Langsung saja simak Latihan Soal Ujian Nasional Antropologi Jurusan Bahasa SMA/MA 2017 :
P E T U N J U K U M
U M
1. Sebelum mengerjakan
ujian, telitilah terlebih
dahulu jumlah dan
nomor halaman yang
terdapat pada naskah ujian.
2. Tulislah nomor
peserta Saudara pada
lembar jawaban, sesuai
dengan petunjuk yang
diberikan oleh panitia.
3. Bacalah dengan
cermat setiap petunjuk yang berisi penjelasan cara menjawab soal.
4. Jawablah terlebih
dahulu soal-soal yang
menurut Saudara mudah,
kemudian lanjutkan
dengan menjawab soal-soal yang lebih sukar sehingga semua
soal terjawab.
5. Tulislah jawaban
Saudara pada lembar
jawaban ujian yang
disediakan dengan cara
dan
petunjuk yang telah diberikan oleh petugas.
6. Untuk keperluan
coret-mencoret dapat menggunakan
tempat yang kosong
pada naskah
ujian ini dan jangan sekali-kali menggunakan lembar
jawaban.
7. Selama ujian
Saudara tidak diperkenankan
bertanya atau meminta
penjelasan mengenai
soal-soal yang diujikan kepada siapapun, termasuk pengawas
ujian.
8. Setelah ujian
selesai, harap Saudara
tetap duduk di
tempat sampai pengawas
datang ke
tempat Saudara untuk mengumpulkan lembar jawaban.
9. Perhatikan agar
lembar jawaban ujian
tidak kotor, tidak
basah, tidak terlipat
dan tidak
sobek.
10. Jumlah soal
sebanyak 50 butir, setiap butir soal terdiri atas 5 (lima) pilihan
jawaban.
11. Kode naskah ujian
ini 31
PRA UN SMA 2017 .
1
1. Berikut ini
adalah contoh aneka
pakaian adat. Tentukanlah
jenis pakaian adat
yang berasal dari daerah Sumatera Barat ... .
2. Kebudayaan asing
adalah kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat di luar masyarakat
Indonesia. Kebudayaan- kebudayaan tersebut dapat berpengaruh terhadap
kehidupan masyarakat, baik pengaruh positif maupun negatif. Di bawah ini adalah contoh pengaruh
negatif budaya asing bagi pola pikir masyarakat Indonesia
A. Berfikir ke masa
yang lalu
B. Menerima nasib
yang menimpa dirinya
C. Mementingkan diri
sendiri/ individualistis
D. Suka belanja ke
swalayan
E. Penggunaan HP di
kalangan anak- anak muda
3. Indonesia adalah
negara yang sangat majemuk dengan keragaman budaya yang sangat banyak
pula.Keragaman budaya tersebut
mempunyai pengaruh positif
maupun negatif dalam
kehidupan masyrakat. Contoh pengaruh negatif keragaman budaya pada
masyarakat adalah .
A. bangsa Indonesia
tidak mempunyai budaya nasional
B. menipisnya
identitas budaya yang dimiliki bangsa
C. berkembangnya
budaya lokal yang tidak terkendali
D. munculnya konflik
karena orientasi budaya yang berbeda
E. dimanfaatkan
sebagai sumber inspirasi pengembangan budaya asing
PRA UN SMA 2017
4. Mengembangkan sikap
toleran harus terus
digalakkan di seluruh
lapisan masyarakat agar
dapat memperkokoh
sendi kehidupan bangsa.
Berikut ini adalah
contoh kegiatan siswa
yang dapat menimbulkan sikap toleransi :
A. Mendengarkan
pelajaran di kelas.
B. Membiasakan
berdiskusi secara kontinyu
C. Mengadakan
perlombaan antar kelas
D. Membaca buku
pelajaran
E. Melaksanakan
kegiatan OSIS
5. Manusia baik
sebagai makhluk individu maupun sosial mempunyai sifat tidak puas terhadap apa
yang dimiliki dan diraihnya.
Mereka selalu ingin
mengejar keinginannya untuk
memperbaiki
kehidupannya. Adanya gerak masyarakat secara terus-menerus ini disebut :
A. dinamika
budaya
B. gegar budaya
C. unsur-unsur
budaya
D. karakteristik
budaya
E. integrasi
budaya
6. Contoh
karakteristik ciri-ciri budaya nasional
adalah ... .
