Kamis, 09 Maret 2017

Contoh Soal UN Bahasa Indonesia Paket B IPA SMA/MA 2017

Contoh Soal UN Bahasa Indonesia Paket B IPA SMA/MA 2017 - Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh latihan soal bahasa indonesia untuk soal pra ujian nasional yang khususnya untuk sma program studi ipa. Prediksi soal bahasa indonesia ini merupakan soal Tryout UN SMA 2017 oleh dinas pendidikan propinsi DKI Jakarta dan Tangerang.

Contoh soal UN ini Universitas Gunadarma merupakan soal yang valid sebagai bahan latihan UN SMA 2017 karena telah disusun sesuai Kisi-kisi SKL UN 2017. Dan dalam beberapa tahun ini kami telah meninjau dengan keakuratan soal ujian nasional ini yang memang sangat tepat dan tidak meleset dengan soal UN yang sesungguhnya.

Ini bukanlah sebuah bocoran soal ujian nasional, namun ini hanyalah sebuah sarana untuk bekal dalam pembelajaran soal soal ujian nasional yang dapat adik adik latih dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sebenarnya.

Langsung saja simak Soal Latihan Bahasa Indonesia Paket B  Ujian Nasional IPS SMA 2017 : 


Contoh Soal UN Bahasa Indonesia Paket B IPA SMA/MA 2017

PRA UJIAN NASIONAL

TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

 

 

 
 
 
SMA / MA   
BAHASA INDONESIA 
Program Studi IPA       
 
Kerjasama 
STMIK JAKARTA STI&K 
 
dengan  
 
DINAS PENDIDIKAN DKI  JAKARTA DAN 
DINAS PENDIDIKAN TANGERANG SELATAN 
 
  
(Paket Soal B) 



 

 

 
 
P E T U N J U K   U M U M 
 
 
 
1.  Sebelum  mengerjakan  ujian,  telitilah  terlebih  dahulu  jumlah  dan  nomor  halaman  yang 
terdapat pada naskah ujian. 
 
2.  Tulislah  nomor  peserta  Saudara  pada  lembar  jawaban,  sesuai  dengan  petunjuk  yang 
diberikan oleh panitia. 
 
3.  Bacalah dengan cermat setiap petunjuk yang berisi penjelasan cara menjawab soal. 
 
4.  Jawablah  terlebih  dahulu  soal-soal  yang  menurut  Saudara  mudah,  kemudian  lanjutkan 
dengan menjawab soal-soal yang lebih sukar sehingga semua soal terjawab. 
 
5.  Tulislah  jawaban  Saudara  pada  lembar  jawaban  ujian  yang  disediakan  dengan  cara  dan 
petunjuk yang telah diberikan oleh petugas. 
 
6.  Untuk  keperluan  coret-mencoret  dapat  menggunakan  tempat  yang  kosong  pada  naskah 
ujian ini dan jangan sekali-kali menggunakan lembar jawaban. 
 
7.  Selama  ujian  Saudara tidak  diperkenankan  bertanya  atau  meminta  penjelasan  mengenai 
soal-soal yang diujikan kepada siapapun, termasuk pengawas ujian. 
 
8.  Setelah ujian selesai, harap Saudara tetap duduk di tempat sampai pengawas datang ke 
tempat Saudara untuk mengumpulkan lembar jawaban. 
 
9.  Perhatikan  agar  lembar  jawaban  ujian  tidak  kotor,  tidak  basah,  tidak  terlipat  dan  tidak 
sobek. 
 
10.  Jumlah soal sebanyak 50 butir, setiap butir soal terdiri atas 5 (lima) pilihan jawaban. 
 
11.  Kode naskah ujian ini   04

 

PRA UN SMA 2017   1 
 

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. 
Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan 
dapat  memperkuat  kepribadian  peserta  didik  dengan  menghayati  nilai-nilai  perjuangan  dan 
pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan 
untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa 
identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan 
maupun  tulis.  Bahasa  Indonesia  merupakan  cerminan  sikap  dan  jati  diri  bangsa  Indonesia  di 
lingkungan pergaulan dunia global.  
 
1.  Ide pokok paragraf tersebut adalah   
A.  cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran  
B.  penghargaan pengorbanan seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan 
C.  upaya penanaman sikap positif peserta didik dalam pembelajaran    
D.  tujuan penyisipan peristiwa sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia 
E.  cerminan suatu sikap jati diri peserta didik dalam berbahasa Indonesia 
 
2.  Tujuan penulis menyajikan isi teks tersebut adalah   
A.  mengimbau  para  pendidik  untuk  menyisipkan  peristiwa  sejarah  dalam  pembelajaran  yang 
dilakukannya 
B.  menggambarkan  perjuangan  dan  pengorbana  seorang  tokoh  untuk  kemerdekaan  pada  zaman 
penjajahan 
C.  menjelaskan manfaat penyisipan peristiwa sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia 
D.  mengajak  untuk  menghayati  nilai-nilai  perjuangan  dan  pengorbana  seorang  tokoh  dalam 
pembelajaran 
E.  mengingatkan pendidik agar menyisipkan peristiwa sejarah dalam setiap pembelajaran  
 
Cermati paragraf berikut untuk soal nomor 3 dan 4!  
(1) Kejadian dalam peristiwa sejarah dianggap sebagai proses atau dinamika dalam suatu konteks 
historis bukan hanya sekadar peristiwa yang terjadi pada masa lampau. (2) Sejarah termasuk ilmu 
empiris karena sejarah sangat bergantung pada pengalaman  manusia, kerap dimasukkan  ke dalam 
ilmu  kemanusiaan,  dan  berbeda  dengan  antropologi  atau  sosiologi.  (3)  Sejarah  membicarakan 
manusia dari segi waktu, seperti perkembangan masyarakat dari satu bentuk ke bentuk lainnya. (4) 
Diungkapkan  pula  kesinambungan  yang  terjadi  dalam  suatu  masyarakat,  pengulangan  peristiwa 
yang terjadi pada masa lampau, dan perubahan yang terjadi dalam  masyarakat. (5) Berbagai nilai 
dan  kearifan  yang  terdapat  dalam  sebuah  peristiwa  sejarah  itu  merupakan  sumber  kekayaan  yang 
dapat diserap dan diterapkan dalam mempersiapkan masa depan generasi muda. 
 
