Contoh soal UN ini Universitas Gunadarma merupakan soal yang valid sebagai bahan latihan UN SMA 2017 karena telah disusun sesuai Kisi-kisi SKL UN 2017. Dan dalam beberapa tahun ini kami telah meninjau dengan keakuratan soal ujian nasional ini yang memang sangat tepat dan tidak meleset dengan soal UN yang sesungguhnya.
Ini bukanlah sebuah bocoran soal ujian nasional, namun ini hanyalah sebuah sarana untuk bekal dalam pembelajaran soal soal ujian nasional yang dapat adik adik latih dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sebenarnya.
Langsung saja simak Soal Bahasa Indonesia Ujian Nasional IPA SMA 2017 :
P E T U N J U K U M
U M
1. Sebelum mengerjakan
ujian, telitilah terlebih
dahulu jumlah dan
nomor halaman yang
terdapat pada naskah ujian.
2. Tulislah nomor
peserta Saudara pada
lembar jawaban, sesuai
dengan petunjuk yang
diberikan oleh panitia.
3. Bacalah dengan
cermat setiap petunjuk yang berisi penjelasan cara menjawab soal.
4. Jawablah terlebih
dahulu soal-soal yang
menurut Saudara mudah,
kemudian lanjutkan
dengan menjawab soal-soal yang lebih sukar sehingga semua
soal terjawab.
5. Tulislah jawaban
Saudara pada lembar
jawaban ujian yang
disediakan dengan cara
dan
petunjuk yang telah diberikan oleh petugas.
6. Untuk keperluan
coret-mencoret dapat menggunakan
tempat yang kosong
pada naskah
ujian ini dan jangan sekali-kali menggunakan lembar
jawaban.
7. Selama ujian
Saudara tidak diperkenankan
bertanya atau meminta
penjelasan mengenai
soal-soal yang diujikan kepada siapapun, termasuk pengawas
ujian.
8. Setelah ujian
selesai, harap Saudara
tetap duduk di
tempat sampai pengawas
datang ke
tempat Saudara untuk mengumpulkan lembar jawaban.
9. Perhatikan agar
lembar jawaban ujian
tidak kotor, tidak
basah, tidak terlipat
dan tidak
sobek.
10. Jumlah soal
sebanyak 50 butir, setiap butir soal terdiri atas 5 (lima) pilihan
jawaban.
11. Kode naskah
ujian ini 03
PRA UN SMA 2017
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan
2.
Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah
disajikan dengan berbasis teks, baik
lisan maupun tulis,
dengan menempatkan Bahasa
Indonesia sebagai wahana
untuk
mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara
penyajian perasaan dan pemikiran dalam
berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah,
dan konteks suatu teks ditekankan
sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang
terkandung dalam suatu teks maupun
menyajikan
perasaan dan pemikiran
dalam bentuk teks
yang sesuai sehingga
tujuan
penyampaiannya tercapai untuk menggugah perasaan ataukah
untuk memberikan pemahaman.
1. Ide pokok paragraf
tersebut adalah
A. pembelajaran pada
kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013
B. pembelajaran
Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah
C. pembelajaran yang
sangat dianjurkan pada kurikulum 2013
D. penyajian perasaan
dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks
E. penyajian perasaan
dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai
2. Tujuan penulis
menyajikan isi teks tersebut adalah
A. mengimbau agar
pendidik mengubah cara pembelajaran
Bahasa Indonesia
B. mengingatkan
pendidik supaya pembelajaran Bahasa
Indonesia berbasis teks
C. menjelaskan
pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan Menengah
D. mendeskripsikan
pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan Menengah
E. membandingkan cara
pembelajaran dengan berbasis teks dengan yang tidak
Cermati paragraf berikut.
(1) Pada Kurikulum
2013 yang menekankan
pentingnya keseimbangan kompetensi
sikap,
pengetahuan, dan keterampilan. (2) Kemampuan berbahasa yang
dituntut tersebut dibentuk melalui
pembelajaran
berkelanjutan. (3) Pembelajaran
dimulai dengan meningkatkan
pengetahuan tentang
jenis, kaidah, konteks suatu teks. (4) Setelah itu, dilanjutkan
dengan keterampilan menyajikan suatu
teks tulis dan
lisan, baik terencana
maupun spontan yang
bermuara pada pembentukan
sikap
kesantunan dan kejelian
berbahasa (5) Sikap
penghargaan terhadap Bahasa
Indonesia sebagai
warisan budaya bangsa pun sangat diutamakan sehingga peserta
didik mencintai, menghargai, dan
peduli dalam memelihara bahasa Indonesia, baik lisan maupun
tulis.
3. Kalimat utama
paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 4 5.
(1) Usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk
mencapai kompetensi materi pelajaran
yang diharapkan haruslah
diupayakan oleh pendidik
dan peserta didik
dalam pembelajaran. (2)
Untuk mencapai itu semua, pendidik harus menyiapkan
pembelajaran dengan pendekatan dan model
pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang dibahas. (3)
Di samping itu, peserta didik secara
merata harus dilibatkan
dalam pembelajaran dan
diajak berani untuk
mencoba dan menemukan
sendiri untuk mencapai
kompetensi pembelajaran tersebut.
