagi 5 bagian dengan masing-masing panjang membentuk barisan geometri. Tali yang paling pendek sepanjang 3 meter dan yang paling panjang 48 meter. Panjang tali semula yang dibawa Noni adalah....
A. 12 meter
B. 40 meter
C. 45 meter
D. 93 meter
Pembahasan
Barisan geometri. Tali yang paling panjang + tali yang terpendek = 48 + 3 = 51 meter. Masih ada tiga potongan tali yang belum dihitung, hingga panjang total harus melebihi 51 meter.
Jawab: D. 93 meter.
Barisan geometri. Tali yang paling panjang + tali yang terpendek = 48 + 3 = 51 meter. Masih ada tiga potongan tali yang belum dihitung, hingga panjang total harus melebihi 51 meter.
Jawab: D. 93 meter.
Soal No. 3
Jumlah bilangan kelipatan 6 antara 100 dan 300 adalah...
A. 1.900
B. 4.852
C. 6.244
D. 6.534
Jumlah bilangan kelipatan 6 antara 100 dan 300 adalah...
A. 1.900
B. 4.852
C. 6.244
D. 6.534
Pembahasan
Soal jumlah deret aritmetika. Kelipatan 6 antara 100 dan 300 yaitu bilangannya adalah 102, 108, 114,....,294
Banyaknya bilangan yang dimaksud atau n ada:
Un = a + (n - 1)b
294 = 102 + (n - 1)6
192 = (n - 1)6
n - 1 = 192/6
n - 1 = 32
n = 33
Jadi ada 33 bilangan yang merupakan kelipatan 6 dari 100 hingga 300. Jika dijumlahkan semuanya adalah:
Sn = n/2(a + Un)
= 33/2 (102 + 294)
= 33/2 (396)
= 6534 (Jawab: D)
Soal jumlah deret aritmetika. Kelipatan 6 antara 100 dan 300 yaitu bilangannya adalah 102, 108, 114,....,294
Banyaknya bilangan yang dimaksud atau n ada:
Un = a + (n - 1)b
294 = 102 + (n - 1)6
192 = (n - 1)6
n - 1 = 192/6
n - 1 = 32
n = 33
Jadi ada 33 bilangan yang merupakan kelipatan 6 dari 100 hingga 300. Jika dijumlahkan semuanya adalah:
Sn = n/2(a + Un)
= 33/2 (102 + 294)
= 33/2 (396)
= 6534 (Jawab: D)
Soal No. 4
Susanti menabung di bank sebesar Rp400.000,00 jumlah tabungan Susanti sekarang Rp430.000,00. Jika suku bunga bank 18% pertahun, lama Susanti menabung adalah....
A. 3 bulan
B. 5 bulan
C. 6 bulan
D. 9 bulan
Susanti menabung di bank sebesar Rp400.000,00 jumlah tabungan Susanti sekarang Rp430.000,00. Jika suku bunga bank 18% pertahun, lama Susanti menabung adalah....
A. 3 bulan
B. 5 bulan
C. 6 bulan
D. 9 bulan
Pembahasan
Aritmetika sosial tentang bunga bank. Diketahui modal M = Rp400.000, bunganya B = 30.000 dan persen bunganya p = 18% pertahun.
Lama menabung n =...........
Besarnya bunga dirumuskan
Sehingga banyaknya bulan adalah
Jawab : 5 bulan
Aritmetika sosial tentang bunga bank. Diketahui modal M = Rp400.000, bunganya B = 30.000 dan persen bunganya p = 18% pertahun.
Lama menabung n =...........
Besarnya bunga dirumuskan
Sehingga banyaknya bulan adalah
Jawab : 5 bulan
Soal No. 5
Hasil dari 2√12 + 3√75 - √300 adalah....
A. 5√3
B. 6√3
C. 8√3
D. 9√3
Hasil dari 2√12 + 3√75 - √300 adalah....
A. 5√3
B. 6√3
C. 8√3
D. 9√3
Pembahasan
Soal tentang bentuk akar.
2√12 + 3√75 - √300
=2√(4×3) + 3√(25×3) - √(100×3)
=2 x 2√3 + 3 x 5√3 - 10√3
=4√3 + 15√3 - 10√3
= 9√3 Jawab: D.
Soal tentang bentuk akar.
2√12 + 3√75 - √300
=2√(4×3) + 3√(25×3) - √(100×3)
=2 x 2√3 + 3 x 5√3 - 10√3
=4√3 + 15√3 - 10√3
= 9√3 Jawab: D.
Soal dan pembahasan Ujian Nasional Matematika SMP/MTs UN tahun 2015. Pembahasan bertahap soal nomor 6-10.
Soal No. 6
Hasil dari 272/3 × 811/4 adalah....
A. 9
B. 18
C. 24
D. 27
Hasil dari 272/3 × 811/4 adalah....
A. 9
B. 18
C. 24
D. 27
Pembahasan
Bentuk soal tentang pangkat.