3.  Kalimat utama paragraf tersebut adalah bernomor   
A.  (1) 
B.  (2) 
C.  (3) 
D.  (4) 
E.  (5) 
 
4.  Makna  istilah  empiris  yang  tercetak  miring  pada  kalimat  nomor  (2)  dalam  paragraf  tersebut             
adalah   
A.  perbuatan seseorang 
B.  berdasarkan pengalaman 
C.  dasar pemantauan 
D.  kejadian penting 
E.  melakukan penelitian 
 


 

PRA UN SMA 2017   2 
 

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 6! 
(1)  Melalui  teks  cerita  ulang  atau  dikenal  juga  dengan  sebutan  teks  rekon  (recount),  pengalaman 
nyata    pada  masa  lalu  dapat  dibangkitkan  atau  dihidupkan  kembali.  (2)  Setelah  informasi  tentang 
sebuah  peristiwa  sejarah  diperoleh,  seseorang  dapat  mengumpulkan  data  yang  tepat,  akurat,  serta 
autentik  tentang  peristiwa  tersebut  dari  berbagai  sumber,  baik  lisan,  tertulis  maupun  benda-benda 
yang berkaitan dengan peristiwa sejarah yang dimaksud.  (3) Bukti sejarah juga sudah dimuat pada 
buku  sejarah  yang  ditulis oleh pakar  sejarah.  (4)  Dari  buku  tersebut  dicatat  hal  yang  akan  diteliti 
secara  cermat,  dibandingkan  satu  sama  lain,  diinterpretasikan,  kemudian  direkonstruksi  sehingga 
menghasilkan  kisah  sejarah  yang  mudah  dipahami.  (5)  Hal  yang  demikian  itu,  semoga  menjadi 
perhatian semua peneliti dalam melakukan sebuah penelitian agar hasilnya sempurna dan akurat. 
 
5.  Yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat bernomor   
A.  (1) 
B.  (2) 
C.  (3) 
D.  (4) 
E.  (5) 
 
6.  Yang berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor   
A.  (1) 
B.  (2) 
C.  (3) 
D.  (4) 
E.  (5) 
 
Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk soal 7  9! 
Di Mentawai, Sumatera Barat, lain lagi yang terjadi. Kepulauan ini memiliki ombak terbaik untuk 
berselancar.  Di  dunia  ini  hanya  ada  tiga  tempat  yang  memiliki  barrel ombak  berbentuk 
terowongan yang  dapat  ditemui  sepanjang  waktu:  Hawaii,  Haiti,  dan  Mentawai.  Namun, 
pemerintah daerah tidak berdaya. Di sana Resor tumbuh menjamur, tetapi kontribusi mereka kepada 
pusat seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang 
ke negeri ini sehingga perekonomian masyarakat setempat terbantu. 
 
7.  Opini penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana tersebut adalah   
A.  Ternyata banyak tempat wisatawan yang perlu dibangun ditanah air ini dan harus dilestarikan 
keindahannya oleh masyarakat setempat dan dibantu oleh berbagai pihak. 
B.  Tidak selalu dibebankan semuanya kepada pemerintah untuk membangun suatu daerah karena 
keterbatasan tenaga dan biaya yang tersedia, termasuk mempromosikan objek wisata . 
C.  Kepedulian  pemerintah  sangat  diharapkan  untuk  mempromosikan  tempat  wisata  yang  belum 
begitu banyak dikenal agar objek wisata dikenal dan wisatawan  banyak berkunjung 
D.  Banyaknya tempat wisata yang indah dan menarik di tanah air seharusnya menjadi daya tarik 
wisatawan dalam negeri (lokal) daripada terdapat objek di luar negeri. 
E.  Pengelola  objek  wisata  pada  suatu  daerah,  seharusnya  dapat  meningkatkan  daya  tarik 
pengunjung dengan membangun fasilitas yang memadai bagi pengunjung. 
 
8.  Pihak yang dituju dalam isi opini penulis pada tajuk rencana tersebut adalah  . 
A.  masyarakat setempat 
B.  pengelola wisata 
C.  wisatawan mancanegara 
D.  wisatawan lokal 
E.  pemerintah pusat

 

PRA UN SMA 2017   3 
 

9.  Keberpihakan penulis (editorial) dalam kutipan tersebut adalah   
A.  pemerintah pusat 
B.  masyarakat setempat 
C.  pengelola wisata 
D.  wisatawan mancanegara 
E.  wisatawan lokal 
 
10.  Cermati kedua kutipan teks berikut! 
Teks 1  Teks 2 
Tahun  lalu,  menurut  catatan  Badan  Pusat 
Statistik, hanya ada 8 juta wisatawan asing yang 
datang  berkunjung  ke  Indonesia.  Jangankan 
dibandingkan  dengan  Prancis  yang  mampu 
mendatangkan  83  juta  turis  tahun  lalu,  jumlah 
wisatawan  asing  ke  Indonesia  masih  jauh  dari 
Malaysia,  yang  menurut  United  Nations World 
Tourism  Organizationkedatangan  25  juta 
pelancong pada  lalu. Ini menempatkan Malaysia 
pada  peringkat  ke - 10  negara  dengan  jumlah 
wisatawan asing terbanyak.   

Selain  membangun  infrastruktur  
 
Perbedaan isi yang terdapat pada kutipan tersebut adalah   
Teks 1  Teks 2 
A.  masih sedikitnya  jumlah wisatawan asing yang 
berkunjung ke Indonesia dibandingkan dengan 
negara lain  

belum  serius nya   pemerintah  berkeinginan 
membangun infrastruktur   pada objek wisata 
sebagai daya tarik wisatawan  
B.  berkurangnya  jumlah  wisatawan  asing  yang 
berkujung  ke Indonesia   
tidak adanya objek wisata yang menarik bagi 
wisa tawan mancanegara  di Indonesia  
C.   objek  wisata  di  Indonesia  hanya  dikunjungi 
wisatawan lokal   
baru  sedikit  wisat awan  mancanegara  yang 
berkunjung ke objek wisata Indonesia  
D.   belum  seriusnya pemerintah  berkeinginan 
membangun  infrastruktur    pada  objek  wisata 
sebagai daya tarik wisatawan  

masih  sedikitnya  jumlah  wisatawan  asing 
yang  berkunjung  ke  Indonesia  dibandingkan 
dengan negara lain  
E.   tidak  adanya  objek  wisata  yang  menarik  bagi 
wisawan  mancan egara   di  Indonesia  karena 
lebih menarik di negara lain.  

berkurangnya  jumlah  wisatawan  asing  yang 
berkujung ke  Indonesia karena  kurangnya 
infrastruktur  
 