A. Gotong-royong,
kerja keras dan percaya pada hal-hal gaib
B. Toleransi,
menabung dan hidup selaras dengan alam
C. Mandiri, percaya
pada hal-hal gaib dan bekerja keras
D. Empati, modern dan
demokratis
E. Feodal, mandiri
dan kerja keras
7. Perhatikan contoh
dibawah ini.
1. Rencong
2. Kujang
3. Keris
4. Mandau
5. Badik
Dari pernyataan diatas, manakah yang merupakan senjata
tradional daerah Aceh dan Dayak ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 1 dan 5
E. 2 dan 3
8. Orang Arab di
Indonesia telah hadir dan bergaul sejak lama dengan masyarakat Indonesia.
Namun belum seluruhnya bisa terintegrasi ke dalam masyarakat dan
budaya Indonesia. Dari ilustrasi tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor penyebabnya adalah ... .
A. proses asimilasi
tidak berjalan dengan baik
B. adanya
penyimpangan dalam pemahaman tentang orang Arab
C. munculnya budaya
baru yang tidak mudah ditiru
D. adanya perbedaan
asal usul nenek moyang
E. persepsi orang
Indonesia yang memposisikan dirinya lebih rendah
9. Indonesia adalah
negara yang sangat
besar dengan ribuan
pulau dan ratusan
suku. Hal ini
sangat berpotensi
sebagai pemicu konflik.
Solusi yang harus
dilakukan dalam menghadapi
keberagaman tersebut adalah ..
A. Bersikap acuh tak
acuh terhadap suku lain
B. Mengedepankan sukuisme
dalam segala hal
C. Mempelajari secara
mendalam mengenai suku lain
D. Mengadakan
pertemuan bulanan di keluarga besar
E. Bersikap toleransi
terhadap keberagaman budaya
10. Adanya keragaman
budaya di sekolah mengajak pihak sekolah untuk menerima
perbedaan-perbedaan sebagai
kenyataan di dalam
kehidupan bersama. Fungsi
sekolah dalam menghadapi
keragaman tersebut adalah ... .
A. membuat peraturan
agar setiap siswa harus mau menjalin perbedaan
B. menerima murid
dengan mempertimbangkan sukunya
C. mengklasifikasi
siswa berdasarkan asal-usulnya
D. bersikap toleransi
terhadap keberagaman budaya
E. keberagaman adalah
sebuah berkah
11. Perbedaan antara
toleransi dan empati ditunjukan pada ... .
A. Toleransi bermakna
saling memberi, empati saling menerima
B. Toleransi bermakna
menghargai, empati merasakan hal yang sama
C. Toleransi bermakna
mendukung, empati mengawasi
D. Toleransi bermakna
peduli, empati kasih sayang
E. Toleransi bermakna
mengasihi, empati bersimpati
12. Di bawah ini
adalah contoh toleransi yang ditunjukkan terhadap keberagaman budaya ... .
A. Ucok menonton
Wayang Golek dengan Suroso meskipun ia kurang suka
B. Jamal menghargai
tetangganya yang berlainan agama untuk pergi ke tempat ibadah
C. Annisa menawarkan
makan bersama dengan orang yang sedang duduk di sebelahnya
D. Iwan merasa
tertarik dengan pertunjukan yang sedang ia tonton
E. Seorang pemuda
sangat kagum atas penampilan penyanyi diatas panggung
13. Perhatikan contoh
dibawah ini.
1. Sebagai alat
integrasi dan adaptasi sosial
2. Sebagai bahasa
pengantar di kelas
3. Sebagai bahasa
komunikasi
4. Sebagai identitas
bangsa
5. Sebagai alat untuk
mempelajari sebuah ilmu
Merujuk pernyataan diatas, fungsi bahasa secara umum
ditunjukkan pada contoh nomor ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 1 dan 5
E. 2 dan 3
14. Perhatikan
pernyataan dibawah ini.
1. Internalisasi
2. Identifikasi
3. Toleransi
4. Sosialisasi
5. Enkulturasi
6. Simpati
Dari pernyataan diatas, yang merupakan karakteristik
dinamika budaya ditunjukkan pada nomor ... .
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 1, 4 dan 5
D. 1, 5 dan 6
E. 2, 3 dan 5
PRA UN SMA 2017 .
4
15. Gerak atau
dinamika budaya sebenarnya
merupakan gerak manusia
yang hidup dalam
masyarakat
yang menjadi wadah
kebudayaan. Gerak manusia
terjadi karena adanya
hubungan antar manusia
(interaksi sosial), faktor-faktor pendorong dinamika budaya
adalah sebagaimana di bawah ini:
16. Perhatikan
pernyataan dibawah ini.
