Sabtu, 04 Maret 2017

Pembahasan Soal Latihan UN Bahasa Indonesia IPA SMA 2017

Pembahasan Soal Latihan UN Bahasa Indonesia IPA SMA 2017 - Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh latihan soal bahasa indonesia untuk soal pra ujian nasional yang khususnya untuk sma program studi ipa. Prediksi soal bahasa indonesia ini merupakan soal Tryout UN SMA 2017 oleh dinas pendidikan propinsi DKI Jakarta dan Tangerang.

Contoh soal UN ini Universitas Gunadarma merupakan soal yang valid sebagai bahan latihan UN SMA 2017 karena telah disusun sesuai Kisi-kisi SKL UN 2017. Dan dalam beberapa tahun ini kami telah meninjau dengan keakuratan soal ujian nasional ini yang memang sangat tepat dan tidak meleset dengan soal UN yang sesungguhnya.

Ini bukanlah sebuah bocoran soal ujian nasional, namun ini hanyalah sebuah sarana untuk bekal dalam pembelajaran soal soal ujian nasional yang dapat adik adik latih dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sebenarnya.

Langsung saja simak Soal Bahasa Indonesia Ujian Nasional IPA SMA 2017

Pembahasan Soal Latihan UN Bahasa Indonesia IPA SMA 2017


P E T U N J U K   U M U M 
 

 
1.  Sebelum  mengerjakan  ujian,  telitilah  terlebih  dahulu  jumlah  dan  nomor  halaman  yang 
terdapat pada naskah ujian. 
 
2.  Tulislah  nomor  peserta  Saudara  pada  lembar  jawaban,  sesuai  dengan  petunjuk  yang 
diberikan oleh panitia. 
 
3.  Bacalah dengan cermat setiap petunjuk yang berisi penjelasan cara menjawab soal. 
 
4.  Jawablah  terlebih  dahulu  soal-soal  yang  menurut  Saudara  mudah,  kemudian  lanjutkan 
dengan menjawab soal-soal yang lebih sukar sehingga semua soal terjawab. 
 
5.  Tulislah  jawaban  Saudara  pada  lembar  jawaban  ujian  yang  disediakan  dengan  cara  dan 
petunjuk yang telah diberikan oleh petugas. 
 
6.  Untuk  keperluan  coret-mencoret  dapat  menggunakan  tempat  yang  kosong  pada  naskah 
ujian ini dan jangan sekali-kali menggunakan lembar jawaban. 
 
7.  Selama  ujian  Saudara  tidak  diperkenankan  bertanya  atau  meminta  penjelasan  mengenai 
soal-soal yang diujikan kepada siapapun, termasuk pengawas ujian. 
 
8.  Setelah  ujian  selesai,  harap  Saudara  tetap  duduk  di  tempat  sampai  pengawas  datang ke 
tempat Saudara untuk mengumpulkan lembar jawaban. 
 
9.  Perhatikan  agar  lembar  jawaban  ujian  tidak  kotor,  tidak  basah,  tidak  terlipat  dan  tidak 
sobek. 
 
10.  Jumlah soal sebanyak 50 butir, setiap butir soal terdiri atas 5 (lima) pilihan jawaban. 
 
11.  Kode  naskah  ujian  ini 03

 

PRA UN SMA 2017  
 

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. 
Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasis teks, baik 
lisan  maupun  tulis,  dengan  menempatkan  Bahasa  Indonesia  sebagai  wahana  untuk 
mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam 
berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan 
sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun 
menyajikan  perasaan  dan  pemikiran  dalam  bentuk  teks  yang  sesuai  sehingga  tujuan 
penyampaiannya tercapai untuk menggugah perasaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 
 
1.  Ide pokok paragraf tersebut adalah   
A.  pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013 
B.  pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah 
C.  pembelajaran yang sangat dianjurkan pada kurikulum 2013 
D.  penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks 
E.  penyajian perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai 
 
2.  Tujuan penulis menyajikan isi teks tersebut adalah   
A.  mengimbau agar pendidik mengubah cara pembelajaran  Bahasa Indonesia 
B.  mengingatkan pendidik supaya pembelajaran  Bahasa Indonesia berbasis teks 
C.  menjelaskan pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan Menengah 
D.  mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan Menengah 
E.  membandingkan cara pembelajaran dengan berbasis teks dengan yang tidak 
 
Cermati paragraf berikut. 
(1)  Pada  Kurikulum  2013  yang  menekankan  pentingnya  keseimbangan  kompetensi  sikap, 
pengetahuan, dan keterampilan. (2) Kemampuan berbahasa yang dituntut tersebut dibentuk melalui 
pembelajaran  berkelanjutan.  (3)  Pembelajaran  dimulai  dengan  meningkatkan  pengetahuan  tentang 
jenis, kaidah, konteks suatu teks. (4) Setelah itu, dilanjutkan dengan keterampilan menyajikan suatu 
teks  tulis  dan  lisan,  baik  terencana  maupun  spontan  yang  bermuara  pada  pembentukan  sikap 
kesantunan  dan  kejelian  berbahasa  (5)  Sikap  penghargaan  terhadap  Bahasa  Indonesia  sebagai 
warisan budaya bangsa pun sangat diutamakan sehingga peserta didik mencintai, menghargai, dan 
peduli dalam memelihara bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis.   
 