11.   Cermati kutipan biografi berikut! 
Siapakah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat? Tidak lain,  dialah Ki Hadjar Dewantara.  Saat genap 
berusia  40  tahun  menurut  hitungan  Tahun  Caka,  berganti  nama  menjadi  Ki  Hadjar  Dewantara. 
Semenjak  itu,  ia  tidak  lagi  menggunakan  gelar  kebangsawanan  agar  ia  dapat  bebas  dekat  dengan 
rakyat,  baik  secara  fisik  maupun  hatinya.  
Perjalanan hidupnya benar-benar diwarnai perjuangan dan pengabdian demi kepentingan bangsanya. 
Ia  menamatkan  Sekolah  Dasar  di  ELS  (Sekolah  Dasar  Belanda)  Kemudian  sempat  melanjut  ke 
STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera), tetapi tidak sampai tamat karena sakit. Kemudian ia bekerja 
sebagai  wartawan  di  beberapa  surat  kabar  antara  lain  Sedyotomo,  Midden  Java,  De  Express, 
Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer dan Poesara. Pada masanya, ia tergolong penulis 
andal. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam dan patriotik sehingga mampu membangkitkan 
semangat antikolonial bagi pembacanya 
 
Keteladan yang terdapat pada tokoh sesuai isi kutipan biografi tersebut adalah   
A.  perjuangan dan pengabdiannya demi kepentingan bangsanya

 

PRA UN SMA 2017   4 
 

B.  pernah melanjutkan sekolah ke Sekolah Dokter Bumiputera 
C.  pekerjaan kewartawanan dilakukannya dengan sungguh-sungguh 
D.  dia tergolong seorang penulis yang berprestasi dan penulis andal 
E.  mampu menulis dengan sangat komunikatif, tajam, dan patriotik 
 
Cermati kutipan dialog berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13! 
(1)  Alminah  :  
kantorku?    
(2)  Mirna  :   saya  tidak  bisa  mengantar  ke 
kantormu  karena  saya  mengantarkan  beberapa  pesanan  bakso  yang  tempatnya 
berjauhan  dengan  kantormu.  Harganya  masih  belum  naik,  masih  per  butir 
 
(3)  Alminah  :     
(4)  Mirna  :    
(5)  Alminah  :    
(6)  Mirna  :    
 
12.  Hal yang disepakati dalam teks dialog tersebut adalah    
A.  harga per butir bakso 
B.  waktu pengantaran bakso 
C.  harga semua pesanan 
D.  jumlah pesanan bakso  
E.  cara pengantaran bakso 
 
13.  Kalimat imperatif di antara kalimat yang tersaji pada dialog tersebut adalah yang bernomor   
A.  (1) 
B.  (2) 
C.  (3) 
D.  (4) 
E.  (5) 
 
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 14 15! 
Soekarno,  sebagai  orang  Indonesia,  telah  memberi  pengaruh  besar  terhadap  perjalanan  sejarah 
dunia. Oleh sebab itu, dia bisa disebut sebagai salah satu tokoh dunia. Ini yang membuat kita bangsa 
Indonesia sangat bangga memiliki pemimpin seperti dia. 
 
14.  Maksud kata acuan ini yang bercetak miring pada  kalimat ke-3 paragraf tersebut adalah   
A.  sebagai salah satu tokoh dunia  
B.  Soekarno, Presiden Republik Indonesia 
C.  perjalanan sejarah dunia 
D.  seorang pemimpin bangsa Indonesia 
E.  sebagai orang Indonesia 
 
15.  Inti kalimat yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah   
A.  Soekarno, sebagai orang Indonesia 
B.  orang Indonesia, telah memberi pengaruh 
C.  Soekarno memberi pengaruh terhadap sejarah. 
D.  memberi pengaruh besar terhadap perjalanan 
E.  terhadap perjalanan sejarah dunia 
 
 
 


 

PRA UN SMA 2017   5 
 

16.  Cermati teks berikut. 
(1)  Pada  sebuah  cerita  ulang  biografi,  partisipannya  adalah  manusia  yang  terlibat  pada  peristiwa 
tertentu dalam sejarah. (2) Penganalisaan fakta pelu dicek kembali.  (3) Si penulis akan mencatat 
peristiwa  tersebut  secara  kronologis.  (4)  Kesistematisan  peristiwa  dalam  penulisan  harus 
diperhatikan. (5) Penggunaan kaidah bahasa dalam penulisan harus cermat pula. 
 
Kesalahan penggunaan kata pada paragraf tersebut adalah   
A.  patisipan pada kalimat (1) salah, seharusnya partisipasi 
B.  penganalisaan pada kalimat (2) seharusnya penganalisisan 
C.  kronologis pada kalimat (3) seharusnya kronologi 
D.  kesistematisan pada kalimat (4) seharusnya kesistimatisan 
E.  kaidah pada kalimat (5) seharusnya kaedah 
 
17.  Cermati penggunaan tanda baca pada kalimat dalam paragraf berikut! 
(1) Keterlibatan Nelson Mandela dalam politik dimulai, saat dia keluar dari sekolah College of Fort 
Hare. (2) Namun selama bertahun-tahun dia, menyaksikan bagaimana politik apartheid sangat tidak 
manusiawi.  (3)  Keterlibatan  inilah,  yang  kemudian  menentukan  jalan  panjang  yang  harus  dia 
tempuhnya.  (4)  Dia,  memperjuangkan  persamaan  hak  bagi  mayoritas  orang  kulit  hitam  di  Afrika 
Selatan.  (5)  Harapan  Mandela  untuk  berhasil,  sangatlah  kecil  karena  selama  berabad-abad 
pemerintah kolonial telah mengonsentrasikan semua kekuasaan politik dan militer. 
 
Penggunaan tanda baca koma (,) yang salah dengan alasan perbaikan yang tepat adalah   
A.  pada  kalimat  bernomor  (1)  salah,  seharusnya  tanda  koma  dibuang  karena  sudah  terdapat 
konjungsi saat sebagai penyataan anak kalimat keterangan waktu  
B.  pada kalimat bernomor (2) salah, seharusnya tanda koma digunakan setelah kata namun karena 
penanda konjunsi anatar paragraf 
C.  pada kalimat bernomor (3) salah, seharusnya tanda koma sesudah kata inilah tidak diperlukan 
karena tidak ada fungsinya 
D.  pada  kalimat  bernomor  (4)  salah,  seharusnya  tanda  koma  sesudah  kata  dia  tidak  diperlukan 
karena tidak ada fungsinya 
E.  pada kalimat bernomor (5) salah seharusnya tanda koma dipindahkan setelah konjungsi karena 
karena sudah terdapat konjungsi karena sebagai penyataan anak kalimat keterangan sebab 
 
18.  Cermati penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut! 
(1)  Pada Agustus 1943 , kapal yang dipimpinnya dihantam destroyer  Jepang .  
(2)  Kapal  terbelah dua , dan dua belas orang awaknya tewas.   
(3)  JFK, beberapa kru,  dan awak kapal yang selamat.  
(4)  Namun, bantuan tidak kunjung datang sehingga mereka harus berenang.   
(5)  JFK melakukan tindakan heroik , menyelamatkan jiwa seorang kru yang terluka.  
(6)  Dia dan krun ya akhirnya selamat , setelah  ditemukan oleh penduduk asli.  
 