272/3 × 811/4
= (33)2/3 × (34)1/4
= 32 x 3 = 27
Jawaban: D. 27
Bentuk soal tentang pangkat.
272/3 × 811/4
= (33)2/3 × (34)1/4
= 32 x 3 = 27
Jawaban: D. 27
Soal No. 7
Dalam kompetisi matematika, setiap jawaban benar diberi skor 4, salah -2 dan tidak dijawab -1. Dari 50 soal yang diberikan, Ali menjawab benar 35 dan salah 9. Skor yang diperoleh Ali adalah....
A. 116
B. 122
C. 131
D. 140
Dalam kompetisi matematika, setiap jawaban benar diberi skor 4, salah -2 dan tidak dijawab -1. Dari 50 soal yang diberikan, Ali menjawab benar 35 dan salah 9. Skor yang diperoleh Ali adalah....
A. 116
B. 122
C. 131
D. 140
Pembahasan
Benar 35, salah 9, tidak dijawab 6.
Nilai = 35(4) + 9(-2) + 6(-1)
= 140 - 18 - 6 = 116
Jawaban: A. 116
Benar 35, salah 9, tidak dijawab 6.
Nilai = 35(4) + 9(-2) + 6(-1)
= 140 - 18 - 6 = 116
Jawaban: A. 116
Soal No. 8
Perbandingan panjang dan lebar persegipanjang 3 : 1. Jika keliling persegipanjang tersebut 72 cm, luasnya adalah....
A. 334 cm2
B. 260 cm2
C. 243 cm2
D. 288 cm2
Perbandingan panjang dan lebar persegipanjang 3 : 1. Jika keliling persegipanjang tersebut 72 cm, luasnya adalah....
A. 334 cm2
B. 260 cm2
C. 243 cm2
D. 288 cm2
Pembahasan
Panjang p = 3x, Lebar l = x
Dari rumus keliling:
2(p + l) = keliling
2(3x + x) = 72
8x = 72
x = 9
Jadi p = 3x = 3(9) = 27 dan l = x = 9
Luas = p x l = 27 x9 = 243
Panjang p = 3x, Lebar l = x
Dari rumus keliling:
2(p + l) = keliling
2(3x + x) = 72
8x = 72
x = 9
Jadi p = 3x = 3(9) = 27 dan l = x = 9
Luas = p x l = 27 x9 = 243
Soal No. 9
Seorang penjahit memerlukan 10 m kain untuk membuat 8 potong baju. Untuk membuat 100 potong baju yang sama, banyak kain yang diperlukan adalah....
A. 150 m
B. 125 m
C. 100 m
D. 80 m
Seorang penjahit memerlukan 10 m kain untuk membuat 8 potong baju. Untuk membuat 100 potong baju yang sama, banyak kain yang diperlukan adalah....
A. 150 m
B. 125 m
C. 100 m
D. 80 m
Pembahasan
8 potong perlu 10 m → 1 potongnya perlu 10 m/8 = 1,25 m
Untuk 100 potong perlu → 100 x 1,25 m = 125 m
8 potong perlu 10 m → 1 potongnya perlu 10 m/8 = 1,25 m
Untuk 100 potong perlu → 100 x 1,25 m = 125 m
Soal No. 10
Perhatikan pernyataan berikut!
I. 4x2 - 9 = (2x + 3)(2x - 3)
II. 2x2 + x - 3 = (2x - 3)(x + 1)
III. x2 + x - 6 = (x + 3)(x - 2)
IV. x2 + 4x - 5 = (x - 5)(x + 1)
Pernyataan yang benar adalah....
A. I dan II
B. II dan III
C. I dan III
D. II dan IV
Perhatikan pernyataan berikut!
I. 4x2 - 9 = (2x + 3)(2x - 3)
II. 2x2 + x - 3 = (2x - 3)(x + 1)
III. x2 + x - 6 = (x + 3)(x - 2)
IV. x2 + 4x - 5 = (x - 5)(x + 1)
Pernyataan yang benar adalah....
A. I dan II
B. II dan III
C. I dan III
D. II dan IV
Pembahasan
Pemfaktoran, cek satu-satu saja.
Jawaban I dan III Benar
Pemfaktoran, cek satu-satu saja.
Jawaban I dan III Benar
Baca Juga : Soal Uji Coba Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTS 2017
Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Pembahasan Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTS 2015 dapat bermanfaat untuk adik adik semuanya yang sedang menjalankan ujian nasional yang sesungguhnya, dengan pembahasan soal matematika ujian nasional tahun 2015 ini mungkin kalian bisa mempelajari dari soal soal ujian nasional yang pernah ada. Dan apabila berkenan cobalah untuk share buat temannya yang membutuhkannya dan share di facebook ataupun media social lainnya.
Sumber : http://matematikastudycenter.com
Pembahasan Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTS 2015
4/
5
Oleh
agus prasetyo