1. sifat kurang
percaya pada kemampuan diri sendiri
2. prasangka buruk
terhadap hal-hal yang baru
3. adanya kepentingan
yang sudah tertanam dengan kuat
4. perkembangan ilmu
pengetahuan
5. bertanggung jawab
pada tugas yang telah diberikan
Berdasarkan pernyataan diatas, faktor-faktor penghambat
dinamika budaya sebagaimana ditunjukkan
.
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 2, dan 5
D. 2, 3 dan 4
E. 2, 3 dan 5
17. Perhatikan
pernyataan dibawah ini.
1. Kemauan bersama
dan nasionalisme
2. Kesadaran dan
kemauan untuk bersatu
3. Fanatisme dan
patriotisme
4. Chauvinisme dan
ethnosentrisme
5. Persatuan dan
kesatuan
Merujuk pada pernyataan diatas, usaha dalam mempertahankan
integrasi ditunjukan pada nomor ... .
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 2 dan 5
D. 2, 3 dan 4
E. 2, 3 dan 5
18. Perhatikan
pernyataan berikut ini.
1. Memiliki bendera
Merah Putih
2. berseragam olah
raga dalam kejuaraan atletik
3. berkerudung bagi
orang yang beragama Islam
4. berkunjung ke
daerah-daerah eksotis di Indonesia
5. mencintai dan
menggunakan hasil produksi tanah air
Merujuk pada pernyataan
di atas, usaha
mempertahankan integrasi nasional
ditunjukkan pada nomor ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 1 dan 5
E. 2 dan 3
PRA UN SMA 2017
19. Contoh wujud
integrasi nasional adalah .
A. menjaga
kelestarian konflik
B. berbicara dengan
bahasa nasional
C. memperkuat
etnosentrisme
D. toleransi
antarsuku bangsa
E. toleransi antara
sesama agama
20. Dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara di Indonesia, lembaga agama memiliki peranan
penting pada proses pewarisan budaya, hal ini disebabkan karena ...
.
A. Lembaga agama memberikan
legitimasi adikodrati terhadap nilai dan norma
B. Lembaga agama
sebagai sarana agar manusia selalu tunduk pada ajaran yang ada
C. Lembaga agama
membentuk sikap-sikap terpuji terhadap pengikutnya
D. Lembaga agama
dapat menyatukan visi dan misi dari seluruh masyarakat
E. Lembaga agama
tidak mengajarkan masalah-masalah politik
21. Perbedaan peranan
keluarga dalam pewarisan
budaya pada masyarakat
tradisional dan masyarakat modern adalah ditunjukkan pada ... .
22. Perhatikan
pernyataan di bawah!
1. Merupakan alat
informasi yang bersifat kultural dan individual
2. Memiliki ciri dari daerah yang masih dipertahankan oleh
masyarakat
3. Merupakan suatu
sistem untuk mewakili benda, tindakan, gagasan, keadaan
4. Bentuk bahasa yang
berbeda-beda dalam komunitas
Yang membedakan antara bahasa dengan dialek adalah nomor ...
.
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4
23. Perhatikan
pernyataan dibawah ini.
1. Setiap kelompok memiliki
perbedaan dengan kelompok lain
2. Digunakan oleh kelompok sosial tertentu
3. Bersifat
perseorangan/individu
4. Didasarkan pada
wilayah atau area
5. Berhubungan dengan
status sosial tertentu
Berdasarkan pernyataan diatas, yang merupakan ciri-ciri
dialek ditunjukkan pada ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 1 dan 5
E. 2 dan 3
PRA UN SMA 2017
24. Perhatikan tabel
dibawah ini.
Dari tabel diatas, yang merupakan perbedaan yang benar
mengenai penggunaan dialek dan bahasa di
daerah Jawa Tengah dan Jaw
25. Salah satu penyebab terjadinya perbedaan antara bahasa dan dialek adalah ...
A. Perbedaan
agama
B. Perbedaan
pendapatan
C. Perbedaan latar
belakang kehidupan
D. Perbedaan tingkat
sosial di masyarakat
E. Perbedaan jenis
kelamin
26. Penjelasan di
bawah ini yang merupakan pengertian tradisi lisan adalah ... .