3.  Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor   
A.  (1) 
B.  (2) 
C.  (3) 
D.  (4) 
E.  (5) 
 
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 4 5. 
(1) Usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi materi pelajaran 
yang  diharapkan  haruslah  diupayakan  oleh  pendidik  dan  peserta  didik  dalam  pembelajaran.  (2) 
Untuk mencapai itu semua, pendidik harus menyiapkan pembelajaran dengan pendekatan dan model 
pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang dibahas. (3) Di samping itu, peserta didik secara 
merata  harus  dilibatkan  dalam  pembelajaran  dan  diajak  berani  untuk  mencoba  dan  menemukan 
sendiri  untuk  mencapai  kompetensi  pembelajaran  tersebut.  (4)  Peserta  didik  pun  harus  mencari 
sumber  belajar  lain  yang  tersedia  dan  terbentang  luas  di  sekitarnya  sebanyak-banyaknya.  (5) 
Pendidik dapat memperkaya kreasi pembelajaran dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai 
dan relevan dengan daya serap peserta didik, lingkungan sosial, dan alam.  
 



PRA UN SMA 2017   
 

4.  Yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat bernomor   
A.  (1) 
B.  (2) 
C.  (3) 
D.  (4) 
E.  (5) 
 
5.  Makna istilah kompetensi pada kalimat dalam  paragraf tersebut adalah   
A.  keinginan mencoba 
B.  kesungguhan menggali 
C.  kecepatan menangkap 
D.  kekuatan menyelesaikan 
E.  kemampuan menguasai 
 
Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal 6 9. 
(1) Menurunnya debit air dalam hitungan bulan, tampaknya akan menjadi pembenaran akan prediksi 
ahli tentang krisis yang terjadi di palembang. (2) Diperkirakan banyak penyebab menurunnya debit 
air  ini,  seperti  yang  dituduhkan  orang  penyebabnya  adalah  penebangan  liar  yang  tidak  terkendali 
lagi. (3) Dipersalahkan pula pembakaran hutan yang menyebabkan menurunnya debit air. (4) Pihak 
PDAM  setempat  melakukan  pengukuran  terhadap  debit-debit  air  yang  ada  untuk  memprediksi 
seberapa lama kekeringan akan terjadi. (5) Beberapa daerah juga mengalami penurunan yang sama 
setelah  dilakukan  pengukuran  debit  air.  (6)  Jika  tidak  ada  upaya  pemda  setempat  untuk 
menanggulangi  hal  ini,  diprediksi  lahan  gundul  akan  terus  meningkat.  (7)  Akibatnya,  kekeringan 
akan  terus  melanda  daerah  ini.  (8)  Reboisasi  dirasakan  perlu  untuk  menanggulangi  masalah 
sekaligus menjadi solusi jangka panjang bagi kekeringan yang akan terjadi pada suatu daerah yang 
akan membuat masyarakat menderita. 
 
6.  Yang berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor   
A.  (1) dan (3) 
B.  (2) dan (4) 
C.  (4) dan (5) 
D.  (6) dan (7) 
E.  (7) dan (8) 
 
7.  Opini penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana tersebut adalah   
A.  Penurunan  debit  air  dalam  hitungan  bulan  sudah  menjadi  pembenaran  akan  prediksi  ahli  di 
palembang. 
B.  Pencegahan  penggundulan  hutan  dan  reboisasi  harus  dilakukan  agar  kekeringan  tidak  terjadi 
lagi. 
C.  Perkiraan banyak penyebab menurunnya debit air oleh penebangan liar yang mencari untung. 
D.  Pengukuran  terhadap  debit-debit  air  yang  ada  untuk  memprediksi  seberapa  lama  kekeringan 
akan terjadi. 
E.  Penanggulangan kekeringan terhadap hal ini untuk mencegah mengundulan lahan akan teratasi 
segera. 
 
8.  Pihak yang dituju dalam isi opini penulis pada tajuk rencana tersebut adalah   
A.  pemda setempat 
B.  pemerintah pusat 
C.  penebang liar 
D.  pembakar hutan 
E.  masyarakat setempat 
 


PRA UN SMA 2017  
 

 
9.  Keberpihakan penulis (editorial) pada kutipan tersebut adalah kepada   
A.  pemda setempat 
B.  pemerintah pusat 
C.  penebang liar 
D.  pembakar hutan 
E.  masyarakat setempat 
 
10.  Cermati kedua kutipan teks berikut. 
Teks 1  Teks 2 
Buku  ini  dipersiapkan  untuk   mendukung 
kebijakan   kurikulum    yang  sedang  berlaku. 
Buku  ini  juga  tidak  hanya     me mp e rta h an ka n 
b a h asa  In d o n e sia  b era d a da la m d a ftar p elaja ran 
d i  se ko la h ,   teta pi  ju ga   me n ega ska n   p e n tin gn ya  
ke b era d aa n   b a ha sa   In d o n es ia   se b aga i  pe n gh e la 
d a n   p e mb a w a   b e rb a ga i  il mu   p e n ge ta h ua n . 
De n ga n  p a ra d igma  b a ru  ters eb u t,  Ba da n  Ba ha sa 
te rpa n ggil  u ntu k  b e rtind a k  me n ja di  a ge n  
p e ru ba h an   pe mb e lajara n   b a h asa   In d o n e sia   di 
s eko la h .   P e ru b a ha n   p e mb e laja ran   itu   te rc ermin 
d a la m b u ku  ya n g d ira n ca ng ,  ya itu  b erb a sis te ks 
in i,  s esu a i tu ntuta n   ku riku lu m.  

S e b a ga i  e d is i  p erta ma ,   k a mi  p e n u lis   b u ku   ini 
s an ga t  te rbu ka   u n tu k  me n erima   kritik  d a n   s ara n 
d a ri be rba ga i p ih a k.  Ka mi a ka n  te ru s  me la ku ka n  
p e rb aika n   d a n   p en ye mp u rn a an .   Un tu k  itu ,   ka mi 
me ngu n d a n g  p a ra   p e mb a ca   memb e rika n   kritik,  
s aran ,   da n   ma su ka n   un tu k  p e rb a ika n   d a n 
p e n ye mp u rn a an   b u ku   ini  d a n   u ntu k  e d is i 
b e riku tn ya .   Ata s  ko n trib u s i  ters eb u t   d a pa t 
memb e rika n   ya ng  te rb a ik  b a gi  kema ju a n   d u nia 
p e n d idika n   d ala m  ra ng ka   memp e rs iap ka n  
ge n era si  s era tus   ta h un   In d on e sia   Merd e ka   (2 0 4 5) . 
U n tu k  itu  ka mi  me ng u c ap k a n   terima   ka sih . 