(4) Peserta didik
pun harus mencari
sumber belajar lain
yang tersedia dan
terbentang luas di
sekitarnya
sebanyak-banyaknya. (5)
Pendidik dapat memperkaya kreasi pembelajaran dalam bentuk
kegiatan-kegiatan lain yang sesuai
dan relevan dengan daya serap peserta didik, lingkungan
sosial, dan alam.
PRA UN SMA 2017
4. Yang tidak padu
pada paragraf tersebut adalah kalimat bernomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
5. Makna istilah
kompetensi pada kalimat dalam paragraf
tersebut adalah
A. keinginan
mencoba
B. kesungguhan
menggali
C. kecepatan
menangkap
D. kekuatan
menyelesaikan
E. kemampuan
menguasai
Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal 6
9.
(1) Menurunnya debit air dalam hitungan bulan, tampaknya
akan menjadi pembenaran akan prediksi
ahli tentang krisis yang terjadi di palembang. (2)
Diperkirakan banyak penyebab menurunnya debit
air ini, seperti
yang dituduhkan orang
penyebabnya adalah penebangan
liar yang tidak
terkendali
lagi. (3) Dipersalahkan pula pembakaran hutan yang menyebabkan
menurunnya debit air. (4) Pihak
PDAM setempat melakukan
pengukuran terhadap debit-debit
air yang ada
untuk memprediksi
seberapa lama kekeringan akan terjadi. (5) Beberapa daerah
juga mengalami penurunan yang sama
setelah
dilakukan pengukuran debit
air. (6) Jika
tidak ada upaya
pemda setempat untuk
menanggulangi
hal ini, diprediksi
lahan gundul akan
terus meningkat. (7)
Akibatnya, kekeringan
akan terus melanda
daerah ini. (8)
Reboisasi dirasakan perlu
untuk menanggulangi masalah
sekaligus menjadi solusi jangka panjang bagi kekeringan yang
akan terjadi pada suatu daerah yang
akan membuat masyarakat menderita.
6. Yang berupa fakta
pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (4) dan (5)
D. (6) dan (7)
E. (7) dan (8)
7. Opini penulis yang
sesuai dengan isi tajuk rencana tersebut adalah
A. Penurunan debit
air dalam hitungan
bulan sudah menjadi
pembenaran akan prediksi
ahli di
palembang.
B. Pencegahan penggundulan
hutan dan reboisasi
harus dilakukan agar
kekeringan tidak terjadi
lagi.
C. Perkiraan banyak
penyebab menurunnya debit air oleh penebangan liar yang mencari untung.
D. Pengukuran terhadap
debit-debit air yang
ada untuk memprediksi
seberapa lama kekeringan
akan terjadi.
E. Penanggulangan
kekeringan terhadap hal ini untuk mencegah mengundulan lahan akan teratasi
segera.
8. Pihak yang dituju
dalam isi opini penulis pada tajuk rencana tersebut adalah
A. pemda
setempat
B. pemerintah
pusat
C. penebang liar
D. pembakar
hutan
E. masyarakat
setempat
PRA UN SMA 2017
9. Keberpihakan
penulis (editorial) pada kutipan tersebut adalah kepada
A. pemda
setempat
B. pemerintah
pusat
C. penebang liar
D. pembakar
hutan
E. masyarakat
setempat
10. Cermati kedua
kutipan teks berikut.
Teks 1 Teks 2
Buku ini dipersiapkan
untuk mendukung
kebijakan
kurikulum yang sedang
berlaku.
Buku ini juga
tidak hanya me mp e rta h an ka n
b a h asa In d o n e
sia b era d a da la m d a ftar p elaja
ran
d i se ko la h , teta pi
ju ga me n ega ska n p e n tin gn ya
ke b era d aa n b a
ha sa In d o n es ia se b aga i
pe n gh e la
d a n p e mb a w
a b e rb a ga i il mu
p e n ge ta h ua n .
De n ga n p a ra d
igma b a ru ters eb u t,
Ba da n Ba ha sa
te rpa n ggil u ntu
k b e rtind a k me n ja di
a ge n
p e ru ba h an pe mb
e lajara n b a h asa In d o n e sia di
s eko la h . P e ru
b a ha n p e mb e laja ran itu
te rc ermin
d a la m b u ku ya n
g d ira n ca ng , ya itu b erb a sis te ks
in i, s esu a i tu
ntuta n ku riku lu m.
S e b a ga i e d is
i p erta ma , k a mi
p e n u lis b u ku ini
s an ga t te rbu
ka u n tu k me n erima
kritik d a n s ara n
d a ri be rba ga i p ih a k.
Ka mi a ka n te ru s me la ku ka n
p e rb aika n d a
n p en ye mp u rn a an . Un tu k
itu , ka mi
me ngu n d a n g p a
ra p e mb a ca memb e rika n kritik,
s aran , da n ma su ka n
un tu k p e rb a ika n d a n
p e n ye mp u rn a an
b u ku ini d a n
u ntu k e d is i
b e riku tn ya . Ata
s ko n trib u s i ters eb u t
d a pa t
memb e rika n ya
ng te rb a ik b a gi
kema ju a n d u nia
p e n d idika n d
ala m ra ng ka memp e rs iap ka n
ge n era si s era
tus ta h un In d on e sia Merd e ka
(2 0 4 5) .