Penggunaan tanda baca  yang tepat terdapat pada kalimat bernomor   
A.  (1) dan (2) 
B.  (2) dan (3) 
C.  (3) dan (4) 
D.  (4) dan (5) 
E.  (5) dan (6) 
 
 
 
 


 

PRA UN SMA 2017   6 
 

19.  Cermati paragraf berikut! 
Buku  ini  merupakan  buku  siswa  yang  dipersiapkan  pemerintah  dalam  rangka  implementasi 
Kurikulum  2013.  Buku  disusun  dan  ditelaah  oleh  berbagai     
 
A.  fihak, penterapan, zaman, kualitas 
B.  pihak, penerapan, zaman, kualitas 
C.  fihak, penterapan, jaman, kualitas 
D.  fihak, penterapan, jaman, kuwalitas 
E.  pihak, penerapan, jaman, kwalitas 
 
20.  Cermati penggunaan kata serapan pada kalimat berikut! 
Sebagai  anak  priyayi  yang  memang  pandai,  Soekarno  bisa  mengecap  pendidikan  tinggi  dan  lulus 
dari ITB. Sebagai mahasiswa   
 
A.  tekhnik, nasionalisme, orator, karier 
B.  teknik, nasionalisasi, orator, karier 
C.  tehnik, nasionalisme, otoriter, karir 
D.  tekknik, nasionalisasi,  otoriter, karir 
E.  teknik, nasionalisme, orator, karier 
 
21.  Cermati penulisan judul berikut! 
Saya  telah  membaca  buku  sistem  gotong  royong  dalam  masyarakat  pedesaan  daerah  istimewa 
Yogyakarta. Isi buku itu untuk salah satu sumber karya ilmiah saya yang sedang saya tulis.  
 
Perbaikan penulisan judul buku tersebut adalah    
A.  Sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta 
B.  Sistem Gotong Royong dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta 
C.  Sistem Gotong Royong Dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta 
D.  Sistem gotong Royong dalam masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta 
E.  Sistem Gotong Royong dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta 
 
22.  Cermati paragraf berikut! 
Pada  17  Agustus  1945,  tidak  lama  setelah  Jepang  takluk  pada  Sekutu,  atas  desakan  para  aktivis 
pemuda  yang  sempat  menculik  Soekarno  ke  Rengas  Dengklok,  Soekarno  dan  Hatta 
memproklamirkan  kemerdekaan  Indonesia.  Sehari  kemudian  Soekarno-Hatta  diangkat  menjadi 
presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.   
 
 
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah   
A.  memproklamasikan 
B.  memproklamatorkan 
C.  pemproklamasian

 

PRA UN SMA 2017   7 
 

D.  pemproklamiran 
E.  pemproklamatoran 
 
23.  Cermati paragraf berikut! 
Kucing Anggora mempunyai tubuh proporsional. Biasanya, tubuh kucing Anggora terlihat  
 
 
 
Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah   
A.  hampir langsing, begitu ringan, sedikit panjang 
B.  hampir langsing, terasa ringan, hampir panjang 
C.  agak langsing, cukup ringan, tidak panjang 
D.  agak langsing, begitu ringan, tidak panjang 
E.  agak langsing, terasa ringan, sedikit panjang 
 
24.  Cermati paragraf berikut! 
Inflasi  merupakan  suatu  hal  yang  wajar  dan  tidak  dapat  dihindari  oleh  setiap  negara.  Hal  ini, 
disebabkan  oleh  proses  pembangunan  yang  mengeluarkan  pembiayaan  yang  besar  untuk 
 
 
Konjungsi  sebab akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah   
A.  apabila 
B.  karena 
C.  bahwa 
D.  walau 
E.  sehingga 
 
25.  Cermati penggunaan konjungsi (kata penghubung) dalam paragraf berikut! 
Di  negara  sedang  berkembang,  indeks  tingkat  kemiskinan  yang  didefinisikan  sebagai  proporsi 
masyarakat  dengan  pendapatan  kurang  dari  US$  1  per  hari  berdasarkan  harga  prioritas  daya  beli 
menurun 28,3% pada tahun 1987 menjadi 24% pada tahun 1998. Dan penurunan angka kemiskinan 
tidak dapat mengimbangi laju pertumbuhan penduduk,  banyak kaum miskin di negara berkembang 
meningkat sekitar 160 juta antara tahun 1987 dan 1998. Begitu pula pada akhir abad ke dua puluh 
masalah  kemiskinan  meningkat  pada  banyak  negara,  terutama  di  Asia  Tenggara  yang  secara 
langsung berpengaruh pada krisis finansial 1997.  
 
Perbaik an kata  konjungsi yang bercetak miring pada  kalimat ke - 2 paragraf tersebut adalah    
A.  bahwa  
B.  walau 
C.  sehingga 
D.  karena 
E.  bahkan 
 
 


 

PRA UN SMA 2017   8 
 

26.  Cermati paragraf berikut! 
Setelah sore Mak Ijah menutup warungnya. Dia membawa kaleng uang dari warung menuju tengah 
rumah. Dia taburkan uang itu di lantai. Mak Ijah mulai menghitung hasil penjualannya. Dia  
 
A.  memisah-misahkan, mengingat-ingat, menepuk-nepuk 
B.  memisah-misahkan, diingat-ingat, menepuk-nepuk 
C.  memisahkan-memisahkan, ingat-mengingat, menepuk-tepuk 
D.  pisah-memisahkan, ingat-mengingatkan, mentepuk-tepuk 
E.  dipisah-pisahkan, diingat-ingat, ditepuk-nepuk 
 
27.  Cermati paragraf berikut! 
Sebagai  Founding  Father  atau  Bapak  Bangsa  Indonesia,  Bung  Karno  telah  mengantarkan  bangsa 
Indonesia  kepada  kemerdekaan.  Dengan  perjuangan  yang  tanpa  pamrih,  Bung  Karno  telah 
membangun  tatanan  keadilan  yang        
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah   
A.  mensejahterakan, mensejajarkan, meninspirasi 
B.  tersejahterakan, tersejajarkan, terinspirasi 
C.  mensejahterakan, menyejajarkan, meninspirasi 
D.  disejahterakan, disejajarkan, diinspirasi 
E.  menyejahterakan, menyejajarkan, menginspirasi 
 