 
Perbedaan isi yang terdapat pada kedua kutipan tersebut adalah   
Teks 1  Teks 2 
A.  penjelasan isi pentimg sebuah buku   manfaat isi buku bagi  pembaca  
B.  buku yang sangat sesuai dengan kurikulum   pihak penulis yang bertanggung  jawab  
C.   pemaparan pentingnya bahasa Indonesia   pentingnya kritik dan saran bagi penulis  
D.   tujuan penyajian  atau  diterbitkan buku   harapan  penulis  kepada  pembaca  terhadap 
buku  
E.  perubahan yang terjadi pada kurikulum   kemajuan pendidikan masa mendatang  
 
11.  Cermati kutipan biografi berikut. 
Kata  Andrea  diambil  dari  nama  seorang  wanita  yang  nekat  bunuh  diri  bila  penyanyi  pujaannya, 
yakni Elvis Presley tidak membalas suratnya. Sedangkan  Hirata sendiri diambil dari nama kampung 
dan bukanlah nama orang Jepang seperti anggapan orang sebelumnya. Sejak remaja itulah, pria asli 
Belitong  ini  mulai  menyandang  nama  Andrea  Hirata.  Andrea  tumbuh  seperti  halnya  anak- anak 
kampung  lainnya.  Dengan  segala  keter batasan,  Andrea  tetap  menjadi  anak  periang  yang  sesekali 
berubah menjadi pemikir saat menimba ilmu di sekolah. Selain itu, ia juga kerap memiliki impian 
dan mimpi - mimpi di masa depannya. 
Seperti yang diceritakannya dalam novel  Laskar Pelangi, Andrea kecil  bersekolah di sebuah sekolah 
yang  kondisi  bangunannya  sangat  mengenaskan  dan  hampir  rubuh.  Sekolah  yang  bernama  SD 
Muhamadiyah tersebut diakui Andrea cukuplah memperihatinkan. Namun karena ketiadaan biaya, ia 
terpaksa bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai kandang hewan ternak. Kendati 
harus menimba ilmu di bangunan yang tidak nyaman, Andrea tetap memiliki motivasi yang cukup 
besar  untuk  belajar.  Di  sekolah  itu  pulalah,  ia  bertemu  dengan  sahabat - sahabatnya  yang  dijuluki 
dengan sebutan Laskar Pelangi.  
 
Keteladan yang terdapat pada  diri Anrea sesuai isi kutipan biografi tersebut adalah   
A.  Mengambil  nama  untuk  diri  sendiri  dengan  nama  yang  memiliki  nilai  sejarah  untuk 
dikenangnya.

 

PRA UN SMA 2017  
 

B.  Andrea tetap memiliki motivasi belajar walau bersekolah di tempat yang memprihatinkan. 
C.  Andrea seorang periang, rajin belajar, dan  terkenal sebagai seorang pemikir saat menimba ilmu. 
D.  Sangat  mencintai  kampung  halamannya  dan  juga  sahabat-sahabatnya  yang  disebutnya  Laskar 
pelangi.  
E.  Dia tidak merasa terpaksa  bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai kandang 
ternak. 
 
Cermati kutipan dialog berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13. 
(1)  Hani   
(2)  Syakira   harganya cocok untuk membeli sepeda yang baru, Han. 
(3)  Hani   
(4)  Syakira   
(5)  Hani    
(6)  Syakira   -mudahan,  harganya  tidak  lebih  dari  uang  yang  aku  punya,  ya  Syakira, 
12.  Hal yang diprioritaskan dalam dialog/negosiasi tersebut adalah   
A.  kepastian harga sepeda 
B.  keinginan membeli sepeda 
C.  kepastian menjual sepeda 
D.  keraguan menjual sepeda 
E.  kekhawatiran harga sepeda 
 
13.  Kalimat imperatif di antara kalimat yang tersaji pada dialog tersebut adalah yang bernomor   
A.  (1) 
B.  (3) 
C.  (4) 
D.  (5) 
E.  (6) 
 
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 14 16. 
(1)  Teks  dapat  diperinci  menjadi  berbagai  jenis  teks,  yaitu  deskripsi,  penceritaan  (recount), 
prosedur,  laporan,  eksplanasi,  eksposisi,  diskusi,  surat,  iklan,  catatan  harian,  negosiasi,  pantun, 
dongeng, anekdot, dan fiksi sejarah. (2) Semua itu dapat dikelompokkan ke dalam teks cerita, teks 
faktual, dan teks tanggapan. (3) Dua kelompok yang disebut terakhir itu merupakan teks nonsastra 
yang masing-masing dapat dibagi menjadi teks laporan dan teks prosedural, transaksional, dan teks 
ekspositorial.  Sementara  itu,  teks  cerita  merupakan jenis teks  sastra  yang  dapat  diperinci  menjadi 
teks cerita naratif dan teks cerita nonnaratif. 
 