U n tu k itu ka mi
me ng u c ap k a n terima ka sih .
Perbedaan isi yang terdapat pada kedua kutipan tersebut
adalah
Teks 1 Teks 2
A. penjelasan isi pentimg
sebuah buku manfaat isi buku bagi pembaca
B. buku yang sangat
sesuai dengan kurikulum pihak penulis
yang bertanggung jawab
C. pemaparan
pentingnya bahasa Indonesia pentingnya
kritik dan saran bagi penulis
D. tujuan
penyajian atau diterbitkan buku harapan
penulis kepada pembaca
terhadap
buku
E. perubahan yang
terjadi pada kurikulum kemajuan
pendidikan masa mendatang
11. Cermati kutipan
biografi berikut.
Kata Andrea diambil
dari nama seorang
wanita yang nekat
bunuh diri bila
penyanyi pujaannya,
yakni Elvis Presley tidak membalas suratnya. Sedangkan Hirata sendiri diambil dari nama kampung
dan bukanlah nama orang Jepang seperti anggapan orang
sebelumnya. Sejak remaja itulah, pria asli
Belitong ini mulai
menyandang nama Andrea
Hirata. Andrea tumbuh
seperti halnya anak- anak
kampung lainnya. Dengan
segala keter batasan, Andrea
tetap menjadi anak
periang yang sesekali
berubah menjadi pemikir saat menimba ilmu di sekolah. Selain
itu, ia juga kerap memiliki impian
dan mimpi - mimpi di masa depannya.
Seperti yang diceritakannya dalam novel Laskar Pelangi, Andrea kecil bersekolah di sebuah sekolah
yang kondisi bangunannya
sangat mengenaskan dan
hampir rubuh. Sekolah
yang bernama SD
Muhamadiyah tersebut diakui Andrea cukuplah memperihatinkan.
Namun karena ketiadaan biaya, ia
terpaksa bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip
sebagai kandang hewan ternak. Kendati
harus menimba ilmu di bangunan yang tidak nyaman, Andrea
tetap memiliki motivasi yang cukup
besar untuk belajar.
Di sekolah itu
pulalah, ia bertemu
dengan sahabat - sahabatnya yang
dijuluki
dengan sebutan Laskar Pelangi.
Keteladan yang terdapat pada
diri Anrea sesuai isi kutipan biografi tersebut adalah
A. Mengambil nama
untuk diri sendiri
dengan nama yang
memiliki nilai sejarah
untuk
dikenangnya.
PRA UN SMA 2017
B. Andrea tetap
memiliki motivasi belajar walau bersekolah di tempat yang memprihatinkan.
C. Andrea seorang
periang, rajin belajar, dan terkenal
sebagai seorang pemikir saat menimba ilmu.
D. Sangat mencintai
kampung halamannya dan
juga sahabat-sahabatnya yang
disebutnya Laskar
pelangi.
E. Dia tidak merasa
terpaksa bersekolah di sekolah yang
bentuknya lebih mirip sebagai kandang
ternak.
Cermati kutipan dialog berikut untuk menjawab soal nomor 12
dan 13.
(1) Hani
(2) Syakira harganya cocok untuk membeli sepeda yang
baru, Han.
(3) Hani
(4) Syakira
(5) Hani
(6) Syakira -mudahan,
harganya tidak lebih
dari uang yang
aku punya, ya
Syakira,
12. Hal yang
diprioritaskan dalam dialog/negosiasi tersebut adalah
A. kepastian harga
sepeda
B. keinginan membeli
sepeda
C. kepastian menjual
sepeda
D. keraguan menjual
sepeda
E. kekhawatiran harga
sepeda
13. Kalimat imperatif
di antara kalimat yang tersaji pada dialog tersebut adalah yang bernomor
A. (1)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
E. (6)
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 14
16.
(1) Teks dapat
diperinci menjadi berbagai
jenis teks, yaitu
deskripsi, penceritaan (recount),
prosedur,
laporan, eksplanasi, eksposisi,
diskusi, surat, iklan,
catatan harian, negosiasi,
pantun,
dongeng, anekdot, dan fiksi sejarah. (2) Semua itu dapat
dikelompokkan ke dalam teks cerita, teks
faktual, dan teks tanggapan. (3) Dua kelompok yang disebut
terakhir itu merupakan teks nonsastra
yang masing-masing dapat dibagi menjadi teks laporan dan
teks prosedural, transaksional, dan teks
ekspositorial.
Sementara itu, teks
cerita merupakan jenis teks sastra
yang dapat diperinci
menjadi
teks cerita naratif dan teks cerita nonnaratif.
14. Maksud kata acuan
itu yang bercetak miring pada kalimat ke-2 paragraf tersebut adalah
A. teks dapat
B. dapat
diperinci
C. menjadi
berbagai
D. diperinci
menjadi
E. jenis teks
15. Inti kalimat
pertama pada paragraf tersebut adalah
A. teks diperinci
menjadi berbagai teks
B. jenis teks setelah
dilakukan perinciannya
C. perincian teks
dalam berbagai jenis teks
D. beragam teks yang
dapat diperinci
E. diketahui jenis
perincian teks
PRA UN SMA 2017
16. Kesalahan
penggunaan kata pada paragraf tersebut adalah
A. diperinci pada
kalimat (1) seharusnya dirinci
B. faktual pada
kalimat (2) seharusnya factual
C. nonsastra pada
kalimat (3) seharusnya tak sastra
D. ekspositorial pada
kalimat (4) seharusnya ekspositori
E. nonnaratif pada
kalimat (5) seharusnya tidak narasi
17. Cermati
penggunaan tanda baca pada kalimat berikut.