A. sarana hiburan
yang rutin dilaksanakan masyarakat secara lisan
B. kesaksian lisan
yang disampaikan secara verbal dari generasi ke generasi
C. kisah budaya lokal
yang bersumber dari cerita-cerita rakyat
D. ragam budaya yang
berbentuk cerita nyata berkembang di masyarakat
E. kisah nyata dari
suatu daerah yang menyokong perkembangan kebudayaan nasional
27. Perhatikan
pernyataan dibawah ini.
1. Sebagai bahan
cerita mengantar tidur
2. Sebagai bahan
pementasan cerita saat hari kemerdekaan
3. Sebagai khasanah
budaya Indonesia
4. Sebagai cerita
sehari-hari di kalangan pejabat
Merujuk pernyataan diatas, yang merupakan fungsi tradisi
lisan ditunjukkan pada nomor ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4
28. Perhatikan contoh
kasus berikut ini.
1. semua adat
istiadat yang berkembang di masyarakat bersumber dari cerita-cerita rakyat
2. petuah orang tua
kepada anaknya selalu dikaitkan dengan unsur takhayul yang dipercayai
3. gejala alam yang
terjadi selalu dihubungkan dengan kekuatan yang ada diluar diri manusia
Dari contoh kasus
diatas, hal ini
mengungkapkan bahwa tradisi
lisan memiliki fungsi
tertentu,yaitu ... .
A. menjadikan
pegangan hidup yang disadari
B. memperkaya
khasanah budaya bangsa Indonesia
C. menjadi bahan
cerita dalam pementasan cerita wayang
D. menjadi
alternative dalam pemecahan masalah internal keluarga
E. memiliki potensi
konflik yang tinggi
29. Tanggamo adalah
bentuk puisi sastra asal Gorontalo, Sulawesi Utara. Tanggamo menceritakan
kisah yang sedang hangat
atau peristiwa menarik
di daerah setempat.
Tanggamo juga digunakan
untuk mensosialisasikan
berbagai hal kepada
masyarakat. Berdasarkan uraian
diatas, tanggamo termasuk
jenis kesenian ... .
A. Seni sastra tulis
B. Seni sastra
lisan
C. Seni artistik
D. Seni
pertunjukan
E. Seni tari
30. Perhatikan contoh
dibawah ini.
1. Pembacaan shalawat
setelah selesai shalat
2. Seorang ibu
bercerita kepada anaknya menjelang tidur
3. Pementasan wayang kulit
pada malam panggantian tahun
4. Perang pantun
dalam upacara pernikahan suku Betawi
5. Pementasan
Dramatari Calonarang di TIM
6. Seorang anak
curhat kepada orangtuanya
Merujuk contoh diatas, yang merupakan tradisi lisan yang
masih dipertahankan pada masyarakat di
Indonesia ditunjukkan pada nomor ... .
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 3, 4 dan 5
D. 4, 5 dan 6
E. 5, 6 dan 1
31. Salah satu bukti
bahwa tradisi lisan masih tetap bertahan dalam masyarakat Indonesia adalah ... .
A. semua adat
istiadat yang berkembang dalam masyarakat bersumber dari cerita-cerita
rakyat
B. sekolah melakukan
kegiatan lomba mendongeng
yang dilaksanakan pada
acara hari
kemerdekaan
C. petuah orang tua
kepada anak-anaknya selalu dikaitkan dengan unsur tabu
D. berbagai aktivitas
masyarakat masih banyak diwarnai kepercayaan yang bersandar kepada tradisi
lisan
E. gejala alam yang
terjadi selalu dihubungkan dengan perbuatan dosa
32. Perbedaan antara
seni rupa murni dengan seni rupa terapan dalam kaitannya dengan ragam hias
dan ekspresi sebagai akibat pengaruh unsur budaya yaitu..
33. Baju koko dan dan
tasbih adalah jenis khasanah budaya Indonesia yang bersumber pada
A. Kebudayaan
Arab
B. Kebudayaan
India
C. Kebudayaan
China
D. Kebudayaan
Eropa
E. Kebudayaan
Indonesia
34. Perhatikan gambar
dibawah ini.
A. NTT. Betawi,
Minangkabau
B. Minangkabau, NTT,
Betawi
C. Minangkabau,
Betawi, NTT
D. Betawi, NTT,
Minangkabau
E. NTT, Betawi,
Minangkabau
35. Salah satu dari
fungsi seni pertunjukan kontemporer di Indonesia adalah sebagai saran .