14.  Maksud kata acuan itu yang bercetak miring pada kalimat ke-2 paragraf tersebut adalah   
A.  teks dapat  
B.  dapat diperinci  
C.  menjadi berbagai 
D.  diperinci menjadi 
E.  jenis teks 
 
15.  Inti kalimat pertama pada paragraf tersebut adalah   
A.  teks diperinci menjadi berbagai teks 
B.  jenis teks setelah dilakukan perinciannya 
C.  perincian teks dalam berbagai jenis teks 
D.  beragam teks yang dapat diperinci 
E.  diketahui jenis perincian teks

 

PRA UN SMA 2017  
 

 
 
16.  Kesalahan penggunaan kata pada paragraf tersebut adalah   
A.  diperinci pada kalimat (1) seharusnya dirinci 
B.  faktual pada kalimat (2) seharusnya factual 
C.  nonsastra pada kalimat (3) seharusnya tak sastra 
D.  ekspositorial pada kalimat (4) seharusnya ekspositori 
E.  nonnaratif pada kalimat (5) seharusnya tidak narasi 
 
17.  Cermati penggunaan tanda baca pada kalimat berikut. 
Ketika memperkenalkan diri, kepada orang lain, seseorang menggunakan teks deskripsi. 
 
Perbaikan penggunaan tanda koma pada kalimat tersebut adalah   
A.  Ketika, memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang, menggunakan teks deskripsi. 
B.  Ketika memperkenalkan, diri kepada orang lain, seseorang menggunakan teks deskripsi. 
C.  Ketika memperkenalkan diri kepada orang lain, seseorang menggunakan teks deskripsi. 
D.  Ketika, memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang, menggunakan teks deskripsi. 
E.  Ketika, memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang menggunakan teks deskripsi. 
 
18.  Cermati penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut. 
(1)  Buku, majalah, dan jurnal  termasuk sumber kepustakaan.  
(2)  Saya ingin membeli kamera, tetapi uang saya belum cukup.  
(3)  Jad i wajar, kalau dia menjadi  bintang pelajar.  
(4)  Mes kipun  demikian anak -anaknya, berhasil  menjadi sarjana.  
(5)  Agar memiliki wawasan yang luas kita, harus banyak membaca buku.  
(6)  Jadi wajar kalau dia, menjadi  bintang   
 
Penggunaan tanda baca  yang tepat terdapat pada kalimat bernomor   
A.  (1) dan (2) 
B.  (2) dan (3) 
C.  (3) dan (4) 
D.  (4) dan (5) 
E.  (5) dan (6) 
 
19.  Cermati paragraf berikut. 
Fungsi bahasa sebagai ekspresif berkenaan dengan penggunaan bahasa untuk menampilkan hal-hal 
 
 
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah    
A.  fikiran  
B.  kepikiran 
C.  terfikirkan 
D.  pikiran 
E.  pemikiran 
 
20.  Cermati penggunaan kata serapan pada kalimat berikut. 
Fungsi tekstual adalah fungsi bahasa yang terkait dengan cara penciptaan teks, baik lisan maupun 
tulis  yang  runtut  dan  yang  sesuai  dengan  konteks.  Fungsi  ekspresif  berhimpitan  dengan  fungsi 
tekstual dapat digunakan dalam hal mengungkapkan diri pembicara atau penulis, baik melalui media 
tulis maupun lisan. Fungsi sosial juga disebut fungsi impersonal (hubungan antarsesama)

 

PRA UN SMA 2017   
 

 
 
Pebaikan kata serapan tersebut yang tepat adalah   
A.  impersonalia 
B.  impersonalitas 
C.  interpersonalis 
D.  impersonal 
E.  interpersonal 
 
21.  Cermati penulisan judul berikut. 
Saya  membaca  buku  teknik  membaca  puisi  di  atas  pentas  sebelum  mengikuti  lomba  baca  puisi 
dalam peringatan Bulan Bahasa.  
 
Perbaikan penulisan judul buku tersebut adalah    
A.  Teknik membaca puisi di atas pentas 
B.  Teknik membaca Puisi di atas pentas 
C.  Teknik Membaca Puisi di atas pentas 
D.  Teknik Membaca Puisi di Atas Pentas 
E.  Teknik Membaca Puisi Di Atas Pentas 
 
22.  Cermati paragraf berikut. 
Mereka  ini  melakukan  perjuangan  yang  panjang  sehingga  mereka  menemukan  solusi  yang  tepat 
menjadi orang yang sukses dalam bidangnya, yaitu kewirausahaan. Sebagai orang yang pandai atau 
berbakat  mengenali    
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah   
A.  produk 
B.  produsen  
C.  produktivitas 
D.  produktif 
E.  produksitas 
 
23.  Cermati paragraf berikut. 
Selanjutnya,  kalian  tentu  mengenal  salah  seorang  perancang  yang  fenomenal  di  dunia  busana 
muslim tanah air, Dian Pelangi. Perempuan multitalenta kelahiran Palembang tahun 1991 itu dalam 
usia belia mampu menembuskan produk busana muslimnya ke mancanegara. Kemampuannya untuk 
membuat  busana  muslim  yang  tidak  biasa  dengan  citra  dan  gaya  tersendiri  menempatkan  Dian 
Pelangi  seorang  perancang  yang  patut  diperhitungkan.  
Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah   
A.  murah sekali 
B.  sangat banyak 
C.  sangat bagus 
D.  sangat sederhana 
E.  amat indah 
 


PRA UN SMA 2017  
 

24.  Cermati paragraf berikut. 
Banjir bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan waktu yang lama pada daerah aliran 
sebab akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah   
A.  sehingga 
B.  karena 
C.  jika  
D.  agar 
E.  ketika 
 
25.  Cermati penggunaan konjungsi dalam paragraf berikut. 
Hujan yang jatuh ke tanah airnya akan menjadi aliran permukaan di atas tanah dan sebagian meresap 
ke dalam tanah. Hal ini sangat bergantung pada kondisi tanahnya. Hutan yang bisa menahan aliran 
permukaan  cukup  besar  diganti  menjadi  permukiman  dengan  resistensi  aliran  permukaan  kecil 
sehingga suatu kawasan hutan diubah menjadi permukiman. Akibatnya,  ada aliran permukaan tanah 
menuju sungai dan hal ini berakibat adanya peningkatan debit alir an sungai yang besar.  
 