Ketika memperkenalkan diri, kepada orang lain, seseorang
menggunakan teks deskripsi.
Perbaikan penggunaan tanda koma pada kalimat tersebut
adalah
A. Ketika,
memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang, menggunakan teks
deskripsi.
B. Ketika
memperkenalkan, diri kepada orang lain, seseorang menggunakan teks
deskripsi.
C. Ketika
memperkenalkan diri kepada orang lain, seseorang menggunakan teks
deskripsi.
D. Ketika,
memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang, menggunakan teks
deskripsi.
E. Ketika,
memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang menggunakan teks deskripsi.
18. Cermati
penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut.
(1) Buku, majalah,
dan jurnal termasuk sumber
kepustakaan.
(2) Saya ingin
membeli kamera, tetapi uang saya belum cukup.
(3) Jad i wajar,
kalau dia menjadi bintang pelajar.
(4) Mes kipun demikian anak -anaknya, berhasil menjadi sarjana.
(5) Agar memiliki
wawasan yang luas kita, harus banyak membaca buku.
(6) Jadi wajar kalau
dia, menjadi bintang
Penggunaan tanda baca
yang tepat terdapat pada kalimat bernomor
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (5) dan (6)
19. Cermati paragraf
berikut.
Fungsi bahasa sebagai ekspresif berkenaan dengan penggunaan
bahasa untuk menampilkan hal-hal
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah
A. fikiran
B. kepikiran
C. terfikirkan
D. pikiran
E. pemikiran
20. Cermati
penggunaan kata serapan pada kalimat berikut.
Fungsi tekstual adalah fungsi bahasa yang terkait dengan
cara penciptaan teks, baik lisan maupun
tulis yang runtut
dan yang sesuai
dengan konteks. Fungsi
ekspresif berhimpitan dengan
fungsi
tekstual dapat digunakan dalam hal mengungkapkan diri
pembicara atau penulis, baik melalui media
tulis maupun lisan. Fungsi sosial juga disebut fungsi
impersonal (hubungan antarsesama)
PRA UN SMA 2017
Pebaikan kata serapan tersebut yang tepat adalah
A. impersonalia
B.
impersonalitas
C.
interpersonalis
D. impersonal
E. interpersonal
21. Cermati penulisan
judul berikut.
Saya membaca buku
teknik membaca puisi
di atas pentas
sebelum mengikuti lomba
baca puisi
dalam peringatan Bulan Bahasa.
Perbaikan penulisan judul buku tersebut adalah
A. Teknik membaca
puisi di atas pentas
B. Teknik membaca
Puisi di atas pentas
C. Teknik Membaca
Puisi di atas pentas
D. Teknik Membaca
Puisi di Atas Pentas
E. Teknik Membaca
Puisi Di Atas Pentas
22. Cermati paragraf
berikut.
Mereka ini melakukan
perjuangan yang panjang
sehingga mereka menemukan
solusi yang tepat
menjadi orang yang sukses dalam bidangnya, yaitu
kewirausahaan. Sebagai orang yang pandai atau
berbakat mengenali
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah
A. produk
B. produsen
C. produktivitas
D. produktif
E. produksitas
23. Cermati paragraf
berikut.
Selanjutnya,
kalian tentu mengenal
salah seorang perancang
yang fenomenal di
dunia busana
muslim tanah air, Dian Pelangi. Perempuan multitalenta
kelahiran Palembang tahun 1991 itu dalam
usia belia mampu menembuskan produk busana muslimnya ke
mancanegara. Kemampuannya untuk
membuat busana muslim
yang tidak biasa
dengan citra dan
gaya tersendiri menempatkan
Dian
Pelangi seorang perancang
yang patut diperhitungkan.
Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah
A. murah sekali
B. sangat banyak
C. sangat bagus
D. sangat
sederhana
E. amat indah
PRA UN SMA 2017
24. Cermati paragraf
berikut.
Banjir bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi
dan waktu yang lama pada daerah aliran
sebab akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah
A. sehingga
B. karena
C. jika
D. agar
E. ketika
25. Cermati
penggunaan konjungsi dalam paragraf berikut.
Hujan yang jatuh ke tanah airnya akan menjadi aliran
permukaan di atas tanah dan sebagian meresap
ke dalam tanah. Hal ini sangat bergantung pada kondisi
tanahnya. Hutan yang bisa menahan aliran
permukaan cukup besar
diganti menjadi permukiman
dengan resistensi aliran
permukaan kecil
sehingga suatu kawasan hutan diubah menjadi permukiman.
Akibatnya, ada aliran permukaan
tanah
menuju sungai dan hal ini berakibat adanya peningkatan debit
alir an sungai yang besar.