28.  Cermati deretan kalimat berikut! 
Cara Membuat Tape Singkong 
(1)  Kukus singkong hingga matang, tetapi jangan sampai terlalu lembek, angkat singkong (jangan 
disentuh  karena me ngganggu fermentasi)  
(2)  Kupas  dan  bersihkan  singkong,  potong  dengan  ukuran  panjang  kira -kira  10 -15  cm  dan  cuci 
sampai bersih.  
(3)  Tutup  rapat  singkong  yang  sudah  ditaburi  ragi  dengan  menggunakan  daun  pisang,  dan  tutup 
kembali menggunakan penutup wadah agar tidak terbuka.  
(4)  Sediakan wadah yang agak dalam seperti baskom, toples yang agak besar , atau bakul dan alasi 
dengan menggunakan daun singkong pada bagia n dasar serta pinggirannya.  
(5)  Diamkan selama minimal 2 hari 2 malam, dan setelah itu cek tape dengan menggunakan garpu  
dan  sudah bertekstur lembut , serta  mudah ditusuk dengan garpu, berarti tape singkong sudah 
jadi. 
(6)  Susun singkong untuk lapisan pertama denga n menggunakan garpu untuk menatanya, taburkan 
sebagian  bubuk  ragi,  susun  lagi  singkong  untuk  lapisan  kedua,  taburkan  lagi  ragi,  dan 
seterusnya.  
 
 
Urutan kalimat  tersebut yang tepat  sehingga menjadi sebuah paragraf  prosedur adalah    
A.  (1), (2), (5), (6), (3), dan (4) 
B.  (2), (1), (4), (6), (3), dan (5) 
C.  (3), (1), (4), (2), (6), dan (5)

 

PRA UN SMA 2017   9 
 

D.  (4), (3), (2), (1), (5), dan (6) 
E.  (5), (2), (4), (3), (1), dan (6) 
 
29.  Cermati paragraf deskripsi berikut! 
Kucing  anggora  mempunyai  bulu  yang  unik.  Keunikan  bulu  kucing  anggora  adalah  bulu  tumbuh 
sesuai  dengan  kondisi  cuaca.  Jika  kondisi  cuaca  sedang  mengalami  musim  panas,  bulu  kucing 
anggora  terlihat  pendek.  Jika  kondisi  cuaca  sedang  mengalami  musim  hujan/dingin,  bulu  kucing 
anggora sangat lebat dan panjang. .... Kondisi bulu yang cukup unik tersebut memperlihatkan bahwa 
kucing anggora ini cukup cocok dipelihara di Indonesia. Karena dengan pola tumbuh bulu kucing 
anggora  tersebut  membuat  kucing  anggora  mampu  untuk  beradaptasi  dengan  iklim  yang  ada  di 
Indonesia 
 
Kalimat deskripsi  yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah   
A.  Kucing anggora mempunyai ekor yang cukup panjang.  
B.  Ekor kucing anggora juga ditumbuhi bulu yang lebat dan tebal.  
C.  Bulu kucing anggora sangat halus dan lembut seperti sutera. 
D.  Bahkan, bulu yang terdapat di ekor lebih lebat daripada bulu badannya. 
E.  Merawat bulunya sangat rumit dan memakan waktu cukup lama. 
 
30.  Cermati paragraf narasi berikut! 
JFK  dilantik  pada  20  Januari  1961.  Ia  menyampaikan  pidatonya  yang  memesona,  menyerukan 
penerapan hukum yang baru, yaitu yang kuat berlaku adil, yang lemah dilindungi, dan perdamaian 
dijaga. Ia menyadari kesulitan yang  
yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi (yang rumpang) tersebut adalah   
A.  Siapa pun tidak akan peduli dengan keadaan dunia. 
B.  Gedung Putih sebagai sebuah pusat kebudayaan  
C.  Saat itu dunia hampir masuk ke perang nuklir 
D.  Akan tetapi, mari kita mulai sekarang. 
E.  Beberapa hari perundingan yang tegang terjadi. 
 
31.  Cermati paragraf berikut! 
Karakter utama sebuah cerpen adalah peristiwa, yaitu suatu kejadian yang di dalamnya. Peristiwa 
tersebut ada hubungan antara tokoh, latar, dan alur. Peristiwa dalam cerpen menunjukkan dua pola, 
yaitu  peristiwa  monologis  yang  merupakan  penggambaran  keadaan  dan  kedirian  yang  bersifat 
tunggal. Dalam hal ini, tokoh bermonolog atau penulis menggambarkan keadaan. Peristiwa lainnya 
adalah dialogis, yang merupakan penggambaran keadaan hubungan tokoh dengan tokoh dalam suatu 
keadaan tempat  
yang tepat untuk melengkapi simpulan paragraf tersebut adalah   
A.  Jadi, peristiwa monologis dan dialogis selalu ada dalam sebuah cerpen. 
B.  Dengan demikian, peristiwa yang dituangkan berdasarkan imajinasi saja. 
C.  Jadi, peristiwa itu dapat dituangkan ke dalam cerpen sesuai dengan alur.  
D.  Dengan merekonstruksi peristiwa , disisipkan nilai-nilai dan amanat.  
E.  Rangkaian peristiwa itulah, yang kemudian membentuk genre cerpen. 
 
 


 

PRA UN SMA 2017   10 
 

32.  Cermati pendapat dan kalimat argumen berikut! 
Pendapat:  
Perdagangan  bebas  dapat  menimbulkan  tingkat  pengangguran  yang  tinggi   dan banyak  pengusaha 
kecil dan  besar tersingkir akibat kalah  ber saing dengan perusahaan asing.   
Argumen:  
(1)  Para  pedagang  dalam  negeri  dan  para  pedagang  dalam  negeri  akan  saling  bersaing  dan 
berebutan dalam pemasaran sehingga termotivasi untuk mendapatkan pasar  
(2)  Perdagangan bebas dapat menciptakan hambatan -hambatan baru  yang  merugikan perusahaan -
perusahaan kecil  dan  yang besar yang ada di dalam negeri.  
(3)  Produk Indonesia semakin banyak dan akan diperbanyak agar mampu menyerap tenaga kerja 
dan mengurangi pengangguran.  
(4)  Perdagangan  bebas  tidak  mempunyai  hambatan  perdagangan  antari ndividu  perusahaan   yang 
berada di  negara yang berbeda.  
 
Kalimat  argumen yang sesuai untuk pendukung pendapat tersebut adalah   
A.  (1) dan (2) 
B.  (1) dan (3) 
C.  (2) dan (3) 
D.  (2) dan (4) 
E.  (3) dan (4) 
 
33.  Cermati kalimat berikut! 
Hamparan-haparan  ratusan  kotak  beton  di  kota  itu  merupakan  jebakan  walet  yang  dibangun  oleh 
manusia tujuan untuk memindahkan walet daripada kehidupan lepas terbang di pantai. 
 