Perbaikan kata konjungsi yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah    
A.  bahwa 
B.  bahkan 
C.  laksana 
D.  walau 
E.  ketika  
 
26.  Cermati paragraf berikut. 
Pagi itu kami menempuh perjalanan selama dua jam menuju lokasi wisata pantai. Kami menikmati 
keindahan  panorama  alam  pantai  sambil       
 
A.  berjalan-jalan, wisatawan-wisatawan, berkejar-kejaran 
B.  berjalan-berjalan, wisatawan-wisatawan, berkejaran-kejaran 
C.  berjalan-jalan, wisata-wisatawan, kejar-kejarkan 
D.  jalan-jalan, wisatawan-wisatawan, terkejar-kejarkan 
E.  jalan-jalani, wisatawan-wisatawan, berkejar-kejaran 
 
27.  Cermati paragraf berikut. 
Perubahan tata guna lahan  merupakan penyebab utama banjir dibandingkan dengan yang lainnya. 
Apabila  suatu hutan  yang  berada  dalam  suatu aliran sungai      
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah   
A.  dirubah, bermukim, perubahan

 

PRA UN SMA 2017  
 

B.  diubah, permukiman, perubahan 
C.  diubah, permukiman, pengubahan 
D.  berubah, permukiman, perubahan 
E.  berubah, bermukim, berubah 
 
28.  Cermati deretan kalimat berikut. 
(1)  Masukkan tana h ke wadah sebagai alas dan siram dengan air.   
(2)  Pilah -pilih  sampah  dan  pisahkan  antara  sampah  plastik  dan  sampah  daun -daun  tanaman 
organik.  
(3)  Sediakan wadah yang layak (ember, tong, atau wadah) yan g dirasa cukup layak. Usahakan 
tempat yang  A nda sediakan  mempunyai tutup sehingga nantinya bisa terhindar dari binatang 
lalat, tikus atau mungkin terkontaminasi air hujan.  
(4)  Letakkan wadah tadi di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan biarkan wadah 
tersebut selama kurang lebih tiga minggu.  
(5)  Tutup la pisan daun, sampah rumah tangga tadi dengan tanah lagi dan siram kembali dengan 
air, lalu tutup wadah sampah tadi menggunakan tutup yang sudah disediakan. Fungsi penutup 
ini untuk menghindarkan calon kompos tadi  air hujan dan lalat.  
(6)  Masukkan  sampah  daun -da un  dan  sampah  limbah  rumah  tangga    ke  dalam  wadah  di  atas 
lapisan  tanah tadi, ratakan sampai kira -kira ketebalannya sama dengan ketebalan tanah yang 
tadi dimasukkan.   
 
Urut an kalimat  tersebut yang tepat  sehingga menjadi sebuah paragraf  prosedur adalah    
A.  (1), (3), (6), (2), (5), dan (4) 
B.  (2), (3), (1), (5), (6), dan (4) 
C.  (3), (1), (2), (6), (5), dan (4) 
D.  (4), (3), (6), (2), (1), dan (5) 
E.  (5), (1), (4), (3), (2), dan (6) 
 
29.  Cermati paragraf deskripsi berikut. 
Pagi ini udara dingin sekali. Cuaca cerah. Tampak langit tidak berawan. Karena masih pagi, hanya 
tampak beberapa orang sedang berjalan santai dan berlari-lari kecil berolahraga dengan berpakaian 
olahraga. Kendaraan bermotor juga sangat jarang yang lewat.  
 
Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah   
A.  Sangat tenang sepanjang hari itu terasa. 
B.  Masih sejuk dengan semilir angin berhembus. 
C.  Seakan masih malam karena heningnya keadaan. 
D.  Sangat lengang pagi itu karena tanpa aktivitas. 
E.  Jadi, pagi yang cerah itu terasa lengang 
 
30.  Cermati paragraf narasi berikut. 
Gibran kembali ke Boston pada 1902 karena mendapat kabar bahwa ibunya sakit keras. Ibu yang 
sangat memengaruhi Gibran ini akhirnya meninggal pada Juni 1903 setelah didahului oleh adiknya, 
Sultana (4 April 1902) dan kakaknya Boutros (12 Maret 1903). Kematian orang-orang yang sangat 
yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah   
A.  Itulah kebiasaan yang dilakukan oleh para penulis bila sedang berkarya. 
B.  Tidak menduga sedikit pun dia akan mengalami peristiwa yang sedih ini. 
C.  Dia sangat menyayangi orang yang berada di sekitarnya dan keluarganya. 
D.  Kesan ini sangat jelas terekspresikan dalam karya-karya yang ditulisnya. 
E.  Dia merasa sedih ditinggal pergi selamanya oleh orang yang disayangnya.

 

PRA UN SMA 2017   
 

 
31.  Cermati paragraf berikut. 
Bakat  kesusastraan  dan  melukis  Gibran  mulai  menonjol  sejak  ia  bersekolah  di  Boston  (1895
yang tepat untuk melengkapi simpulan paragraf tersebut adalah   
A.  Dengan  ketekunannya  dan  kesungguhan  belajar  itu,  dia  berhasil  menjadi  seorang  pelukis  dan 
pematung yang andal. 
B.  Dirinya  sendiri  tidak  menyangka  akan  mengalami  hidup  berpindah-pindah  karena  kesulita 
ekonomi keluarga.  
C.  Ke mana pun seorang seniman, akan selalu memanfaatkan waktu dan situasi untuk menuangkan 
suasana hatinya.  
D.  Memang  sangat  diperlukan  latihan  secara  bersinambung  untuk  memperoleh  ketempilan  sesuai 
bakat seseorang. 
E.  Jadi, dia sangat menerima kehidupan apa pun yang sedang menimpa dirinya dengan sabar dan 
tidak berputus asa. 
 