Perbaikan kata konjungsi yang bercetak miring pada paragraf
tersebut adalah
A. bahwa
B. bahkan
C. laksana
D. walau
E. ketika
26. Cermati paragraf
berikut.
Pagi itu kami menempuh perjalanan selama dua jam menuju
lokasi wisata pantai. Kami menikmati
keindahan
panorama alam pantai
sambil
A. berjalan-jalan,
wisatawan-wisatawan, berkejar-kejaran
B. berjalan-berjalan,
wisatawan-wisatawan, berkejaran-kejaran
C. berjalan-jalan,
wisata-wisatawan, kejar-kejarkan
D. jalan-jalan,
wisatawan-wisatawan, terkejar-kejarkan
E. jalan-jalani,
wisatawan-wisatawan, berkejar-kejaran
27. Cermati paragraf
berikut.
Perubahan tata guna lahan
merupakan penyebab utama banjir dibandingkan dengan yang lainnya.
Apabila suatu
hutan yang berada
dalam suatu aliran sungai
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. dirubah, bermukim,
perubahan
PRA UN SMA 2017
B. diubah,
permukiman, perubahan
C. diubah,
permukiman, pengubahan
D. berubah,
permukiman, perubahan
E. berubah, bermukim,
berubah
28. Cermati deretan
kalimat berikut.
(1) Masukkan tana h
ke wadah sebagai alas dan siram dengan air.
(2) Pilah -pilih sampah
dan pisahkan antara
sampah plastik dan
sampah daun -daun tanaman
organik.
(3) Sediakan wadah
yang layak (ember, tong, atau wadah) yan g dirasa cukup layak. Usahakan
tempat yang A nda
sediakan mempunyai tutup sehingga
nantinya bisa terhindar dari binatang
lalat, tikus atau mungkin terkontaminasi air hujan.
(4) Letakkan wadah
tadi di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan biarkan
wadah
tersebut selama kurang lebih tiga minggu.
(5) Tutup la pisan
daun, sampah rumah tangga tadi dengan tanah lagi dan siram kembali dengan
air, lalu tutup wadah sampah tadi menggunakan tutup yang
sudah disediakan. Fungsi penutup
ini untuk menghindarkan calon kompos tadi air hujan dan lalat.
(6) Masukkan sampah
daun -da un dan sampah
limbah rumah tangga
ke dalam wadah
di atas
lapisan tanah tadi,
ratakan sampai kira -kira ketebalannya sama dengan ketebalan tanah yang
tadi dimasukkan.
Urut an kalimat
tersebut yang tepat sehingga
menjadi sebuah paragraf prosedur
adalah
A. (1), (3), (6),
(2), (5), dan (4)
B. (2), (3), (1),
(5), (6), dan (4)
C. (3), (1), (2),
(6), (5), dan (4)
D. (4), (3), (6),
(2), (1), dan (5)
E. (5), (1), (4),
(3), (2), dan (6)
29. Cermati paragraf
deskripsi berikut.
Pagi ini udara dingin sekali. Cuaca cerah. Tampak langit
tidak berawan. Karena masih pagi, hanya
tampak beberapa orang sedang berjalan santai dan
berlari-lari kecil berolahraga dengan berpakaian
olahraga. Kendaraan bermotor juga sangat jarang yang
lewat.
Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah
A. Sangat tenang
sepanjang hari itu terasa.
B. Masih sejuk dengan
semilir angin berhembus.
C. Seakan masih malam
karena heningnya keadaan.
D. Sangat lengang
pagi itu karena tanpa aktivitas.
E. Jadi, pagi yang
cerah itu terasa lengang
30. Cermati paragraf
narasi berikut.
Gibran kembali ke Boston pada 1902 karena mendapat kabar
bahwa ibunya sakit keras. Ibu yang
sangat memengaruhi Gibran ini akhirnya meninggal pada Juni
1903 setelah didahului oleh adiknya,
Sultana (4 April 1902) dan kakaknya Boutros (12 Maret 1903).
Kematian orang-orang yang sangat
yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut
adalah
A. Itulah kebiasaan
yang dilakukan oleh para penulis bila sedang berkarya.
B. Tidak menduga
sedikit pun dia akan mengalami peristiwa yang sedih ini.
C. Dia sangat
menyayangi orang yang berada di sekitarnya dan keluarganya.
D. Kesan ini sangat
jelas terekspresikan dalam karya-karya yang ditulisnya.
E. Dia merasa sedih
ditinggal pergi selamanya oleh orang yang disayangnya.
PRA UN SMA 2017
31. Cermati paragraf
berikut.
Bakat
kesusastraan dan melukis
Gibran mulai menonjol
sejak ia bersekolah
di Boston (1895
yang tepat untuk melengkapi simpulan paragraf tersebut
adalah
A. Dengan ketekunannya
dan kesungguhan belajar
itu, dia berhasil
menjadi seorang pelukis
dan
pematung yang andal.
B. Dirinya sendiri
tidak menyangka akan
mengalami hidup berpindah-pindah karena
kesulita
ekonomi keluarga.
C. Ke mana pun seorang
seniman, akan selalu memanfaatkan waktu dan situasi untuk menuangkan
suasana hatinya.
D. Memang sangat
diperlukan latihan secara
bersinambung untuk memperoleh
ketempilan sesuai
bakat seseorang.