A. mendapat pengakuan
publik
B. mendapat simpatik
orang lain
C. mencari
keuntungan
D. pengungkapan
rasa
E. pendukung politik
praktis
36. Perhatikan contoh
dibawah ini.
1. Wayang Kulit
2. Didong
3. Ketoptak
4. Tari Saman
Berdasarkan contoh diatas, kesenian .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4
37. Seni mempunyai
beberapa fungsi dalam kehidupan manusia. Fungsi seni yang berhubungan
dengan
kebutuhan jiwa antara lain ditunjukkan pada .
A. meningkatkan
ketentraman hidup
B. memperoleh uang
banyak
C. meneruskan adat
dan nilai-nilai kebudayaan
D. menambah ikatan
solidaritas di masyarakat
E. menghilangkan
problema-problema hidup
38. Perhatikan tabel
di bawah ini!
Merujuk pada tabel
diatas, yang merupakan
perbedaan mendasar antara
agama wahyu dan
bumi
ditunjukkkan pada ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4
39. Budiawan adalah
seorang mahasiswa yang
memiliki kepercayaan bahwa
dirumahnya bersemayam beberapa jenis roh jahat yang sering mengganggu diri dan keluarganya.
Contoh diatas adalah jenis kepercayaan
A. Animisme
B. Pantheisme
C. Politheisme
D. Sinkretisme
E. Dinamisme
40. Perhatikan
pernyataan dibawah ini.
1. Kepercayaan kepada
benda-benda yang memiliki unsur ketuhanan
2. Mempercayai benda
pusaka peninggalan nenek moyang
3. Menyembah pohon
besar
4. Berpuasa pada
hari-hari khusus
5. Berdoa di makam
yang dianggap keramat
Merujuk pada pernyataan diatas, ciri-ciri kepercayaan
dinamisme ditujukan pada nomor ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 1 dan 5
E. 2 dan 3
41. Agama memiliki
fungsi yang tak
terbatas. Fungsi agama
dalam kehidupan bermasyarakat
ditunjukkan pada ... .
A. Keharusan
berpasangan dengan penganut agama yang sama
B. Mengajarkan
beribadah agar masuk surga
C. Saling tolong
menolong tanpa membeda-bedakan agama dan latar belakang
D. Berwasiat dalam
hal kebaikan kepada saudara kandung
E. Mengarahkan
manusia untuk berbuat baik kepada orang tua
42. Keberagaman beragama
adalah salah satu
pemicu terjadinya konflik
yang bisa berujung
pada ketegangan antar- agama. Dalam hal ini agama berfungsi sebagai..
A. Menciptakan ruang
untuk keberagaman budaya
B. Pelindung bagi
pemeluknya dalam beribadah
C. Bentuk toleransi
terhadap keberagaman agama
D. Khasanah budaya
yang memperkaya kebebasan beragama
E. Usaha dalam
meningkatkan pendapatan
43. Sejak zaman
dahulu bangsa Indonesia telah mengenal teknologi pengairan secara sederhana
dengan memanfaatkan air hujan. Sawah-sawah yang pengairannya
mengandalkan air hujan dinamakan
A. Sawah irigasi
B. Sawah tadah
hujan
C. Sawah
terasering
D. Sengkedan
E. Counter
Planning
44. Ponsel adalah
salah satu alat komunikasi massal. Saat ini perkembangannya bahkan telah sampai
ke pelosok desa. Berdasar contoh diatas, ponsel adalah hasil
dari penerapan IPTEK dalam bidang
A. Transportasi
B. Komunikasi
C. Teknologi
D. Pemerintahan
E. Ilmu
Pengetahuan
45. Perhatikan
pernyataan dibawah ini.
1. Terbuka dengan
interaksi antar bidang ilmu pengetahuan
2. Rendahnya tingkat
pendidikan di masyarakat
3. Sikap berserah
diri pada nasib
4. Berpartisipasi
aktif dalam kegiatan pendidikan
5. Melakukan
penelitian dalam upaya mengembangkan IPTEK
6. Beragamnya
keyakinan masyarakat
Merujuk pada pernyataan diatas, hal yang membantu
mempercepat proses penerimaan IPTEK dalam
masyarakat ditunjukkan pada nomor ... .
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 1, 4 dan 5
D. 1, 5 dan 6
E. 2, 4 dan 6
46. Pengaruh positif
IPTEK dalam bidang pendidikan adalah ... .