32.  Cermati pendapat berikut. 
Pendapat: 
Seseorang yang banyak membaca akan terampil dalam menulis   
Argumen: 
(1)  Membaca  memperluas  wawasan  pergaulan  dan  persahabatan  karena  otomatis  akan  suka 
menulis dan bertukar karya tulis  
(2)  Membaca menjadikan otak  seseorang  akan selalu ingin menulis dalam berbagai bentuk.  
(3)  Membaca  merangsang  terbentuknya  informasi  baru  di  sistem  daya  ingat  yang  siap  dipanggil 
kapan saja , terutama saat menulis.   
(4)  Membaca  membuat  jalan  pikiran  sesorang  positif  dan  berperilaku  baik  dalam  berbuat  atau 
bertindak . 
(5)  Membaca  memperkaya  kosa  kata,  pilihan  kalimat,  dan  cara  penyajian  ya ng  bisa  Anda  pakai 
dalam menulis.  
 
Kalimat  argumen yang sesuai untuk pendukung pendapat tersebut adalah bernomor   
A.  (1) dan (2) 
B.  (2) dan (3) 
C.  (3) dan (4) 
D.  (3) dan (5) 
E.  (4) dan (5) 
 
33.  Cermati kalimat berikut. 
Karena  hidup  dalam  dua  kutub  ranah  budaya,  Timur  dan  Barat,  maka  Gibran  menjelma  menjadi 
manusia kosmopolit yang tidak terikat pada kebangsaan dan kebudayaan tertentu. 
 
Perbaikan kalimat tersebut dengan alasan yang tepat adalah    
A.  Membuang  salah  satu  konjungsi  karena  atau  maka  karena  penggunaan  keduanya,  kalimat 
tersebut tidak memiliki induk kalimat (tidak sempurna) 
B.  Penggunaan koma (,) sebelum kunjungsi maka tidak tepat (salah) karena maka berupa konjungsi 
kalimat majemuk yang terdapat di tengah kalimat.
PRA UN SMA 2017   10 
 

C.  Konjungsi  karena  tidak  tepat  diletakkan  di  awal  kalimat,  seharusnya  ditempatkan  di  tengah 
kalimat untuk menyatakan sebab. 
D.  Konjungsi  maka  tidak  tepat  diletakkan  di  awal  kalimat,  seharusnya  ditempatkan  di  tengah 
kalimat untuk menyatakan akibat dan diberi tanda koma sebelumnya. 
E.  Membuang  konjungsi  maka  dan  tidak  membuang  koma  menjadikan  kalimat  tersebut  efektif 
karena memiliki induk kalimat dan anak kalimat. 
 
34.  Cermati ilustrasi berikut. 
Safri  meminjam  sepeda  Tono.  Namun,  sebelum  dipakai  Safri,  Tono  berpesan  agar  berhati-hati, 
jangan sampai jatuh, dan rusak karena sepeda itu hadiah ulang tahun dari kakaknya. Akan tetapi, 
Safri  tidak  mengindahkan  pesan  Tono.  Dia  memacu  sepedanya  dengan  kencang  dan  akhirnya 
tersungkur masuk got. Sepeda Tono rusak, stangnya bengkok. Dia menyerahkan begitu saja sepeda 
itu  kepada  Tono.  Tono  meminta  Safri  untuk  memperbaiki,  tetapi  Safri  tidak  mau.  Dia  hanya 
meminta maaf dan berlalu meninggalkan Safri dengan sepedanya yang sudah rusak itu.  
 
Ungkapan yang sesuai dengan perilaku Safri sesuai ilustrasi tersebut adalah   
A.  sembunyi tangan 
B.  panjang tangan 
C.  lepas tangan 
D.  berat tangan 
E.  berpangku tangan 
 
35.  Cermati ilustrasi berikut. 
Ketika  seseorang  sedang  berjaya  dan  suka  membantu  orang  yang  serba  kekurangan.  Karena 
kebaikannya itu, dia disukai dan disanjung-sanjung. Akan tetapi, pada saat dia mengalami musibah 
dan tidak mampu lagi berbagi, dia dilupakan begitu saja. Semua tidak peduli lagi. 
 
Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah   
A.  Menohok teman seiring. 
B.  Habis manis sepah dibuang. 
C.  Lempar batu, sembunyi tangan. 
D.  Tak ada gading yang tak retak. 
E.  Bagai api dalam sekam. 
 
36.  Cermati kedua kutipan teks cerpen berikut. 
Cerpen 1  Cerpen 2 
Beberapa  tahun  lalu,  pesta  perkawinan 
Gentasari  dengan  Rustamadji  yang  digelar 
dengan  menyembelih  tiga  belas  ekor  kambing 
dan berlangsung selama tiga hari, tidak berjalan 
mulus,  bahkan  hampir  saja  batal.  Keluarga 
mempelai  pria  merasa  dibohongi  oleh  keluarg a 
mempelai  wanita  yang  semula  sudah  berjanji 
bahwa  semua  urusan  masak - memasak  selama 
kenduri berlangsung akan dipercayakan kepada 
Makaji,  juru  masak  nomor  satu  di  Lareh 
Panjang ini. Namun, di hari pertama perhelatan, 
ketika rombongan keluarga mempelai pria  tiba, 
gulai  kambing,  gulai  nangka,  gulai  kentang, 
gulai  rebung,  dan  aneka  hidangan  yang  tersaji 
ternyata bukan masakan Makaji. Mana mungkin 
keluarga calon besan itu bisa dibohongi? Lidah 

Merah padam muka  Azrial mendengar nama itu. 
Siapa  lagi  anak  gadis  Mangkudun  kalau  bukan 
Renggogeni,  perempuan  masa lalunya.  Musabab 
hengkangnya  ia  dari  Lareh  Panjang  tidak  lain 
adalah  Renggogeni,  anak  perempuan  tunggal 
beleng  (* semata  wayang)   itu.   