E. Jadi, dia sangat
menerima kehidupan apa pun yang sedang menimpa dirinya dengan sabar dan
tidak berputus asa.
32. Cermati pendapat
berikut.
Pendapat:
Seseorang yang banyak membaca akan terampil dalam
menulis
Argumen:
(1) Membaca memperluas
wawasan pergaulan dan
persahabatan karena otomatis
akan suka
menulis dan bertukar karya tulis
(2) Membaca
menjadikan otak seseorang akan selalu ingin menulis dalam berbagai
bentuk.
(3) Membaca merangsang
terbentuknya informasi baru
di sistem daya
ingat yang siap
dipanggil
kapan saja , terutama saat menulis.
(4) Membaca membuat
jalan pikiran sesorang
positif dan berperilaku
baik dalam berbuat
atau
bertindak .
(5) Membaca memperkaya
kosa kata, pilihan
kalimat, dan cara
penyajian ya ng bisa
Anda pakai
dalam menulis.
Kalimat argumen yang
sesuai untuk pendukung pendapat tersebut adalah bernomor
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)
33. Cermati kalimat
berikut.
Karena hidup dalam
dua kutub ranah
budaya, Timur dan
Barat, maka Gibran
menjelma menjadi
manusia kosmopolit yang tidak terikat pada kebangsaan dan
kebudayaan tertentu.
Perbaikan kalimat tersebut dengan alasan yang tepat
adalah
A. Membuang salah
satu konjungsi karena
atau maka karena
penggunaan keduanya, kalimat
tersebut tidak memiliki induk kalimat (tidak sempurna)
B. Penggunaan koma
(,) sebelum kunjungsi maka tidak tepat (salah) karena maka berupa
konjungsi
kalimat majemuk yang terdapat di tengah kalimat.
PRA UN SMA 2017
10
C. Konjungsi karena
tidak tepat diletakkan
di awal kalimat,
seharusnya ditempatkan di
tengah
kalimat untuk menyatakan sebab.
D. Konjungsi maka
tidak tepat diletakkan
di awal kalimat,
seharusnya ditempatkan di
tengah
kalimat untuk menyatakan akibat dan diberi tanda koma
sebelumnya.
E. Membuang konjungsi
maka dan tidak
membuang koma menjadikan
kalimat tersebut efektif
karena memiliki induk kalimat dan anak kalimat.
34. Cermati ilustrasi
berikut.
Safri meminjam sepeda
Tono. Namun, sebelum
dipakai Safri, Tono
berpesan agar berhati-hati,
jangan sampai jatuh, dan rusak karena sepeda itu hadiah
ulang tahun dari kakaknya. Akan tetapi,
Safri tidak mengindahkan
pesan Tono. Dia
memacu sepedanya dengan
kencang dan akhirnya
tersungkur masuk got. Sepeda Tono rusak, stangnya bengkok.
Dia menyerahkan begitu saja sepeda
itu kepada Tono.
Tono meminta Safri
untuk memperbaiki, tetapi
Safri tidak mau.
Dia hanya
meminta maaf dan berlalu meninggalkan Safri dengan sepedanya
yang sudah rusak itu.
Ungkapan yang sesuai dengan perilaku Safri sesuai ilustrasi
tersebut adalah
A. sembunyi
tangan
B. panjang
tangan
C. lepas tangan
D. berat tangan
E. berpangku
tangan
35. Cermati ilustrasi
berikut.
Ketika seseorang sedang
berjaya dan suka
membantu orang yang
serba kekurangan. Karena
kebaikannya itu, dia disukai dan disanjung-sanjung. Akan
tetapi, pada saat dia mengalami musibah
dan tidak mampu lagi berbagi, dia dilupakan begitu saja.
Semua tidak peduli lagi.
Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah
A. Menohok teman
seiring.
B. Habis manis sepah
dibuang.
C. Lempar batu,
sembunyi tangan.
D. Tak ada gading
yang tak retak.
E. Bagai api dalam
sekam.
36. Cermati kedua
kutipan teks cerpen berikut.
Cerpen 1 Cerpen
2
Beberapa tahun lalu,
pesta perkawinan
Gentasari dengan Rustamadji
yang digelar
dengan
menyembelih tiga belas
ekor kambing
dan berlangsung selama tiga hari, tidak berjalan
mulus, bahkan hampir
saja batal. Keluarga
mempelai pria merasa
dibohongi oleh keluarg a
mempelai wanita yang
semula sudah berjanji
bahwa semua urusan
masak - memasak selama
kenduri berlangsung akan dipercayakan kepada
Makaji, juru masak
nomor satu di
Lareh
Panjang ini. Namun, di hari pertama perhelatan,
ketika rombongan keluarga mempelai pria tiba,
gulai kambing, gulai
nangka, gulai kentang,
gulai rebung, dan
aneka hidangan yang
tersaji
ternyata bukan masakan Makaji. Mana mungkin
keluarga calon besan itu bisa dibohongi? Lidah
Merah padam muka
Azrial mendengar nama itu.
Siapa lagi anak
gadis Mangkudun kalau
bukan
Renggogeni,
perempuan masa lalunya. Musabab
hengkangnya ia dari
Lareh Panjang tidak
lain
adalah
Renggogeni, anak perempuan
tunggal
beleng (* semata wayang)
itu.