Perbaikan kalimat tersebut dengan alasan yang tepat adalah   
(1)  Kata  ulang  hamparan-hamparan  tidak  tepat  karena  diiring  oleh  kata  ratusan  yang  berarti 
jamak/banyak. 
(2)  Penggunaan  kata  dibangun  tidak  tepat  seharusnya  diganti  dengan  dibikin  yang  memiliki  arti 
dibuat 
(3)  Kata tujuan dan untuk harus harus dibuang salah satu karena maknanya sama. 
(4)  Penggunaan kata daripada tidak tepat karena bukan menyatakan perbandingan, seharusnya kata 
dari 
(5)  Kata terbang lepas kurang tepat, seharusnya mengudara tinggi 
 
Pernyataan yang tepat untuk perbaikan kalimat tersebut adalah   
A.  (1), (2), dan (3) 
B.  (1), (3), dan (4) 
C.  (2), (3), dan (4) 
D.  (2), (3), dan (5) 
E.  (3), (4), dan (5) 
 
34.  Cermati ilustrasi berikut! 
Pencuri itu mengendap-endap waktu memasuki pekarang rumah sasarannya. Lalu mendekati salah 
satu  jendela  kamar  rumah  itu.  Dia  mulai  mengeluarkan  alat  pencongkel  pintu.  Akan  tetapi  naas, 
obeng yang digunakannya jatuh ke ubin beserta peralatan lainnya sehingga mengeluarkan bunyi dan 
membuat pemilik rumah serta merta keluar dan menyergapnya.  
 
 
Ungkapan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah   
A.  terkena jaringan 
B.  naik pitam

 

PRA UN SMA 2017   11 
 

C.  tertangkap basah 
D.  tinggi rezeki 
E.  gelap mata 
 
35.  Cermati ilustrasi berikut! 
Meski hidup Azrial sudah hidup berada, memiliki rumah mewah dan kendaraan, dan tinggal di ibu 
kota, Jakarta, tetapi ia masih ingin pulang ke kampung halamannya. Banyak hiburan di kota besar. 
Namun,  tetap  rindu  terhadap  kampung  halamannya,  Lareh  Panjang,  Sumatra  Barat.  Kampung 
halamannya terasa senantiasa memanggilnya pulang. Karena itulah, Azrial membangun rumah yang 
akan dihuninya kelak di hari tuan bersama istrinya.  
 
Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah   
A.  Hancur badan dikandung tanah, budi baik dikenang jua. 
B.  Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang penggalan. 
C.  Seperti ilmu padi, kian berisi kian merunduk. 
D.  Daripada berputih mata, lebih baik berputih tulang. 
E.  Setinggi-tinggi terbang bangau, hinggapnya ke kubangan juga. 
 
36.  Cermati kedua kutipan teks cerpen berikut! 
Cerpen 1  Cerpen 2 
Kenduri  di  rumah  Mangkudun  begitu  semarak. 
Dua  kali  meriam  ditembakkan  ke  langit, 
pertanda  dimulainya  perhelatan  agung.  Tak 
biasanya  pusaka  peninggalan  sesepuh  adat 
Lareh  Panjang  itu  dikeluarkan.  Bila  yang 
menggelar  kenduri  bukan  orang  berpengaruh 
seperti  Mangkudun,  tentu  tak  sembarang 
dipertontonkan.  Para  tetua  kampung 
menyiapkan  pertunjukan  pencak  guna 
menyambut  kedatangan  me mpelai  pria.  Para 
pesilat  turut  ambil  bagian  memeriahkan  pesta 
perkawinan  anak  gadis  orang  terkaya  di  Lareh 
Panjang itu.  
 
Cerpen  Juru Masak 

Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina 
 
 
Perbedaan   nilai-nilai yang diungkapkan pada isi kutipan cerpen  tersebut adalah    
Cerpen 1  Cerpen 2 
A.  budaya   sosial  
B.  agama   estetika  
C.   moral   agama  
D.   estetika   pendidika n 
E.   pendidikan   budaya  
 
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 37 40! 
Angan-angannya (Paing) untuk memperoleh anak perempuan juga terkabul. Istrinya melahirkan 
anaknya yang ketiga dengan mules di rumah bidan. Untuk sementara ia serahkan jualan pada orang 
lain untuk membantu istrinya. 
Namun,  ketika ia akan mulai jualan lagi terkejut bukan ma in. Tempatnya telah dikuasai oleh 
teman yang semula sangat dipercaya. Bahkan sudah diubah dengan peralatan yang lebih permanen; 
tenda, gerobak, dan bangku -bangku. Ia telah dikhianati. Marah seperti orang gila. Sungguh heran,

 

PRA UN SMA 2017   12 
 

temannya kalem-kalem saja. Ia ingin berkelahi, tetapi buru-buru sadar, tidak bisa berkelahi. Ia jadi 
pecundang.  Pukulan  hebat  menghantamnya.  Ia  roboh  kesakitan.  Siapa  lagi  yang  bisa  cari  nafkah, 
yang bisa memberi ke perluan-keperluan bayi? Anaknya? Tidak, dia baru kelas II SMP. Lagi pula 
jangan anaknya meniru nasibnya menjadi pedagang kere. 
Cerpen Paing 
 
37.  Konflik pada diri si suami (Paing) dalam kutipan cerpen  . 
A.  rasa tidak berdaya lagi untuk berusaha setelah tempat pencari nafkahnya dirampas temannya  
B.  kebingungan untuk  mencari nafkah buat keluarganya karena sudah kehilangan mata pencarian 
yang dirampas temannya 
C.  hilangnya  rasa  kepercayaan  terhadap  teman  sendiri  setelah  dikhianati  kepercayaannya  yang 
diberikannya 
D.  kepanikan karena bertambahnya anggota keluarga dengan kelahiran seorang anaknya lagi 
E.  perasaan tidak sanggup melanjutkan sekolah anaknya lagi setelah dia kehilangan mata pencarian. 
 
38.  Pendeskripsian  watak  tokoh  Paing  seorang  yang  penyayang  dan  bertanggung  jawab  terhadap 
keluarga dalam kutipan cerpen tersebut    
A.  tanggapan tokoh lain dan tindakan tokoh 
B.  dialog antartokoh dan pikiran-pikirannya 
C.  tindakan dan pikiran-pikiran tokoh 
D.  bentuk lahir/fisik dan lingkungan tokoh 
E.  lingkungan tokoh dan tanggapan tokoh lain 
 
39.  Amanat sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah   
A.  Pikirkan cara menyadarkan orang yang melakukan pengkhianatan. 
B.  Berbuat baiklah kepada siapa pun walaupun orang itu berkhianat 
C.  Gunakan kesempan kapan dan di mana pun untuk mencari nafkah.  
D.  Jangan membalas kejahatan seseorang dengan kejahatan lagi. 
E.  Sesuatu yang sudah diperoleh, janganlah dibuang atau disia-siakan. 
 