PRA UN SMA 2017   
 

mereka  sudah  sangat  terbiasa  dengan  masakan 
Makaji. 
(cerpen: Juru Masak) 

Perbedaan latar suasana yang terdapat pada kutipan tersebut adalah   
Cerpen 1  Cerpen 2 
A.  kekecewaan   kemarahan  
B.  kesedihan   kekecewaan  
C.   kekhawatiran   kekacauan  
D.   kekacauan    kesediahan  
E.   kemarahan   kekhawatiran  
 
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 37 40. 
Tiba-tiba aku ingat lagi pada Kakek dan  kedatangannya Ajo Sidi kepadanya. Apakah Ajo Sidi 
telah membuat bualan tentang Kakek? Dan bualan itukah yang mendurjakan Kakek? Aku ingin tahu. 
Lalu aku tanya Kakek lagi: 
Robohnya Surau Kami)  
 
37.   Konflik pada diri Kakek dalam kutipan cerita pendek tersebut adalah   
A.  Ajo Sidi berbual terhadap Kakek 
B.  si Aku membuat rasa marah Kakek 
C.  kemarahan Kakek kepada Ajo Sidi 
D.  Kakek dan Ajo Sidi bermusuhan 
E.  si Aku yang mengganggu Kakek 
 
38.  Pendeskripsian watak Kakek seorang yang emosional sesuai isi kutipan cerita pendek cerpen tersebut 
adalah melalui   
A.  pikiran-pikiran tokoh 
B.  tanggapan tokoh lain 
C.  tindakan tokoh  
D.  dialog antartokoh 
E.  bentuk lahir tokoh 
 
39.  Amanat sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah   
A.  Berhati-hatilah jika menghadapi orang yang sudah tua dan mudah tersinggung karena perbuatan 
itu akan menyakitkan hatinya. 
B.  Jangan membual dengan hal yang menyinggung perasaannya orang yang sudah tua karena akan 
menimbulkan sakit hati orang tersebut. 
C.  Hendaklah anak muda menghormati orang yang sudah lanjut usia, sopan santun, dan membantu 
keperluannya dalam berbagai hal. 
D.  Mari kita menghibur orang yang sudah tua atau lanjut usia karena mereka suka dengan hiburan 
dan cerita yang lucu yang menghibur.
PRA UN SMA 2017   12 
 

E.  Hindari saling mencela dan mengejek antara anak muda dengan orang tua atau sebaliknya agar 
terhindar dari saling menyinggung. 
 
40.  Ringkasan yang sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah   
A.  Seseorang yang sangat kasihan melihat Kakek yang bersedih dan ingin sekali menghiburnya dan 
ingin tahu tentang penyebabnya. 
B.  Keinginan si kakek untuk bertemu dengan Ajo Sidi yang membuali dirinya dengan cerita-cerita 
sehingga ingin membalasnya.  
C.  Si Kakek sudah lama tidak marah-marah karena takut imannya rusak dan dia juga merasa sudah 
lama berbuat baik, beribadat, dan bertawakal kepada Tuhan. 
D.  Si  Kakek  tukang  pengasah  pisau  yang  sangat  taat  beribadah,  penolong,  dan  tidak  suka 
mendengarkan cerita-cerita bohong. 
E.  Bualan Ajo Sidi terhadap Kakek membuat Kakek sangat marah, tetapi dia redam kemarahannya 
karena dia sadar bahwa dia sudah tua.  
 
Cermati novel Layar Terkembang  berikut untuk menjawab soal 41 43. 
mesin  yang  mematikan 
  Hal yang ada pada kutipan cerita tersebut juga terdapat dalam kehidupan adalah   
A.  pendapat orang tua yang sering berlawanan dengan anak muda 
B.  orang tua yang merasa sangat rugi telah menyekolahkan anaknya 
C.  anak muda yang selalu ingin mencari uang secara berlebihan 
D.  orang tua dan anak yang selalu bertukar pendapat dalam berbagai hal 
E.  keinginan anak dan orang tua sama-sama ingin mengubah nasib buruk 
 
42.  Suasana dalam kutipan novel tersebut adalah   
A.  ketakhawatiran 
B.  kemarahan 
C.  keheranan 
D.  kegelisahan 
E.  keharuan 
 
43.  Makna kata berlambang mesin yang bercetak miring dalam kutipan novel tersebut adalah   
A.  canggih 
B.  kaku 
C.  berat 
D.  terpola 
E.  tertekan 
 
Cermati kutipan karya novel berikut untuk menjawab soal 44 45. 
(1)    

PRA UN SMA 2017  
 

terang kita mendapat sekian. 
 
 
44.  Nilai-nilai budaya dalam kutipan cerita novel tersebut adalah   
A.  Masyarakat yang selalu membanding-bandingkan pekerjaan orang.  
B.  Suatu keharusan seorang anak berbakti kepada orang tua setelah bekerja.  
C.  Semua keluarga diharuskan bekerja di kantor dan menghindari usaha sendiri. 
D.  Masyarakat yang menganggap rendah seseorang yang tidak bekerja di kantor. 
E.  Adanya anggapan masyarakat bahwa kerja kantor lebih baik daripada usaha sendiri. 
 