PRA UN SMA 2017
mereka sudah sangat
terbiasa dengan masakan
Makaji.
(cerpen: Juru Masak)
Perbedaan latar suasana yang terdapat pada kutipan tersebut
adalah
Cerpen 1 Cerpen
2
A. kekecewaan kemarahan
B. kesedihan kekecewaan
C. kekhawatiran kekacauan
D. kekacauan kesediahan
E. kemarahan kekhawatiran
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 37
40.
Tiba-tiba aku ingat lagi pada Kakek dan kedatangannya Ajo Sidi kepadanya. Apakah Ajo
Sidi
telah membuat bualan tentang Kakek? Dan bualan itukah yang
mendurjakan Kakek? Aku ingin tahu.
Lalu aku tanya Kakek lagi:
Robohnya Surau Kami)
37. Konflik pada
diri Kakek dalam kutipan cerita pendek tersebut adalah
A. Ajo Sidi berbual
terhadap Kakek
B. si Aku membuat
rasa marah Kakek
C. kemarahan Kakek
kepada Ajo Sidi
D. Kakek dan Ajo Sidi
bermusuhan
E. si Aku yang
mengganggu Kakek
38. Pendeskripsian
watak Kakek seorang yang emosional sesuai isi kutipan cerita pendek cerpen
tersebut
adalah melalui
A. pikiran-pikiran
tokoh
B. tanggapan tokoh
lain
C. tindakan
tokoh
D. dialog
antartokoh
E. bentuk lahir
tokoh
39. Amanat sesuai isi
kutipan cerpen tersebut adalah
A. Berhati-hatilah
jika menghadapi orang yang sudah tua dan mudah tersinggung karena
perbuatan
itu akan menyakitkan hatinya.
B. Jangan membual
dengan hal yang menyinggung perasaannya orang yang sudah tua karena akan
menimbulkan sakit hati orang tersebut.
C. Hendaklah anak
muda menghormati orang yang sudah lanjut usia, sopan santun, dan membantu
keperluannya dalam berbagai hal.
D. Mari kita
menghibur orang yang sudah tua atau lanjut usia karena mereka suka dengan
hiburan
dan cerita yang lucu yang menghibur.
PRA UN SMA 2017
12
E. Hindari saling
mencela dan mengejek antara anak muda dengan orang tua atau sebaliknya
agar
terhindar dari saling menyinggung.
40. Ringkasan yang
sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah
A. Seseorang yang
sangat kasihan melihat Kakek yang bersedih dan ingin sekali menghiburnya
dan
ingin tahu tentang penyebabnya.
B. Keinginan si kakek
untuk bertemu dengan Ajo Sidi yang membuali dirinya dengan cerita-cerita
sehingga ingin membalasnya.
C. Si Kakek sudah
lama tidak marah-marah karena takut imannya rusak dan dia juga merasa
sudah
lama berbuat baik, beribadat, dan bertawakal kepada
Tuhan.
D. Si Kakek
tukang pengasah pisau
yang sangat taat
beribadah, penolong, dan
tidak suka
mendengarkan cerita-cerita bohong.
E. Bualan Ajo Sidi
terhadap Kakek membuat Kakek sangat marah, tetapi dia redam kemarahannya
karena dia sadar bahwa dia sudah tua.
Cermati novel Layar Terkembang berikut untuk menjawab soal 41 43.
mesin yang mematikan
Hal yang ada pada
kutipan cerita tersebut juga terdapat dalam kehidupan adalah
A. pendapat orang tua
yang sering berlawanan dengan anak muda
B. orang tua yang
merasa sangat rugi telah menyekolahkan anaknya
C. anak muda yang
selalu ingin mencari uang secara berlebihan
D. orang tua dan anak
yang selalu bertukar pendapat dalam berbagai hal
E. keinginan anak dan
orang tua sama-sama ingin mengubah nasib buruk
42. Suasana dalam
kutipan novel tersebut adalah
A.
ketakhawatiran
B. kemarahan
C. keheranan
D. kegelisahan
E. keharuan
43. Makna kata
berlambang mesin yang bercetak miring dalam kutipan novel tersebut adalah
A. canggih
B. kaku
C. berat
D. terpola
E. tertekan
Cermati kutipan karya novel berikut untuk menjawab soal 44
45.
(1)
PRA UN SMA 2017
terang kita mendapat sekian.
44. Nilai-nilai
budaya dalam kutipan cerita novel tersebut adalah
A. Masyarakat yang
selalu membanding-bandingkan pekerjaan orang.
B. Suatu keharusan
seorang anak berbakti kepada orang tua setelah bekerja.
C. Semua keluarga
diharuskan bekerja di kantor dan menghindari usaha sendiri.
D. Masyarakat yang
menganggap rendah seseorang yang tidak bekerja di kantor.
E. Adanya anggapan
masyarakat bahwa kerja kantor lebih baik daripada usaha sendiri.
45. Kalimat berupa
majas dalam kutipan novel tersebut terdapat pada kalimat bernomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
46. Cermati larik
pantun berikut.
Membaca novel Sitti Nurbaya
Nama pengarang nya Marah Rusli
Kita anak muda ayo berkarya
A. Supaya senang
kemudian hari.