40.  Ringkasan yang sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah   
A.  Karena seorang suami angannya terkabul ingin mendapatkan anak perempuan, si suami besedia 
membantu  istrinya  dan  untuk  sementara  dia  serahkan  jualannya  kepada  orang  lain  untuk 
sementara waktu 
B.  Angan-angannya  (Paing)  untuk  memperoleh  anak  perempuan  juga  terkabul  karena  istrinya 
melahirkan  anaknya  yang  ketiga  sehingga  membantu  istrinya  dan  untuk  dia  rela  kehilangan 
matapencarian. 
C.  Seseorang  mengubah  tempat  orang  lain  dengan  peralatan  yang  lebih  permanen,  seperti  tenda, 
gerobak,  dan  bangku-bangku  padahal  apa  yang  dilakukannya  adalah  sebuah  pengkhianatan 
kepercayaan orang lain terhadapnya. 
D.  Seseorang ingin marah, seperti orang gila karena telah dikhianati teman kepercayaanya karena  
teman tersebut  kalem-kalem saja atas perbuatannya tersebut yang membuat dia menjadi emosi. 
E.  Seseorang  yang  sangat  percaya  kepada  temannya  sehingga  menyerahkan  tempat  ia  mecari 
nafkah, tetapi tempat itu dirampas temannya sehingga dia kehilangan sumber matapencarian.  
 
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 41 43! 
Seumur hidupnya belum pernah Paing masuk rumah sebesar itu. Seluruhnya dikelilingi tembok 
tinggi.  Untuk  masuk  orang  harus  memencet  bel  lebih  dulu  kemudian  menunggu  di  luar  gerbang. 
Sebuah kotak lubang terbuka dan  muncul  mata menelitinya. S etelah yakin siapa tamunya barul ah 
gerbang  bisa  dibuka.  Untung  ia  datang  diantar  Tante.   Penjaga  gerbang  mem beri  hormat 


 

PRA UN SMA 2017   13 
 

-dengus  ke  kaki  Tante.  Lalu 
berlari mendorong pintu terbuka. Ia takut setengah mati.   
Ia ragu-ragu masuk. Ruangan seperti lapangan. Tampak mebel-mebel besar mewah sekali. la ingat, 
pasti harganya ratusan juta. Banyak pula perabot antik yang sulit ia bayangkan seperti apa kayanya 
orang yang punya. Ia melongo dan jadi bego 
Cerpen Paing 
 
41.  Hal yang ada pada kutipan cerita tersebut juga terdapat dalam kehidupan adalah   
A.  Larangan memelihara anjing di rumah bagi umat beragama tertentu. 
B.  Penjaga pintu gerbang wajib memberi hormat kepada setiap ada tamu. 
C.  Lebih percaya menyerahkan penjagaan rumah sepenuhnya kepada anjing; 
D.  Perabotan mebel-mebel besar, mewah sekali, lebih disukai/digandrungi. 
E.  Orang kaya yang membangun rumah dengan tembok pagar yang tinggi. 
 
42.  Suasana hati Paing dalam kutipan cerpen tersebut adalah   
A.  keheranan 
B.  ketakutan 
C.  kekhawatiran 
D.  keharuan 
E.  kegembiraan 
 
43.  Makna lapangan  dalam kutipan cerpen tersebut adalah   
A.  panjang 
B.  lega 
C.  lebar 
D.  luas 
E.  besar 
 
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 44 dan 45! 
Peragawati minta diambilkan tas berisi buku dan bebera 
laundry  
  Nilai-nilai moral dalam kutipan cerpen tersebut adalah   
A.  menahan kemarahan  dan mengerjakan sesuatu dengan sabar 
B.  menggantikan tugas orang  dan melaksanakannya dengan ikhlas  
C.  menjaga kepercayaan dan melaksanakan perintah dengan baik 
D.  mencegah seseorang berbuat tidak baik dan selalu waspada 
E.  menghindari kecurigaan dan menjauhi perbuatan fitnah 
 
45.  Kalimat  berupa  majas  dalam  paragraf  ke-2  kutipan  cerpen  tersebut  terdapat  pada  kalimat             
bernomor   
A.  (1), (2), dan (3) 
B.  (1), (4), dan (5) 
C.  (2), (3), dan (4) 
D.  (5), (6), dan (7)

 

PRA UN SMA 2017   14 
 

E.  (6), (7), dan (8) 
46.  Cermati larik pantun berikut! 
Di malam hari menonton wayang 
Dalangnya bercerita piawai sekali 
Dalam sehari-hari berkasih sayang 
 
 
L arik  yang tepat  untuk melengkapi pantun  tersebut adalah    
A.  Hidup damai senanglah hati 
B.  Janganlah bimbang mari kemari 
C.  Membaca tembang, kita menari,  
D.  Siapa bilang, tak senang di sini 
E.  Selamat datang, tuan putri 
 
47.  Cermati isi sebait Gurindam Dua Belas  berikut! 
Mengumpat dan memuji hendaklah pikir 
Di situlah banyak orang yang tergelincir 
 
Amanat yang terdapat pada isi bait gurindam tersebut adalah   
A.  Orang yang dipuji akan tersanjung secara belebihan, senang hati, dan membalasnya, tetapi orang 
yang dicela malah akan sebaliknya. 
B.  Untuk  memuji  seseorang  hendaklah  dipikirkan  dulu,  apakah  orang  tersebut  pantas  mendapat 
pujian, begitu pula dengan akan mencela seseorang. 
C.  Memuji  dan  mencela  adalah  dua  hal  yang  tidak  bisa  dipisahkan  dalam  kehidupan  sehari  hari 
sepanjang masa. 
D.  Orang akan lebih ringan mulutnya untuk mencela, sementara berat sekali apabila untuk memuji 
seseorang. 
E.  Pujian yang diberikan kepada seseorang, belum tentu dilakukan dengan tulus dan ikhlas, tetapi 
sebaliknya, celaan ditumpahkan dengan sepenuh hati. 
 