A. Menerapan
kurikulum di sekolah yang sering bergonta-ganti
B. Maraknya
penggunaan social network di kalangan pelajar untuk mencari pasangan
C. Menggunaan netbook
di sekolah oleh guru untuk bermain game
D. Menggunaan
internet untuk meng-copypaste tugas yang diberikan oleh guru
E. Penggunaan
internet untuk mengunduh berbagai jenis e-book pelajaran
47. Ponsel saat
ini bukan hanya
sebagai alat komunikasi.
Ponsel telah dilengkapi
dengan kamera, kemampuan untuk internet dan bahkan dengan berbagai macam
model. Penggunaannya bukan hanya diperuntukkan
untuk orang dewasa
tapi juga anak
usia sekolah dasar.
Hal ini membuatnya sering disalahgunakan. Contoh diatas menggambarkan
A. Betapa anak kecil
sekarang sudah modern
B. Kemampuan ekonomi
orang Indonesia meningkat
C. Media elektronik
bisa memberikan hal yang negatif bagi siapapun
D. Permainan
tradisional sudah kehilangan masanya
E. Bangsa Indonesia
sangat cepat merespons kemajuan teknologi dibelahan dunia lain
48. Perhatikan
pernyataan dibawah ini.
1. Penggunaan gergaji
mesin untuk memotong pohon di hutan lindung
2. Jamu tidak hanya
dikonsumsi oleh orang tua tapi juga anak usia muda
3. Model pakaian
selalu berubah setiap waktu
4. Trend lukisan
tidak lagi hanya berkisar pada pemandangan
5. Jenis permainan
Playstation telah mengalahkan permainan tradisional
6. Menjamurnya jasa
home schooling di Ibukota
Merujuk pernyataan diatas, contoh yang merupakan dampak
IPTEK di bidang budaya adalah ... .
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 1, 4 dan 5
D. 1, 5 dan 6
E. 2, 3 dan 5
49. Yang merupakan
pengaruh positif IPTEK terhadap
kehidupan masyarakat yang terkait dengan hak paten bangsa Indonesia antara lain .
A. meningkatnya
produksi batik mendongkrak ekonomi bangsa
B. globalisasi
ekonomi sangat mempengaruhi produktivitas kerja
C. melalui internet
desain batik mudah ditiru orang lain
D. tehnologi sangat
membantu memperkenalkan budaya nasional
E. penayangan media
asing dapat melunturkan budaya bangsa
50. Deskripsi
mengenai kebudayaan suatu bangsa disebut ... .
A. Etnologi
B. Etnoliguistik
C. Etnografi
D. Antropologi
Budaya
E. Antropologi
Sosial
NB: UNTUK KUNCI JAWABAN SILAHKAN KE SINI
Kunci Jawaban Ujian Nasional SMA/MA 2017
Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Pembahasan Soal Antropologi Pra Ujian Nasional SMA/MA 2017 dapat bermanfaat untuk adik adik semuanya yang sedang mencari refrensi untuk belajar dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sesungguhnya. Dan jangan lupa juga untuk share contoh soal UN Antropologi ini untuk temannya di facebook ataupun media social lainnya.
NB: UNTUK KUNCI JAWABAN SILAHKAN KE SINI
Kunci Jawaban Ujian Nasional SMA/MA 2017
KUNCI JAWABAN
MATA PELAJARAN ANTROPOLOGI
KODE NASKAH : A (31)
SMA
BAHASA
TRY OUT STMIK JAKARTA STI&K
1. C 11.
B 21. D
31. C 41.
C
2. C 12.
A 22. E
32. D 42.
C
3. D 13.
B 23. C
33. C 43.
B
4. A 14.
C 24. D
34. B 44.
B
5. A 15.
C 25. D
35. C 45.
C
6. A 16.
A 26. B
36. E 46.
E
7. C 17.
C 27. E
37. A 47.
C
8. A 18.
D 28. B 38. E
48. D
9. E 19.
B 29. B
39. A 49.
A
10. D 20.
D 30. C
40. E 50.
C
Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Pembahasan Soal Antropologi Pra Ujian Nasional SMA/MA 2017 dapat bermanfaat untuk adik adik semuanya yang sedang mencari refrensi untuk belajar dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sesungguhnya. Dan jangan lupa juga untuk share contoh soal UN Antropologi ini untuk temannya di facebook ataupun media social lainnya.
Pembahasan Soal Antropologi Pra Ujian Nasional SMA/MA 2017
4/
5
Oleh
agus prasetyo