B. Kepada orang tua
harus berbakti.
C. Tidak hidup
sendiri-sendiri lagi
D. Kami semua pasti
sangat berani
E. Tidak ada lagi tak
percaya diri
47. Cermati isi
sebait Gurindam Dua Belas berikut.
Hendaklah jadi kepala
Buang perangai yang cela
Amanat yang terdapat pada isi bait gurindam tersebut adalah
A. Jadi kepala
berarti menjadi pemimpin, baik formal maupun nonformal.
B. Ketahuilah, perangai
yang tercela artinya perilaku yang tidak baik.
C. Pemimpin tidak
boleh mempunyai sikap, sifat, perilaku yang tercela.
D. Setiap orang
pastilah akan mampu menjadi pemimpin yang baik.
E. Keteladanan yang
baik dapat dicontoh dari seorang pemimpin.
48. Cermati isi
kutipan cerpen berikut.
Ada saat-saat di mana
Orang Miskin yang Bahagia)
PRA UN SMA 2017
Kalimat resensi berupa keunggulan berdasarkan kutipan cerpen
tersebut adalah
A. Pendeskripsian
suasana dalam cerita sangat hidup dan membuat pembaca terasa ikut serta
dalam
suasana tersebut.
B. Watak tokoh
digambarkan sangat jelas dan wajar, seperti sifat sedih dan sifat malu menerima
kenyataan.
C. Tema yang
diangkat sebagai masalah
yang dipaparkan dalam
isi cerita sangat
menarik bagi
pembaca.
D. Penulis dengan
apik memberikan amanat
dalam cerita sebagai
introspeksi diri bahwa
banyak
orang malu mengakui kemiskinan.
E. Cerpen ini sangat
baik dan cocok dibaca oleh semua lapisan, yaitu anak-anak, dewasa, orang
tua.
49. Cermati isi
kutipan novel berikut.
Ada lagi satu
cerita, yang suka
diulangnya padaku:Suatu malam
ada seorang pencuri
menyatroni rumah orang miskin. Mengetahui hal itu, si miskin
segera sembunyi. Tapi pencuri itu
memergoki dan membentaknya,
Orang Miskin yang Bahagia)
Kalimat kritik berdasarkan kutipan cerpen tersebut
adalah
A. Betapa
menderitanya kehidupan orang miskin yang diungkapkan dalam cerita pendek
tersebut.
B. Cerita yang
diungkapkan dalam cerpen
seperti anekdot karena
berisi sebuah kelucuan
dan
sindiran tehadap orang miskin yang malas.
C. Hal yang
diungkapkan dalam cerpen
tersebut menggambarkan kehidupan
orang-orang miskin
yang malas.
D. Pengarang seakan
kehabisan ide dalam
mencari bahan cerita
sehingga mencerita kehidupan
orang miskin.
E. Terasa pengarang
ingin mencari ide cerita yang berbeda dari cerita yang ditulis oleh pengarang-
pengarang yang lain.
50. Cermati isi
kutipan cerpen berikut.
Dua ekor gajah telah mati, seminggu sebelum kegawatan
semakin memuncak, dan Made Sukari
berlari memberi tanda menuruni bukit. Wajah-wajah pucat dan
gemetar menjalar, melewati ladang,
kebun, dan rumah-rumah yang langsung siaga.
esai (tanggapan) berdasarkan kutipan cerpen tersebut
adalah
A. Penggambaran
betapa pentingnya gajah bagi manusia sehingga banyak orang memburunya.
PRA UN SMA 2017
B. Terbayang dalam
cerita gajah-gajah yang
sedang berkeliaran di
hutan bebas lepas
di habitat
mereka.
C. Kehidupan manusia
dan binatang sangat
berbeda dan memiliki
jarak walaupun mereka
di
lingkungan yang sama.
D. Jarang sekali kita
membaca cerita yang menggambarkan kehidupan gajah secara lengkap seperti
dalam cerpen ini.
E. Pembunuhan gajah
yang dilukiskan dalam
cerita membuat hati
tersentuh, pilu, dan
mengutuk
pelakunya.
NB : UNTUK MELIHAT KUNCI JAWABAN SILAHKAN KESINI
Prediksi Soal Matematika UN SMA/MA 2017 Dan Kunci Jawaban
Untuk paket soal prediksi UN SMA yang lain insyaallah akan diunggah secepatnya, dan soal-soal lainnya bisa anda lihat pada bagian kanan blog ini. Jadi selalu kunjungi blog ini untuk mengetahui update terbarunya ya!
Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Pembahasan Soal Latihan UN Bahasa Indonesia IPA SMA 2017 dapat bermanfaat untuk adik adik semua yang sedang mencari beberapa refrensi ataupun mencari contoh soal ujian nasional ini. Dan semoga dapat bermanfaat untuk belajar dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sesunggguhnya. Dan jangan lupa untuk share untuk temannya yang membutuhkan contoh latihan soal ini, karena sebuah kebaikan sekecil apapun nantinya akan mendapatangkan kebaikan pula yang lebih besar untuk diri sobat semuanya.
Pembahasan Soal Latihan UN Bahasa Indonesia IPA SMA 2017
4/
5
Oleh
agus prasetyo