48.  Cermati isi kutipan novel  berikut! 
Awalnya  Nagabonar  tak  mengetahui  maksud  sebenarnya  Bonaga  mengajaknya  ke  Jakarta. 
Sesampai di Jakarta barulah Bonaga mengutarakan maksudnya mengajak ayahnya ke Jakarta adalah 
untuk  menyampaikan  keinginannya  untuk  membangun  sebuah  resort  di  perkebunan  sawit  milik 
ayahnya.  Tentu  saja  hal  ini  ditolak  mentah-mentah  oleh  Nagabonar  karena  di  perkebunan  itu 
terdapat  ketiga  kuburan  orang-orang  yang  dicintainya.  Apalagi  ketika  mengetahui  bahwa  calon 
investornya  adalah  orang-orang  Jepang,  bangsa  yang  dimusuhi  oleh  Nagabonar  semenjak  jaman 
perjuangan dulu. 
Selain  konflik  soal  perkebunan  kelapa sawit  ada  pula  kisah cinta  antara  Bonaga  dan  Monita. 
Sebetulnya mereka saling mencintai. Namun, Bonaga yang dibesarkan tanpa sentuhan seorang ibu 
mengalami kesulitan untuk menyatakan cintanya secara langsung pada Monita, padahal pernyataan 
cinta inilah yang ditunggu-tunggu Monita sebagai seorang wanita. 
Di antara dua konflik tersebut dikisahkan juga kisah perjalanan Nagabonar berkeliling Jakarta 
dengan bajay yang dikemudikan Umar yang kelak akan menjadi sahabatnya selama di Jakarta. Pada 
deskripsi  inilah  banyak  terjadi  kelucuan  dan  kritik -kritik  Nagabonar  terhadap  kehidupan  sosial  di 
Jakarta. Antara lain soal  bajay yang tidak boleh masuk kawasan protokol, patung Jendral Sudirman 
yang menghormati mobil-mobil yang berseliweran di depannya, sikap para pemakai jalan di  Jakara, 
arti kepahlawanan , dll. 
 
Kalimat resensi berupa keunggulan novel  tersebut adalah    
A.  Cerita  ini  hampir  semua  sudah  mengetahuinya  karena  sudah  diangkat  menjadi  cerita  yang 
difilmkan atau layar lebar.

 

PRA UN SMA 2017   15 
 

B.  Keseriusan  dan  ketegangan  dalam  cerita  membuat  para  pembaca  berdebar-debar  untuk 
menyelesaikan membaca. 
C.  Jarang sekali ditemukan novel yang ringan dan banyak diminati pembaca karena temanya sangat 
sehari-hari. 
D.  Isi  ceritanya  masalah  serius  dan  berisi  kritikan,  tetapi  dipadu  dengan  kelucuan  sehingga 
membuat cerita menjadi menarik dan tidak membosankan. 
E.  Gaya  penceritaan  pengarang,  mencirikan  karateristik  peribadi  pengarangnya  sendiri  sehingga 
terkesan pantulan jiwa pengarang dalam cerita. 
 
49.  Cermati isi kutipan novel  berikut! 
Guna-guna yang diteluhkan ke Nilam ialah perempuan itu kerap terlihat memakai kerudung api. 
Di ubun-ubunnya, seolah api serupa unggun menyala, menjalar, dan berkobar. Sehingga setiap lelaki 
hendak menikahinya, jelang akad, batal karena ketakutan. Beberapa lelaki yang semapat meminang 
dan  hampir  sampai  prosesi  akad  seperti  Tanbara,  Zulkifli,  dan  banyak  lagi.  Semua  undur?  bukan 
teratur? terbirit-birit karena takut setelah melihat di ubun-ubun Nilam serupa tungku yang menyala, 
berkobar, dan menjalar. 
 
Kalimat kalimat kritik berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah   
A.  Cerita lebih cenderung berbau mistik dan terkesan seperti dongeng. 
B.  Pengarang cerpen ini memiliki keterampilan memilih masalah cerita. 
C.  Gambaran budaya suatu daerah tergambar jelas dalam kutipan tersebut. 
D.  Amanat yang disajiakan sangat jelas ditujukan untuk kaum remaja. 
E.  Latar cerita menggambarkan suasana khusus dalam hati para pembaca. 
 
50.  Cermati isi kutipan cerpen  berikut! 
Di  sepanjang  usianya,  Banun  Kikir  tak  pernah  membeli  minyak  tanah  untuk  mengasapi  dapur 
keluarganya. Perempuan itu menanak nasi dengan cara menyorongkan seikat daun kelapa kering ke 
dalam tungku, dan setelah api menyala, lekas disorongkannya pula beberapa keping kayu bakar yang 
selalu tersedia di bawah lumbungnya. Saban petang, selepas bergelimang lumpur sawah, daun-daun 
kelapa  kering  itu  dipikulnya  dari  kebun  yang  sejak  lama  telah  digarapnya.  Mungkin  sudah  tak 
terhitung berapa jumlah simpanan Banun selama ia menahan diri untuk tidak membeli minyak tanah 
guna menyalakan tungku. Sebab, daun-daun kelapa kering di kebunnya tiada bakal pernah berhenti 
berjatuhan. 
 
Kalimat esai (tanggapan) berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah   
A.  Watak pelaku dalam cerita adalah seorang yang kikir digambarkan secara langsung. 
B.  Latar cerita tergambar dengan jelas di sebuah pedesaan yang ditandai dengan sawah. 
C.  Penduduk desa berprofesi sebagai petani yang hanya mengerjakan sawah ladang 
D.  Isi cerita mengungkapkan seorang penduduk desa yang sangat hemat. 
E.  Sewaktu membaca cerpen, timbul kesan ke zaman suasana dahulu hidup di desa. 
 


BILA SOAL KURANG JELAS BISA DOWNLOAD FORMAT PDF DISINI


NB : UNTUK MELIHAT KUNCI JAWABAN SILAHKAN KESINI 


                   

                     Latihan Soal Pra Ujian Nasional Bahasa Inggris SMA/MA 2017


                     Prediksi Soal Matematika UN SMA/MA 2017 Dan Kunci Jawaban



Untuk paket soal prediksi UN SMA yang lain insyaallah akan diunggah secepatnya, dan soal-soal lainnya bisa anda lihat pada bagian kanan blog ini. Jadi selalu kunjungi blog ini untuk mengetahui update terbarunya ya!


Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Contoh Soal UN Bahasa Indonesia Paket B IPA SMA/MA 2017 dapat bermanfaat untuk adik adik semua yang sedang mencari beberapa refrensi ataupun mencari contoh soal ujian nasional ini. Dan semoga dapat bermanfaat untuk belajar dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sesunggguhnya. Dan jangan lupa untuk share untuk temannya yang membutuhkan contoh latihan soal ini, karena sebuah kebaikan sekecil apapun nantinya akan mendapatangkan kebaikan pula yang lebih besar untuk diri sobat semuanya.  

Related Posts

Contoh Soal UN Bahasa Indonesia Paket B IPA SMA/MA 2017
4/ 5
Oleh