45.  Kalimat berupa majas dalam kutipan novel tersebut terdapat pada kalimat bernomor   
A.  (1) 
B.  (2) 
C.  (3) 
D.  (4) 
E.  (5) 
 
46.  Cermati larik pantun berikut. 
Membaca novel Sitti Nurbaya  
Nama pengarang nya Marah Rusli 
Kita anak muda ayo berkarya   
 
A.  Supaya senang kemudian hari.    
B.  Kepada orang tua harus berbakti. 
C.  Tidak hidup sendiri-sendiri lagi 
D.  Kami semua pasti sangat berani 
E.  Tidak ada lagi tak percaya diri 
 
47.  Cermati isi sebait Gurindam Dua Belas  berikut.  
Hendaklah jadi kepala 
Buang perangai yang cela  
 
Amanat yang terdapat pada isi  bait gurindam tersebut adalah    
A.  Jadi kepala berarti menjadi pemimpin, baik formal maupun nonformal. 
B.  Ketahuilah, perangai yang tercela artinya perilaku yang tidak baik. 
C.  Pemimpin tidak boleh mempunyai sikap, sifat, perilaku yang tercela.   
D.  Setiap orang pastilah akan mampu menjadi pemimpin yang baik. 
E.  Keteladanan yang baik dapat dicontoh dari seorang pemimpin. 
 
48.  Cermati isi kutipan cerpen  berikut. 
Ada saat-saat di mana  
Orang Miskin yang Bahagia)  

PRA UN SMA 2017  
 

Kalimat resensi berupa keunggulan berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah   
A.  Pendeskripsian suasana dalam cerita sangat hidup dan membuat pembaca terasa ikut serta dalam 
suasana tersebut. 
B.  Watak tokoh digambarkan sangat jelas dan wajar, seperti sifat sedih dan sifat malu  menerima 
kenyataan. 
C.  Tema  yang  diangkat  sebagai  masalah  yang  dipaparkan  dalam  isi  cerita  sangat  menarik  bagi 
pembaca. 
D.  Penulis  dengan  apik  memberikan  amanat  dalam  cerita  sebagai  introspeksi  diri  bahwa  banyak 
orang malu mengakui kemiskinan. 
E.  Cerpen ini sangat baik dan cocok dibaca oleh semua lapisan, yaitu anak-anak, dewasa, orang tua. 
 
49.  Cermati isi kutipan novel  berikut. 
Ada  lagi  satu  cerita,  yang  suka  diulangnya  padaku:Suatu  malam  ada  seorang  pencuri 
menyatroni rumah orang miskin. Mengetahui hal itu, si miskin segera sembunyi. Tapi pencuri itu 
memergoki  dan  membentaknya,    
Orang Miskin yang Bahagia)   
 
Kalimat kritik berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah   
A.  Betapa menderitanya kehidupan orang miskin yang diungkapkan dalam cerita pendek tersebut. 
B.  Cerita  yang  diungkapkan  dalam  cerpen  seperti  anekdot  karena  berisi  sebuah  kelucuan  dan 
sindiran tehadap orang miskin yang malas. 
C.  Hal  yang  diungkapkan  dalam  cerpen  tersebut  menggambarkan  kehidupan  orang-orang  miskin 
yang malas. 
D.  Pengarang  seakan  kehabisan  ide  dalam  mencari  bahan  cerita  sehingga  mencerita  kehidupan 
orang miskin. 
E.  Terasa pengarang ingin mencari ide cerita yang berbeda dari cerita yang ditulis oleh pengarang-
pengarang yang lain. 
 
50.  Cermati isi kutipan cerpen  berikut. 
Dua ekor gajah telah mati, seminggu sebelum kegawatan semakin memuncak, dan Made Sukari 
berlari memberi tanda menuruni bukit. Wajah-wajah pucat dan gemetar menjalar, melewati ladang, 
kebun, dan rumah-rumah yang langsung siaga.     
esai (tanggapan) berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah   
A.  Penggambaran betapa pentingnya gajah bagi manusia sehingga banyak orang memburunya.
PRA UN SMA 2017   
 

B.  Terbayang  dalam  cerita  gajah-gajah  yang  sedang  berkeliaran  di  hutan  bebas  lepas  di  habitat 
mereka. 
C.  Kehidupan  manusia  dan  binatang  sangat  berbeda  dan  memiliki  jarak  walaupun  mereka  di 
lingkungan yang sama. 
D.  Jarang sekali kita membaca cerita yang menggambarkan kehidupan gajah secara lengkap seperti 
dalam cerpen ini. 
E.  Pembunuhan  gajah  yang  dilukiskan  dalam  cerita  membuat  hati  tersentuh,  pilu,  dan  mengutuk 

pelakunya.  


NB : UNTUK MELIHAT KUNCI JAWABAN SILAHKAN KESINI 


                   

                     Latihan Soal Pra Ujian Nasional Bahasa Inggris SMA/MA 2017

              Prediksi Soal Matematika UN SMA/MA 2017 Dan Kunci Jawaban

 
Untuk paket soal prediksi UN SMA yang lain insyaallah akan diunggah secepatnya, dan soal-soal lainnya bisa anda lihat pada bagian kanan blog ini. Jadi selalu kunjungi blog ini untuk mengetahui update terbarunya ya!

Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Pembahasan Soal Latihan UN Bahasa Indonesia IPA SMA 2017 dapat bermanfaat untuk adik adik semua yang sedang mencari beberapa refrensi ataupun mencari contoh soal ujian nasional ini. Dan semoga dapat bermanfaat untuk belajar dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sesunggguhnya. Dan jangan lupa untuk share untuk temannya yang membutuhkan contoh latihan soal ini, karena sebuah kebaikan sekecil apapun nantinya akan mendapatangkan kebaikan pula yang lebih besar untuk diri sobat semuanya. 

Related Posts

Pembahasan Soal Latihan UN Bahasa Indonesia IPA SMA 2017
4/ 5
Oleh